JagatPlay: Ask Me Anything (AMA) 2019!
Irvan Hakim
Ask:
Pernah pakai VR untuk jadi “bahan”?
Answer:
Sesungguhnya, itulah fungsi utama Playstation VR. #eh
Rio Kurniawan
Ask:
Bang, gua nanya seperti biasa antar sesama mahasiswa psikologi. Kan kemarin God of War menang GOTY nih. Yang gua suka dari God of War kemarin itu adalah Kratos seabgai sosok bapak yang WOW menurut gua. Menurut lu bang, apakah Kratos di God of War kemarin cocok dijadikan sebagai contoh sosok bapak yang baik? Kalau bisa pakai analisa lu bang.
Answer:
Kalau menurut gua pribadi sih, yang bisa dilakukan dari Kratos itu lebih USAHANYA buat jadi bapak yang baik. Ada proses buat ninggalin kepribadiannya yang meledak-ledak di masa lalu buat naungin si Atreus dan jadi bapak yang siap ngelindungin. Tapi apakah udah bisa disebut bapak yang baik? Gua rasa sih masih belum bisa. Salah satu yang paling jelas gua rasa ada di rasa kebas buat ngasih support yang sifatnya lebih emosional buat sosok si Atreus itu sendiri. Enggak ada ekspresi rasa sayang seperti banyaknya sentuhan atau pelukan misalnya. Kratos juga enggak ngasih banyak waktu bagi Atreus buat memroses hal yang harusnya punya dampak emosional signifikan, kayak kematian Ibu atau ketika dia bunuh orang untuk pertama kali. Dia lebih pengen Atreus langsung tangguh gitu dan jalan ke tempat akhir yang diminta sama si ibu. Tapi paling enggak ada USAHA di sana dan semoga membaik di seri selanjutnya.
Marcelino Indrawan
Ask:
Suhu Plad, gua ingin minta solusi, gua ini introvert. Gua menemui diri gua sulit untuk bersosialisasi. Mohon solusinya bang agar gua jadi orang yang dapat bersosialisasi.
Answer:
Pertama-tama, Introvert itu bukan “ORANG YANG GAK BISA BERSOSIALISASI”. LOL. Itu dua konsep yang berbeda. Introvert seharusnya tetap bisa bersosialisasi sama orang lain, CUMAN, gak seperti ekstrovert yang dapat energi dan seneng sama situasi sosial, energi introvert itu habis kalau bergaul. Jadi dia butuh waktu sendiri buat re-charge energi sosialnya dengan menyendiri ataupun melakukan aktivitas sendiri apapun sebelum ketemu kondisi sosial lagi. Salah menganggap INTROVERT = orang tidak bisa bersosialisasi.
Gua rasa trik bersosialisasi terbaik yang bisa gua kasih adalah mengembangkan rasa “ketertarikan” untuk topik pembicaraan apapun yang mengemuka. Jadi setiap kali ada percakapan terjadi, lu selalu memerhatikan dan mengembangkan rasa ingin tahu. Bukan dalam tahap kepo ya untuk urusan pribadi, tapi cukup untuk trigger proses tanya jawab jika momen tepatnya datang. Plus, percaya atau enggak, INTROVERT itu akan sangat cocok temenan ama orang EKSTROVERT. Lu cuman perlu duduk diam di situ, sementara dia ngebacot terus soal cerita dia dan lu cuman butuh dengerin doank. LOL.
Kalau untuk bersosialisasi dengan lingkungan yang enggak familiar buat lu, buka sesuatu yang Sok Kenal Sok Dekat aja buat micu percakapan. Terus pakai trik kedua buat mancing percakapan. Enggak gampang memang, tapi pelan tapi pasti ya bisa lah. Gak ada yang perlu dipaksaiiin kok.
Hanamichi Sakuragi
Ask:
Ghost of Tsushima pasti rilis Playstation 4 kan Plad? Alias bukan Hijrah ke Playstation 5?
Answer:
Untuk saat ini belum ada yang dipastiin sih. Tapi kan selalu ada kesempatan dia bisa jadi judul CROSS-GEN juga, jadi available di dua generasi gitu. Palingan entar yang versi Playstation 5 punya visual lebih bagus atau framerate lebih mateng gitu. Sony ama Sucker Punch belum ngomongin apapun sih sampai sekarang.
