Review Ace Combat 7 – Skies Unknown: Mengobati Rasa Rindu!

Reading time:
January 22, 2019

Terbatas tapi Seru!

Ace Combat 7 Skies Unknown jagatplay part 2 47
Ada mode multiplayer untuk Anda yang tertarik menguji kemampuan dogfighting Anda melawan user lain dari seluruh dunia.

Selain mode campaign yang dipercah ke dalam 20 buah misi berbeda yang masing-masing darinya butuh waktu untuk diselesaikan, Ace Combat 7: Skies Unknown juga menyediakan mode multiplayer di dalamnya. Sayangnya tanpa mode kooperatif, tetapi hanya mode kompetitif yang akan membawa Anda melawan setidaknya 7 orang pilot Aces yang lain dari seluruh dunia. Intinya masih sama seperti mode campaign, saling menghancurkan satu sama lain dengan ratusan misil, senjata istimewa, dan senjata mesin yang Anda bawa.

Sayangnya, modenya terhitung terbatas. Ace Combat 7: Skies Unknown hanya menyediakan dua mode kompetitif saja – Team Deathmatch dan Battle Royal. Team Deathmatch berlangsung seperti yang Anda kira, dimana 8 user akan dibagi ke dalam dua tim – Alpha dan Bravo untuk saling menghancurkan. Sementara Battle Royal, terlepas dari nama yang ia usung, hanyalah sekedar “nama keren” dari mode Free for All, dimana tidak ada tim dan ke-8 pesawat yang bergabung di ruang yang sama bisa saling menghancurkan satu sama lain. Project Aces sendiri juga menyuntikkan sistem balancing untuk gamer yang menginginkan atmosfer kompetitif yang lebih adil dengan menyuntikkan sistem score untuk varian pesawat dan Parts yang Anda sematkan padanya. Pemilik room bisa menentukan batas angka skor yang diperbolehkan untuk ikut bergabung ke dalam room spesifik, hingga pertempuran bisa berjalan adil dan seru di saat yang sama.

Ace Combat 7 Skies Unknown jagatplay part 2 24
Sayangnya, ia hanya menawarkan dua mode saja – Team Deathmatch dan Battle Royal (free for all).
Ace Combat 7 Skies Unknown jagatplay part 2 46
Berdasarkan sistem point, Anda bisa mendapatkan reward tidak hanya dari menghancurkan saja, tetapi juga melukai.

Maka dengan para user berdiri di balik cockpit pesawat yang hendak Anda hancurkan, sensasi bertempurnya tentu saja berbeda dengan saat Anda melawan AI. Melawan user yang lebih berpengalaman tentu lebih sulit, apalagi mereka secara konsisten terus bermanuver untuk membuat tembakan misil Anda, yang dekat sekalipun, tidak akan bisa menyentuh mereka. Berakhir jauh lebih intens dibandingkan dengan misi tersulit mode campaign sekalipun, mode multiplayer ini akan mengkombinasikan dua hal – usaha untuk membunuh dan usaha untuk bertahan hidup, dengan masing-masing di antaranya berada di kapasitas paling optimal. Berita baiknya? Mengingat posisi ranking ditentukan oleh point, Anda bisa memperoleh hal tersebut tidak hanya dari sekedar membunuh saja tetapi juga melukai.

Ace Combat 7 Skies Unknown jagatplay part 2 26
Ada sistem “Bounty” untuk player yang berhasil tampil gemilang di arena. Menundukkan mereka akan memberikan point lebih banyak.

Untuk membuat pertarungan lebih balance, Project Aces juga menyuntikkan sistem bounty di dalam pertempuran itu sendiri. Ini berarti user / pesawat yang paling banyak menundukkan atau melukai pesawat lain akan mendapatkan bounty lebih banyak, yang dipresentasikan dalam bentuk bintang. Melukai atau menghancurkan pesawat-pesawat ini akan menghadiahi Anda jumlah skor lebih banyak. Bagi Team Deathmatch, ini berarti berkoordinasi untuk menundukkan Ace tim lawan yang sesungguhnya. Sementara untuk Battle Royal, konsep seperti ini membuat satu pesawat spesifik akan sulit untuk mendominasi jalannya pertempuran karena begitu bintang tersebut mengikuti nama mereka, ia biasanya akan menjadi target massal pesawat yang lain.

Satu yang menarik adalah bagaimana cara Project Aces menangani sistem mata uang in-game yang sempat kita bicarakan sebelumnya. Karena konsep Aircraft Tree didesain tidak hanya berfungsi di mode campaign saja tetapi juga multiplayer, uang yang Anda dapatkan dari mode multiplayer juga akan bisa digunakan di campaign dan sebaliknya.

Ace Combat 7 Skies Unknown jagatplay part 2 20
Mata uang sebagai reward mode multiplayer juga bisa digunakan di mode campaign dan juga sebaliknya.
Ace Combat 7 Skies Unknown jagatplay part 2 39
Berita baiknya? Sistem seperti ini tidak lantas membuat Ace Combat 7 grindy. Malahan, Project Aces bisa dibilang “murah hati” jika berbicara soal reward mata uang in-game ini.

Untuk proses balancing lebih baik, Project Aces membuat beberapa bagian Parts hanya bisa digunakan untuk mode single-player saja atau multiplayer saja, walaupun berbagi konsep dasar yang sama. Apakah ini berarti Ace Combat 7: Skies Unknown adalah sebuah game yang menuntut Anda menempuh proses grinding? Sama sekali tidak untungnya. Mereka bahkan menyediakan beberapa Parts dari kategori “Misc” yang bisa menambahkan jumlah reward mata uang yang Anda dapatkan di penghujung pertempuran dengan jumlah yang signifikan.

