10 Karakter Final Fantasy dengan Desain Terburuk!

Reading time:
August 6, 2018
snow feat image

Final Fantasy, gamer mana yang tidak pernah mendengar nama franchise yang dulunya ditangani oleh SquareSoft dan kini oleh Square Enix yang satu ini. Popularitasnya membuat nama yang satu ini tidak lagi sekedar mendefinisikan diri sebagai salah judul JRPG tersukses Square Enix, tetapi genre JRPG itu sendiri. Seri demi seri menemani, dengan sebagian besar dari mereka hadir dengan kesuksesan yang luar biasa dari sisi penjualan. Final Fantasy di era modern saat ini mungkin sudah berbeda dibandingkan Final Fantasy masa lampau, dari penanganan cerita, karakter, hingga gameplay itu sendiri, namun ia tetap terasa punya satu benang merah identitas yang serupa di luar sekedar nama yang ia usung. Salah satunya adalah desain karakter yang memesona.

Membicarakan karakter-karakter Final Fantasy paling “ikonik” ke gamer-gamer beda generasi, maka Anda akan mendapatkan jawaban yang berbeda-beda. Mereka yang lebih tua mungkin akan merujuk pada sosok Cloud atau Squall, sementara yang lebih muda mengenal sosok Lightning atau Noctis, misalnya.

Namun sulit rasanya untuk tidak mengakui bahwa desain karakter yang menarik, baik dari sisi fisik ataupun kepribadian adalah salah satu kunci daya tarik Final Fantasy itu sendiri. Namun apakah selalu berakhir demikian? Tentu saja, tidak. Harus diakui, ada beberapa karakter Final Fantasy di sana yang punya desain cukup absurd dan aneh, terasa tidak sesuai dengan dunia yang ia tawarkan atau secara garis besar, memang tidak menawan. Sesuatu yang membuat Anda cukup mengernyitkan dahi dan bertanya-tanya soal motivasi dan proses pengerjaan mereka sampai bisa berakhir di produk final.

Dari semua karakter, baik utama ataupun sampingan yang sempat muncul di semua seri Final Fantasy, mana saja yang menurut kami pantas untuk mendapatkan predikat sebagai desain terburuk di antara yang terburuk? Inilah versi JagatPlay:

  1. Snow [Final Fantasy XIII]

snow

Apakah Snow bisa dikatakan sebagai karakter dengan desain yang buruk? Beberapa mungkin menolak anggapan itu, namun beberapa yang lainnya sepertinya akan setuju dengan pendapat kami bawa ia memang masuk dalam kategori yang satu ini.. Di tengah sebuah dunia fantasi yang penuh dengan konflik dengan karakter utama yang punya desain super keren, muncul lah karakter pria yang terlihat “standar” di segala aspek. Topi bodoh, mengendarai motor bodoh, terlibat dalam kisah cinta bodoh, dengan kekuatan yang tidak kalah bodoh juga, sembari mengeluarkan begitu banyak kalimat klise yang bodoh di beragam kesempatan yang ada. Anda tidak akan bisa menghilangkan kata “malas” dari desain keseluruhan karakter yang satu ini.

  1. Cait Sith [Final Fantasy VII]

cait sith

Menemukannya pertama kali di Final Fantasy VII, identitas dan desain unik Cait Sith memang menjadikannya sebagai salah satu karakter ikonik Final Fantasy yang legendaris. Apalagi di VII, ia hadir dengan set skill yang cukup unik dan punya peran besar dalam cerita. Tetapi ketika Anda mulai dewasa dan melihatnya bentuknya kembali, Anda bisa melihat sebuah desain karakter yang buruk di sini. Pertama, karena ia terasa tidak cocok dengan dunia Final Fantasy itu sendiri. Kedua? Kita berbicara soal seekor kucing (ya, dia memang robot) yang bisa berbicara, duduk di atas binatang besar yang berjalan aneh ketika tergopoh-gopoh, hendak melakukan sesuatu. Ksatria dengan pedang besar, pemimpin pemberontak dengan gatling gun di tangan, ninja dengan shuriken besar, gadis penjual bunga, dan tiba-tiba, kucing yang naik makhluk aneh. What..

  1. Nooj [Final Fantasy X-2]

nooj

Seperti berusaha memenuhi semua desain standar untuk menentukan apakah seorang karakter pantas disebut sebagai “karakter Final Fantasy” atau tidak, ini mungkin reaksi yang Anda temukan ketika bertemu dengan Nooj untuk pertama kalinya di Final Fantasy X-2. Rambut gila? Baju ketat? Tangan robot? Cerita memble? Kacamata? Terkesan seorang intelektual? Nooj memenuhi 1001 desain karakter standar Final Fantasy di sana. Terlepas dari pentingnya peran Nooj di dalam cerita, sulit rasanya untuk tidak melihat desain dasarnya begitu buruk. Tipe karakter yang akan Anda tertawakan jika Anda bertemunya di dunia nyata.

  1. Shalua Rui [Dirge of Cerberus: FF VII]

shalua rui

Dirge of Cerberus: FFVII memang salah satu game spin-off Final Fantasy dengan ratio desain karakter buruk untuk ukuran Final Fantasy yang terhitung tinggi. Namun sebagai gamer yang sangat memerhatikan desain karakter wanita secara umum, kami memang rasanya ingin berteriak ketika pertama kali bertemu dengan Shalua Rui. Karakter wanita yang desainnya cukup untuk membuat Anda penasaran, apa yang ada di pikiran Tetsuya Nomura ketika mengerjakan game yang satu ini. Kita bicara soal karakter wanita megane yang seharusnya memanjakan mata, namun dengan desain yang sama sekali tidak memanjakan mata. Segala sesuatunya terasa buruk dan tidak pas, dari rambut acak-acakan, pakaian pesta yang seksi tetapi ditutupi oleh lab coat, hingga karakternya itu sendiri. Anda seperti menemukan karakter ala Quistis yang baru jatuh dari gedung 30 lantai dan dilindas truk, sebelum disajikan kepada Anda.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…

PlayStation

June 29, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yoko Taro (NieR Series)!

Menyebutnya sebagai salah satu developer paling eksentrik di industri game…
June 24, 2021 - 0

Preview Scarlet Nexus: Bak Menikmati Anime Aksi Berkualitas!

Komitmen Bandai Namco untuk menawarkan game-game dengan cita rasa anime…
June 21, 2021 - 0

Review Guilty Gear Strive: Wangi Kemenangan!

Sepak terjang Arc System Works di genre game fighting memang…
June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…