PlayTest: Gaming dengan 3 Monitor LG 32GK850G!

Reading time:
August 23, 2018

Konfigurasi “Impian”

LG 32GK850G jagatplay 207
Menggoda memang, tetapi tetap ada beberapa hal yang perlu Anda catat.

Maka dengan konfigurasi PlayTest yang kami lakukan di artikel kali ini, sepertinya tidak sulit untuk menyebut bahwa konfigutrasi 3 monitor LG 32GK850G ini memang bukan konfigurasi untuk semua gamer, terutama untuk mereka yang punya budget yang terbatas. Skenario membangun rig seperti ini memang rasional jika Anda memang punya budget berlebih atau memang punya satu target utama yang hendak dicapai. Karena mau tidak mau harus diakui, ada banyak hal yang perlu Anda persiapkan.

Pertama? Tentu saja adalah sistem PC yang mumpuni untuk memaksimalkannya. Melakukan proses render di game dengan resolusi 7680 x 1440 tentu saja bukan pekerjaan yang ringan dan mudah. Menggunakan 1080 di rig kami misalnya, “hanya” bisa menangani Assassin’s Creed Origins di kualitas visual paling maksimal di angka sekitar 20-30fps, tergantung padatnya terrain yang ada. Mengingat bahwa Anda tetap bisa menggunakan fitur 144Hz dengan konfigurasi Surround seperti ini, maka Anda yang ingin mengincar target game 144fps di 7680 x 1440 tentu harus merogoh kocek yang lebih dalam lagi untuk bsia mencapainya. Pertanyaannya, siapkah PC Anda?

Rise of the Tomb Raider LG 32GK850G jagatplay 3
Butuh mempersiapkan rig mumpuni tentu saja, untuk menikmati resolusi tinggi nan sinematik ini dengan kualitas visual tetap optimal.
The Division LG 32GK850G jagatplay 9
Pastikan terlebih dahulu, genre favorit Anda memang akan makin menarik dengan konfigurasi ini.

Kedua, konfigurasi 3 monitor ini memang akan terasa optimal jika memang genre favorit Anda memang bisa menggunakannya secara optimal. Jika memang sudah menjadi mimpi Anda untuk meracik mesin gaming yang berfokus pada racing simulasi atau menikmati game action sinematik dengan lebih baik, maka kombinasi seperti ini memang akan terasa pantas dengan jumlah yang Anda gelontorkan nantinya. Namun jika berujung bahwa sebagian besar game yang Anda favoritkan berada di genre esports seperti DOTA 2 misalnya, maka ia akan terbuang sia-sia. Pastikan terlebih dahulu, bahwa konfigurasi seperti ini memang akan dimanfaatkan genre favorit Anda dengan tepat.

Ketiga? Satu yang sering terlewatkan dan tetapi luar biasa penting adalah luas ruangan yang Anda miliki atau sediakan itu sendiri. Karena sebuah monitor berukuran 32 inchi bukanlah objek yang kecil, lengkap dengan stand dan semua kabel yang mengikutinya agar bisa digunakan. Sekarang bayangkan jika Anda meracik sebuah konfigurasi 3 buah monitor berukuran besar yang memanjang ke kiri dan ke kanan. Untuk bisa menggunakannya dengan nyaman, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa ruang gaming ataupun ruang apapun yang Anda siapkan, bisa mengakomodasi panjang konfigurasi ini . Tidak lupa, posisi duduk juga akan menentukan seberapa nyamannya pengalaman ini ditawarkan. Alih-alih terlalu jauh atau terlalu dekat, memosisikan monitor ekstra kiri dan kanan agak mirip supaya ditangkap oleh peripheral vision Anda adalah cara terbaik untuk menikmatinya secara maksimal.

LG 32GK850G jagatplay 7
Cukup luang kah tempat Anda? Karena konfigurasi seperti ini memakan cukup banyak tempat.
LG 32GK850G jagatplay 23
Walaupun lebih tipis dibandingkan kompetitornya, bezel LG 32GK850G sayangnya tetap terlihat jelas. Bezel luar memang tipis, namun ada sedikit bezel hitam dalam layar yang membuatnya terlihat tebal.
LG 32GK850G jagatplay 49
Berita baiknya? Mata Anda akan cepat mengabaikan garis hitam ini.

Keempat? Terlepas dari klaim LG untuk bezel LG 32GK850G yang mereka sebut tipis, namun kenyataannya sayangnya tidak sesempurna yang kami bayangkan. Bezel yang ditawarkan oleh monitor yang satu ini memang terhitung tipis, namun ternyata, ada ekstra “bezel” beberapa militer di dalam layar yang secara keseluruhan, bisa disimpulkan sebagai ekstra bezel tambahan dari apa yang Anda temukan di luar panel itu sendiri. Hasilnya? Ketika menggabungkan ketiganya, Anda masih akan melihat bahwa bezel yang memisahkan setiap monitor terasa cukup tebal. Berita baiknya? Ia masih terhitung “tipis” jika dibandingkan dengan monitor-monitor yang lain. Lebih baiknya lagi? Walaupun terlihat cukup jelas di foto, namun hanya butuh waktu beberapa menit bagi otak dan mata Anda untuk mulai mengabaikan garis hitam yang satu ini, dan tetap menikmati game-game favorit Anda layaknya tengah dijalankan di satu monitor yang utuh.

Kesimpulan

LG 32GK850G jagatplay 94
Konfigurasi seperti ini memang tidak ditujukan untuk semua gamer, tetapi untuk gamer yang menginginkan sebuah pengalaman gaming ke level yang baru, apalagi jika ia sudah membangun sebuah rig PC yang mumpuni, maka konfigurasi 3 monitor LG 32GK850G seperti ini menjadi opsi yang menarik.

Lantas, apa yang bisa disimpulkan dengan artikel PlayTest “eksperimental” ini? Bahwa bahan promosi yang sempat dirilis oleh LG Indonesia beberapa waktu lalu via Instagram bukanlah sebuah skenario yang tidak masuk akal. Konfigurasi seperti ini memang tidak ditujukan untuk semua gamer, tetapi untuk gamer yang menginginkan sebuah pengalaman gaming ke level yang baru, apalagi jika ia sudah membangun sebuah rig PC yang mumpuni, maka konfigurasi 3 monitor LG 32GK850G seperti ini menjadi opsi yang menarik. Apalagi mengingat bahwa sistem surround seperti ini tidak lantas membuat fitur untuk setiap monitor lenyap begitu saja. Anda tetap bisa memanfaatkan fitur 144Hz dan G-Sync miliknya.

Masing-masing monitor LG 32GK850G ini sendiri saat ini ditawarkan di harga 11,3 juta Rupiah. Tergoda?

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…