Terlepas dari betapa seru dan intensnya pertarungan udara di mode multiplayer ini, terbatasnya mode yang disediakan memang berujung sedikit mengecewakan. Akan jauh lebih menarik jika Project Aces juga menambahkan mode kompetitif yang sama sekali tidak berhubungan dengan pertempuran misalnya dan lebih ke kemampuan Anda mengendalikan pesawat yang ada. Sebagai contoh? Membuat sebuah arena penuh tebing sempit dimana Anda harus bergerak melewatinya secepat mungkin, melawan user yang lain. Tetap seru dan menegangkan, namun tidak selalu terkait pada usaha meluncurkan misil sebanyak dan secepat mungkin ke pesawat manapun yang Anda temukan.

Pengalaman Fantastis dengan Playstation VR

Ace Combat 7 Skies Unknown jagatplay part 2 77
Ace Combat 7 adalah salah satu pengalaman VR terbaik dan terseru yang pernah kami cicipi.

Untuk Anda yang memainkan Ace Combat 7: Skies Unknown di Playstation 4 dan kebetulan sudah mempersiapkan diri dengan Playstation VR, game pertempuran pesawat ini juga memiliki konten untuk memaksimalkan teknologi tersebut. Dan percaya atau tidak, ia adalah salah satu pengalaman VR terbaik yang bisa Anda dapatkan di peripheral yang berdiri di bawah bendera Sony tersebut.

Sayangnya, Ace Combat 7: Skies Unknown tidak bisa dimainkan secara penuh dalam mode VR. Mode VR super terbatas ini hanya memuat 3 misi di dalamnya yang memosisikan Anda sebagai pasukan penjaga perdamaian – Mobius 1 dalam cerita dan konflik yang paralel dengan mode campaign yang ada. Tiga misi ini menawarkan pengalaman yang serupa satu sama lain, dimana Anda harus bertempur melawan pasukan udara ataupun darat dan membersihkan setiap dari mereka. Misi ketiga menjadi misi yang paling seru dimana perjuangan akan ditutup dengan pertempuran melawan Aces, pilot yang lebih sulit, semuanya dalam bentuk VR.

Ace Combat 7 Skies Unknown jagatplay part 2 56
Sayangnya, ia hanya menyediakan tiga buah misi saja, dengan cerita yang paralel dengan mode campaign.
Ace Combat 7 Skies Unknown jagatplay part 2 69
Menggerakkan kepala Anda secara natural untuk melihat target Anda selanjutnya adalah aksi esensial untuk membuat isi perut Anda tidak keluar saat sesi PSVR Anda dengan game ini selesai.

Satu yang berhasil dilakukan Project Aces adalah membuat pengalaman bertempur dari balik cockpit berujung seseru dan senyaman yang Anda bayangkan. Seru karena perspektif VR tidak hanya membuat Anda merasa tengah menjadi pilot, tetapi mendapatkan semua keuntungannya. Ini berarti Anda bisa memutar kepala Anda untuk melihat target dengan lebih jelas, seperti ketika Anda berusaha melihat AAGun di permukaan tanah misalnya. Jika di gameplay konvensional Anda harus membaca deskripsi apakah misil Anda mendarat dan menghancurkan mereka, dengan VR, Anda hanya perlu menoleh untuk melihat kemana misil Anda mengarah. Skema kontrol untuk gameplay-nya sendiri memang mengikuti skema kontrol konvesional, tetapi dengan kebebasan gerak kepala pilot yang seharusnya.

Nyaman karena terlepas dari konsepnya yang terdengar menjadi rumus efektif untuk membuat Anda mual, ada beberapa pengaturan yang membuat pengalaman VR ini tetap seru untuk dinikmati. Dari desain cockpit yang terasa luas hingga Anda tidak merasa terkurung dengan sudut pandang terbatas, hingga desain misi sendiri yang sepertinya memahami bahwa kondisi pertempuran VR akan berbeda dengan konvesional. Sudut kedatangan musuh atau persebaran unit di darah misalnya berujung membuat pertempuran menjadi lebih mudah diatasi.

Namun tentu saja butuh trik tersendiri untuk membuat 3 misi VR ini tidak berakhir dengan Anda memuntahkan semua isi perut. Bagi kami salah satu yang terpenting adalah beraksi natural layaknya seorang pilot. Alih-alih mengunci kepala Anda ke arah depan dan mengikuti gerak pesawat, Anda harus menggunakan kepala Anda untuk terus melacak target selanjutnya yang Anda hancurkan. Begitu pesawat menukik atau berbelok, usahakan kepala Anda juga mengikutinya, membuat ilusi pergerakan menjadi terasa nyata. Sementara itu, pastikan tangan Anda secara aktif menggerakkan pesawat untuk mengejar target yang sudah Anda kunci dengan pandangan ini. Niscaya, semuanya akan baik-baik saja.

Berujung jadi salah satu pengalaman PSVR terbaik yang pernah kami rasakan, apalagi jika dinikmati dengan perangkat audio yang optimal, sangat disayangkan bahwa Bandai Namco dan Project Aces tidak mengeksplorasinya lebih jauh. Sekedar 3 buah misi tentu saja jadi jumlah yang mengecewakan, apalagi tidak satupun dari ketiganya memuat landmark seperti Lighthouse ataupun Yinshi Valley yang penuh cuaca buruk dan petir yang berbahaya. Kami sangat berharap Project Aces mengeksplorasi potensi ini lebih jauh.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…