PlayTest: Gaming dengan Samsung QLED 65Q9FN!

Reading time:
July 6, 2018
Samsung 65Q9FN

Dengan koneksi seperti HDMI, gamer memang punya alternatif untuk mencari teknologi display dengan aktivitas gaming mereka. Beberapa lebih memilih monitor karena konsep soal input lag yang lebih terjaga, rendah, terlepas dari fakta bahwa ia ditawarkan dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan televisi. Sementara di sisi lain, tidak sedikit pula yang memilih televisi. Dibandingkan dengan monitor yang saat ini sudah menyentuh angka framerate hingga 144Hz dan 240Hz, televisi saat ini lebih mengutamakan fitur yang berfokus di sisi presentasi. Desain yang juga didukung dengan fitur visual, audio, beragam dukungan fitur gaming, hingga tentu saja, ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan monitor. Bagi Samsung, jajaran televisinya kini didukung dengan teknologi yang disebut sebagai QLED, termasuk varian QLED 65Q9FN yang kami jajal ini.

Lantas, apa yang istimewa dari QLED? Mengingat review teknis akan ditangani oleh JagatReview dan artikel PlayTest ini akan difokuskan hanya pada kenyamanan menggunakannya untuk aktivitas gaming saja, kami akan menjelaskannya secara sederhana. Tidak sebaik dan semahal OLED, QLED merupakan penyempurnaan teknologi LED dari Samsung dengan mengaplikasikan sebuah filter ekstra di balik panel yang ada. Filter ini memungkinkan polarisasi warna yang lebih baik, sekaligus menghasilkan warna hitam yang lebih optimal. Diperkuat dengan teknologi HDR 10 dan resolusi 4K yang ia usung, Samsung QLED 65Q9FN juga diposisikan sebagai Smart TV yang mengusung beragam fungsi post-processing di dalamnya. Benar sekali, SMART TV sama yang seringkali diasosiasikan sebagai televisi yang tidak bersahabat untuk gaming karena masalah input lag, sebuah pengetahuan yang sering Anda temukan di dunia maya.

Untungnya, kami cukup beruntung untuk menjajal produk terbaru Samsung QLED 65Q9FN yang cukup mengagumkan dan membuat kami jatuh cinta dari pandangan pertama ini. Apa yang sebenarnya ia tawarkan? Pantaskah televisi ini dilirik untuk Anda yang punya dana lebih? Artikel PlayTest ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Best Features

Ada beberapa fitur menarik yang ditawarkan oleh Samsung 65Q9FN ini.

Kami tentu tidak akan membicarakan beragam fitur ekstra yang ia tawarkan untuk media lain di luar video game, seperti HDR + misalnya, yang ditujukan untuk menciptakan efek HDR untuk konten-konten non-HDR. Atau bagaimana ia menangani film-film dengan resolusi 4K yang kini, jadi format yang bisa Anda dapatkan di konten blu-ray, legal ataupun ilegal. Yang kita fokuskan di sini adalah fakta bahwa terlepas dari statusnya sebagai televisi, ia tetap berfungsi sebagai display mesin gaming yang mumpuni, bahkan luar biasa lewat dukungan beragam fitur yang istimewa dan pantas untuk dibicarakan. Kami memilih Playstation 4 Pro sebagai senjata untuk mengujinya.

Ukuran

65 inch? HOLY MOLY!

Samsung sendiri membagi Q9FN ke dalam beragam ukuran, dengan 65 inchi sebagai ukuran pertengahan dengan harga yang tidak murah, tentu saja. Sebagai gamer yang tidak pernah menjajal televisi dengan ukuran seperti ini, kami sepertinya harus menyetujui bahwa untuk masalah televisi, BIGGER IS BETTER. Walaupun 65 inchi akan sangat bergantung pada konfigurasi ruang tamu ataupun kamar Anda agar bisa dinikmati secara optimal, namun kombinasi ukuran dan terangnya panel menghasilkan presentasi visual yang pantas untuk diacungi jempol. Namun mengingat resolusi 4K yang ia usung, kami sendiri merekomendasikan Anda untuk menikmati konten yang memang, punya resolusi terkait, baik film ataupun video game. Setidaknya meminimalisir masalah buruknya kualitas gambar semata-mata konten yang Anda putarkan dengannya, karena masalah upscale dan bukan karena panel.

4K HDR 10

Dengan teknologi 4K HDR 10, selama konten Anda mendukungnya, ia menjanjikan presentasi visual yang menjanjikan mata, terutama dari warna.

