Review Crash Team Racing Nitro-Fueled: Sepantasnya dan Seharusnya!

Reading time:
July 4, 2019

Perlakuan yang Sepantasnya

CTR Nitro Fueled jagatplay part 2 1
Maka seperti kesuksesan yang mereka raih dengan N.Sane Trilogy, proses remaster / remake di Nitro-Fueled ini juga berhasil tampil memukau.

Maka serupa dengan apa yang berhasil dicapai Activision dengan Crash Bandicoot N. Sane Trilogy beberapa waktu yang lalu, usaha untuk menghidupkan kembali Crash Team Racing untuk platform generasi terkini ini, juga pantas disambut dengan tangan terbuka dan puja-puji seharusnya. Kualitas visual yang di seri originalnya begitu kasar dan penuh dengan poligon tajam di sana-sini, kini dibalut dengan model karakter yang lebih modern dan tentu saja, estetika track yang lebih jelas untuk mencerminkan atmosfer seperti apa yang hendak dikejar. Menggembirakan bahwa detail ini tidak hanya diarahkan untuk hal-hal yang akan mempengaruhi Anda secara langsung saat bermain, tetapi juga hal-hal di belakang layar atas nama untuk membuat track terasa lebih dinamis.

Pujian juga pantas diarahkan pada komitmen Beenox dan Activision untuk memastikan CTR Nitro-Fueled ini langsung sebagai sebuah seri ultimate yang memang pantas untuk dimiliki oleh para fans. Karakter-karakter ikonik yang sempat tersedia di seri originalnya ataupun seri Nitro Kart mendapatkan perlakuan yang seharusnya dengan kualitas model karakter baru yang konsisten di semua lini. Kuantitas juga menjadi salah satu pertimbangan, mengingat opsi menyangkut karakter yang Anda gunakan, track yang bisa Anda lalui untuk memacu kendaraan Anda, ataupun “sekedar” Arena untuk mode battle bisa terbilang banyak. Kesemuanya, sekali lagi, melewat proyek Remaster dengan kualitas yang Anda inginkan. Anda yang sempat mencicipi seri originalnya akan jatuh hati sejak pandangan pertama.

Crash Team Racing Nitro Fueled jagatplay part 1 105
Anda seperti berhadapan dengan “dunia” CTR yang seharusnya. Detail dan ragam efek visual yang diusung mendukung atmosfer yang ada.
Crash Team Racing Nitro Fueled jagatplay part 1 112
Sensasi familiar berhasil dipertahankan dengan minimnya perubahan pada track versi originalnya. Satu-satunya track yang berubah dan kami kenali hanyalah shortcut di Hot-Air Skyway seperti pada gambar yang kini pagarnya ditinggikan. Selamat tinggal lompatan “ajaib” untuk memotong belokan tajam di depan.

Satu hal yang fantastis adalah bagaimana terlepas dari begitu banyak perubahan ini, Beenox tetap membuat Crash Team Racing Nitro-Fueled ini terasa seperti seperti game yang familiar untuk mereka yang sempat mencicipi seri originalnya. Hampir semua konten yang Anda kenal, terutama dari desain track tetapi dipertahankan di sini. Tidak ada perubahan yang signifikan selain sisi kosmetik yang sempat kami bicarakan sebelumnya. Anda yang masih ingat dengan ragam shortcut sebelumnya tetap akan bisa memanfaatkannya di sini. Satu-satunya hal yang diubah oleh Beenox dan cukup “mengusik” kami hanyalah dihilangkannya shortcut “lompat pagar” di Hot-Air Skyway yang kini dibatasi cukup tinggi dan mustahil untuk dieksekusi, bahkan dengan power up sekalipun. Selebihnya? Setidaknya di track-track yang Anda lewati via mode Adventure, akan terasa sama persis seperti yang Anda kenal selama ini.

