Review Earth Defense Force 5: Bersenang-Senang Tanpa Mikir!

Reading time:
November 27, 2018
earth defense force 5 jagatplay 1

Lima buah seri dan seri baru lainnya yang tengah dikembangkan, aneh dan ajaib memang untuk menemukan bahwa terlepas dari premisnya yang menarik, banyak gamer di luar region Jepang yang masih tidak familiar dengan nama Earth Defense Force. Padahal game yang satu ini mengusung konsep yang mungkin hanya akan bisa dipikirkan oleh developer asal Jepang. Dikerjakan dan dikembangkan secara konsisten oleh Sandlot di bawah bendera D3 Publisher, ia akan meminta Anda bertarung menjadi pasukan “kelas rendahan” yang di film seperti Godzilla atau Ultraman misalnya, tidak pernah punya kontribusi signifikan selain “menggelitik” sang monster raksasa saja. Sebuah daya tarik yang seperti kami sebut sebelumnya, tidak akan pernah terpikirkan oleh developer barat.

Nama Earth Defense Force memang tidak sekuat dan sepopuler itu di region luar Jepang. Seolah memahami bahwa ada potensi besar bagi gamer barat untuk menjadikannya sebagai game bersenang-senang ala Dynasty Warriors dari Koei Tecmo yang tidak membutuhkan banyak daya berpikir, Sandlot dan D3 Publisher mulai dengan jelas memberikan fokus pada franchise tersebut. Sesuatu yang dikomunikasikan dengan jelas pada saat presentasi yang kami hadiri secara langsung di ajang TGS 2018 kemarin. Kini kesempatan untuk menikmati sang seri terakhir untuk Playstation 4 yang sudah tersedia di pasar Jepang sejak akhir tahun 2017 yang lalu akhirnya mengemuka. Benar sekali, kita bicara soal Earth Defense Force 5.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh game yang satu ini?  Mengapa kami menyebutnya sebagai game bersenang-senang tanpa mikir? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Plot

earth defense force 5 jagatplay 8
Seperti namanya, Anda berperan sebagai pasukan pembela bumi.

Cara paling sederhana untuk menjelaskan plot seperti apa yang Anda dapatkan dari Earth Defense Force adalah memikirkan sebuah film Ultraman, tanpa sosok Ultraman, dimana aksi pertempuran kini difokuskan pada organisasi dan prajurit “manusia biasa” yang dilengkapi dengan persenjataan modern untuk membasmi ragam monster. Satu yang pasti, ragam monster yang Anda hadapi sudah pasti lebih besar daripada ukuran Anda sendiri.

Anda berperan sebagai Earth Defense Force, yang seperti namanya, merupakan pasukan yang didesain untuk melindungi bumi dari serangan pihak luar bumi yang tentu saja bisa dikategorikan sebagai alien. Namun alih-alih langsung turun dan berusaha membinasakan manusia begitu saja, ras alien yang satu ini “bermain pelan” dan terkesan bersenang-senang dengan proses tersebut. Mereka melontarkan begitu banyak jenis monster, dari “sekedar” serangga raksasa, kaiju yang ganas, hingga ragam pasukan mereka sendiri untuk bertarung secara terbuka. Pelan tapi pasti, di tengah aksi Anda untuk membela bumi, Anda akan berhadapan dengan varian monster dan teknologi yang mereka racik.

earth defense force 5 jagatplay 52
Tidak langsung menghajar bumi dengan senjata terberat mereka, ada banyak variasi musuh yang dilontarkan oleh faksi alien ini.
earth defense force 5 jagatplay 36
Tidak hanya di permukaan saja, pertarungan juga terjadi di dalam bumi.
earth defense force 5 jagatplay 89
Invasi ini terjadi secara global dan EDF bertarung untuk menanggulanginya. Anda tidak berperan sebagai satu karakter utama spesifik.

Pertarungan pun membawa Anda ke beragam belahan dunia tanpa satu karakter utama spesifik, tidak hanya di daratan Jepang, tetapi juga daratan Eropa sekalipun. Invasi Alien ini secara rasional tentu saja tidak hanya terjadi di satu negara saja, tetapi juga keseluruhan dunia untuk membuatnya terasa seperti sebuah masalah global yang memang mendesak untuk diselesaikan. Pertarungan tidak hanya terjadi di permukaan bumi saja, tetapi juga gua-gua raksasa terdalam yang disinyalir merupakan “rumah” dari monster-monster yang harus dihadapi oleh para EDF itu sendiri.

earth defense force 5 jagatplay 28
Ancaman seperti apa saja yang harus Anda hadapi?

Lantas, pertempuran dan monster seperti apa saja yang harus mereka hadapi? Mampukah EDF menyelamatkan dunia dari masalah terbesarnya saat ini? Ancaman terbesar seperti apa yang mengintai mereka? Jawaban dari semua pertanyaan ini tentu saja bisa Anda dapatkan dengan memainkan Earth Defense Force 5 ini.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…