Haryo Andrianto
Ask:
- Menurut lu mengkhawatirkan enggak sih kalau game mobile tuh akan mengancam game-game PC dan konsol secara developer tuh kan ada yang bentukannya perusahaan, otomatis mereka juga pengen nyari profit yang besar buat kantong karyawan?
- Apa rasanya main game yang diburu-buru ditamatin demi kepentingan review. Padahal game kan untuk enjoy dan perlahan-lahan untuk ngisi waktu luang?
- Bang gak kepengen buka usaha game dan konsol second?
Answer:
- Menurut gua saat ini sih belum banyak hal yang mesti dikhawatirin sih karena pasarnya sendiri bisa dibilang beda. Gua rasa developer ama publisher masih tergoda buat maksimalin profit lah dan gak sekedar tiba-tiba pindahin semua game mereka ke mobile. Pasar lebih gede dan beragam = profit lebih maksimal.
- Karena gua nentuin jadwal gua sendiri, gua sebenarnya sih enggak pernah ngerasa “terburu-buru” seolah-olah gua dikejar sesuatu gitu. LOL. Kalau gua ngerasa gamenya belum siap review ya belum siap review. It’s that simple.
- LOL. Kebanyakan game gua secara digital.
Michael Yasutora Chandra
Ask:
Sebelumnya ngucapain dulu Congrats for another great year yak di 2018, semoga di 2019 bisa mempertahankan kualitas. Jadi seperti sebelum-sebelumnya, gue hadir lagi di tahun ini memberikan pertanyaan yang kadang terselip kritik dan saran
- Best JagatFap 2018??
- Alternatif mie kuah yang enak selain kaldu ayam atau kaldu udang?
- Antara Goro Majima sama Kazuma Kiryu,lu lebih demen mana?
- Setelah lu punya kesempatan berkali kali berkunjung ke acara luar negeri,ketemu gamers dari mancanegara,menurut lu sisi positif apa yang bisa dipetik dari gamers luar dibandingkan gamers di indonesia?
- Kira kira JP tertarik buat nyampein tulisan berupa Story gtu nggak sih,dari game game yang punya cerita epik dan panjang kyk yakuza series ditulis ulang kyk cerpen(gue bingung sebenernya,tapi klo lu familiar dengan majalah hotgame,mereka pernah nyediain rubik khusus kyk gini)
- Rencana di 2019 kyk apa ko,apakah masih akan mempertahankan format yang sama?
- Di tahun 2019 JP tertarik nggak sih buat dateng dan ngebuat artikel/dokumenter soal studio game di Indonesia,kali kali kita bisa dapet gambaran juga kayak apa dapur studio game lokal,mungkin mampir gtu ke digital happiness atau StoryTale StudiosSekian kira kira,semoga bsa kejawab smua sih,have a good day, Sir.
Answer:
- (Jawaban ada di atas)
- Indomie Goreng Biru dikasih kuah. Seriusan.
- Gua lebih doyan Kiryu sih, karakternya masih lebih berasa natural. Goro kayak berasa karakter yang keluar dari manga / anime gitu.
- Karena pasar mereka gede dan pembajakan udah gak terlalu signifikan, perhatian developer dan publisher tuh gede ke mereka. Bisa dapat event raksasa yang isinya game-game baru, bisa dapat support wawancara eksklusif dengan lebih banyak developer dan publisher, dan lebih banyak kesempatan buat beli merch-merch official. LOL.
- Butuh waktu sih itu, dan belum tentu tulisan atau cerita yang udah capek-capek lu bikin bisa diakomodir sama developer misalnya.
- Same format, nothing change.
- Itu sebenarnya ide yang bagus. Tapi yang seperti biasa, gua enggak mau gak realistis juga. Gua tampung dulu.
Thank you buat yang udah ngelemparin pertanyaan yang ada. Sorry enggak bisa dijawab satu-satu dan semuanya. Tapi gua harap pertanyaan yang gua pilih, memenuhi apa yang lu mau. See you next year! Tetap dukung JagatPlay, guys!