Kualitas audio yang seharusnya bisa Anda temukan di sini. Kita tentu saja tidak membicarakan musik mengingat harus kami akui, bahwa selain musik ikonik Crash itu sendiri, kami hampir tidak punya memori nostalgia apapun terkait Crash Team Racing. Yang kami soroti justru ada pada bagaimana desain suara yang Anda dapatkan di Nitro Fueled ini masih tetap efektifnya untuk dijadikan sebagai sumber informasi. Lewat ragam suara efek yang berbeda di setiap senjata atau aksi Anda dan lawan Anda, akan bisa mengetahui apa yang terjadi, akan terjadi, dan mungkin akan terjadi. Sebagai contoh? Anda bisa bersiap untuk lebih mawas ketika Anda mendengar ada bunyi bom berguling atau sekedar senjata listrik yang siap untuk meratakan semua posisi di depan sang pemicu. Begitu informasi ini Anda terima, Anda selalu punya ruang untuk bereaksi jika memang dimungkinkan.

Crash Team Racing Nitro Fueled jagatplay part 1 81
Kualitas audio yang menonjol memang tidak mengakar pada sisi OST yang selama ini, harus diakui tak begitu memorable. Eksekusi yang lebih pantas diperhatikan adalah akurasi efek suara senjata untuk memberikan Anda informasi soal apa yang tengah atau akan terjadi di dalam track.
Crash Team Racing Nitro Fueled jagatplay part 1 139
Segudang item kosmetik untuk dikumpulkan. Tidak sekedar soal perbedaan warna, masing-masing karakter juga punya kostum unik mereka sendiri.

Crash Team Racing Nitro-Fueled juga tidak bisa disebut sebagai game modern tanpa menyuntikkan ekstra konten, tentu saja. Dari sisi presentasi, semuanya mengakar pada sisi kosmetik yang kini menjadi salah satu motivasi Anda untuk terus bermain. Beenox sepertinya habis-habisan untuk memastikan konten ini memang menarik untuk dikejar. Setiap karakter hadir dengan variasi item kosmetik dengan kuantitas dan kualitas yang fantastis, dari yang sekedar berubah warna hingga yang memiliki kostum uniknya sendiri-sendiri. Tidak cukup sampai di sana, fitur kustomisasi juga kini disematkan pada kendaraan yang bisa dibongkar pasang beberapa elemennya dengan ekstra sticker di atasnya. Ingat, kesemua sistem modifikasi mobil dan kostum ini hanya berisikan kosmetik tanpa mempengaruhi performa Anda di arena sama sekali.

Dengan semua kombinasi ini, Activision berhasil melakukan sesuatu yang sesungguhnya, sudah berhasil mereka capai dengan Crash Bandicoot N.Sane Trilogy – menciptakan proyek Remake / Remaster yang layak untuk disandingkan dengan game rilis baru sekalipun tetapi di sisi lain, mempertahankan cita rasa klasiknya yang untuk sebagian besar gamer yang datang karena motivasi nostalgia, layak diapresiasi.

Modernisasi

CTR Nitro Fueled jagatplay part 2 24
Tidak lagi nyaman dengan skema kontrol lawas? Tenang saja, ada opsi untuk skema lebih modern sekarang!

Dari sisi gameplay, apa yang ditawarkan Crash Team Racing di masa lalu dan CTR Nitro-Fueled saat ini tidak berbeda. Ini tetaplah game racing fun dengan senjata yang terinspirasi dari Mario Kart milik Nintendo, namun dengan identitas uniknya sendiri. Apa yang Anda kenal dari Crash Team Racing tetap dipertahankan di versi Remaster ini, tanpa ada banyak hal yang berubah. Tetapi tentu saja, ada usaha untuk membuatnya lebih modern dalam upaya untuk memfasilitasi mereka yang datang sebagai gamer pendatang baru. Sebagai contoh? Skema kontrol alternatif. Untuk para penikmat game racing modern yang biasa menggunakan “R2” untuk gas misalnya, CTR Nitro-Fueled menyediakan opsi tersebut di luar skema kontrol klasik yang menyematkan fungsi sama di tombol “X”.

Maka mengingat sisi gameplay-nya serupa, peraturan CTR di Nitro-Fueled juga tidak berubah. Anda akan berusaha menjadi yang pertama di setiap track yang ada. Akan tiga jenis kotak yang bisa Anda dapatkan di sepanjang track: Tanda tanya untuk item, kotak tanpa tanda untuk buah Wumpa yang jika terkumpul 10 buah akan membuat akselerasi dan kekuatan item Anda optimal, dan kotak Tanda Seru yang akan mengubah cara kerja objek spesifik di dalam track – seperti mengubah posisi perangkap anti-graviti atau mengubah jalur boost misalnya. Setiap karakter yang Anda gunakan juga bisa melakukan aksi ngepot menyamping yang jika jumlahnya menyentuh posisi tertentu dalam bar yang ada, akan mendapatkan ekstra boost kecepatan. Anda bisa melakukannya selama tiga kali berturut-turut. Berusaha mengeksekusi gerakan ini kapanpun Anda bisa akan menjadi jaminan lebih pasti Anda berakhir menjadi pemenang.