Hadir sebagai televisi 4K, Samsung juga memastikan televisi QLED-nya ini mendukung salah satu fitur yang sepertinya, akan menjadi standar untuk lebih banyak video game. Benar sekali, kita bicara soal dukungan HDR aka High-Dynamic Range. Berbeda dengan versi 8 yang tersedia di televisi 4K dengan harga yang lebih terjangkau, HDR 10 adalah teknologi panel yang mampu menawarkan warna yang lebih realistis. Kami sendiri mengujinya dengan Playstation 4 PRO yang memang sudah mendukung teknologi ini, dan menjajalnya langsung di dua game eksklusif Sony yang memesona – God of War dan Horizon Zero Dawn. Maka seperti bagaimana HDR sudah bekerja dengan seharusnya, keduanya hadir dengan kualitas visual, tata cahaya, dan warna yang lebih memesona dibandingkan dengan versi non-HDR (SDR). Kami menyertakan gambar yang kami foto dengan menggunakan kamera Samsung S7, langsung dari panel Samsung QLED 65Q9FN ini untuk membantu Anda mendapatkan sedikit gambaran. Walaupun tidak sepenuhnya akurat mengingat ada pula lapisan post-processing dari kamera S7 itu sendiri, namun secara garis besar ia mengusung perbandingan kualitas serupa.

Horizon Zero Dawn
God of War

QLED

[gfycat data_id=”FantasticLeafyBufflehead”]

Mendengar kata QLED memang cukup aneh, mengingat ini merupakan teknologi baru yang ditawarkan oleh Samsung. Belum sebersih dan sejernih OLED, tetapi diakui lebih baik daripada sekedar televisi LED, Samsung menambahkan lapisan filter ekstra untuk meracik warna-warni dan warna hitam yang lebih optimal. Mengujinya secara langsung memang memastikan bahwa apa yang mereka tawarkan di sini, memang bukan sekedar gimmick belaka. Di beberapa kesempatan ketika layar menggelap dan sebuah logo loading kecil yang bersinar, Anda bisa melihat jelas bahwa warna ini tidak “bocor” ke lokasi yang memang seharusnya, hitam. Sementara ketika layar memperlihatkan warna-warna cerah, ia dipresentasikan lebih jernih dan terang dibandingkan dengan LED pada umumnya. Ini adalah sebuah penyempurnaan dari teknologi “terjangkau” yang sudah lama tersedia.

Warna hitam yang lebih “dalam” adalah salah satu klaim teknologi QLED Samsung.
Sementara untuk warna, ia memancarkan kesan yang jernih dan cerah.

Audio Menggelegar

Kualitas audio juga menjadi salah satu fitur yang mengejutkan kami. Seperti memiliki mini theater Anda sendiri.

Apalah artinya jika Anda menikmati sebuah televisi premium dengan teknologi panel yang mengagumkan, jika Anda berujung tidak bisa mendapatkan pengalaman yang seharusnya darinya. Selain kualitas visual dan presentasi yang fantastis, apalagi dengan hadirnya sistem One Connect Box yang juga memuat semua port koneksi dalam kotak terpisah untuk management cable lebih baik dan pemasangan televisi ke dinding yang lebih halus, Samsung QLED 65Q9FN juga hadir dengan kualitas audio yang menggelegar. Untuk sebuah televisi dengan ukuran yang cukup tipis, ia mampu menawarkan kualitas audio yang cukup untuk membuat Anda memiliki sebuah audio system mid-end di depan Anda. Ledakan, pukulan, kehancuran, hingga sekedar suara percakapan berujung ditawarkan dengan detail. Yang Anda perlukan hanyalah memastikan volume yang sesuai dengan tingkat yang menurut Anda, “rasional” untuk menikmati sebuah video game.

Pages: 1 2 3
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

April 20, 2021 - 0

Review Outriders: Loot-Shooter Memuaskan!

Tidak mudah dikembangkan, jarang memuaskan, dan akan ikut tewas bersama…
April 7, 2021 - 0

Preview Outriders: Ternyata Lumayan Seru!

Ada banyak kasus dimana versi demo yang dikeluarkan oleh developer…
April 6, 2021 - 0

Preview NieR Replicant™ ver.1.22474487139… : Masa Lalu yang Baru!

Datang karena desain karakter yang sensual dan bertahan karena daya…
April 5, 2021 - 0

Review It Takes Two: Butuh Dua untuk Mencinta!

Berapa banyak dari Anda yang sempat mendengar nama Josef Fares…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…