Crash Team Racing Nitro Fueled jagatplay part 1 88
Ingat, di CTR, kotak adalah hidup.
Crash Team Racing Nitro Fueled jagatplay part 1 78
Mencari sudut tepat untuk ngepot dan melakukan boosting tetap akan jadi kunci kemenangan di CTR Nitro-Fueled.

Sisanya adalah soal mempelajari track yang Anda mainkan. Di satu sisi, mempelajari setiap belokan yang ada hingga aksi ngepot untuk ekstra kecepatan dan manuver lebih mulus untuk belokan di kecepatan optimal bisa tercapai. Kedua? Berbeda dengan game racing konvensional, selalu ada banyak jebakan di track-track Crash Team Racing. Ada jalur dengan belokan tajam yang jika timing Anda melakukan boost atau melompat salah misalnya, akan berakhir dengan konsekuensi fatal yang membuat Anda harus mengorbankan waktu beberapa detik. Ada pula yang bisa membuat Anda melewatkan kotak-kotak penting seperti buah Wumpa dan item yang tentu saja, esensial untuk membantu Anda memenangkan balapan. Ketiga? Semuanya disempurnakan dengan jalur-jalur pintas nan rahasia yang juga akan memberikan Anda keuntungan, pastinya.

Maka seperti yang kami sempat bicarakan sebelumnya pula, ada usaha untuk membuat Crash Team Racing Nitro-Fueled ini berakhir lebih modern dibandingkan seri originalnya. Bagi Beenox dan Activision, jawabannya sepertinya terletak pada sistem GaaS (Games as a Service) yang akan mendorong konten-konten baru ke dalam semesta Nitro-Fueled secara konsisten. Ini akan memberikan kesempatan bagi gamer untuk terus kembali mencicipi konten yang ada. Berita baiknya? Alih-alih menjualnya dalam bentuk Battle Pass yang mungkin mendatangkan uang, Activision memutuskan untuk mendistribusikannya secara gratis. Salah satu implementasinya akhirnya meluncur di pagi hari saat review ini ditulis.

CTR Nitro Fueled jagatplay part 2 36
Kunci daya tarik CTR Nitro-Fueled terletak pada satu kata – “Modernisasi”.
CTR Nitro Fueled jagatplay part 2 47
Konsep GaaS yang ia usung didistribusikan secara cuma-cuma, dengan tema spesifik, dan berkala. Activision sepertinya berkomitmen untuk memastikan komunitas game ini terus hidup.

Salah satu sistem GaaS ini ditawarkan via konsep yang disebut sebagai Grand Prix. Anda bisa melihatnya sebagai “Battle Pass cuma-cuma” yang akan memuat serangkaian konten tertentu untuk dikejar, dari karakter baru, mobil baru, parts baru, sticker baru, hingga track baru yang bisa Anda jajal. Untuk bisa membuka mereka, ada dua jenis solusi yang diusung Nitro-Fueled. Pertama, menggunakan fitur bernama Pit Shop – pasar item digital yang kontennya akan berubah setiap hari dengan in-game currency yang Anda dapatkan dari menyelesaikan balapan, offline ataupun online, tanpa perlu mengeluarkan sedikitpun uang nyata. Solusi kedua adalah dengan menyelesaikan ragam tantangan yang ditawarkan oleh Grand Prix, yang masing-masing darinya akan berkontribusi pada angka Nitro yang Anda dapatkan. Mencapai jumlah tertentu dan Anda akan mendapatkan hadiah yang dijanjikan. Tentu saja, seperti yang bisa Anda prediksi, tantangan-tantangan ini tak mudah. Sebagai contoh? Anda bisa saja diminta menggunakan Cortex, membalap di track spesifik, tidak boleh menggunakan boost, dan berakhir di posisi pertama. Tentu saja, point Nitro yang didapatkan akan terasa pantas.

Proses modernisasi lain yang kebetulan juga jadi salah satu fitur yang begitu diidam-idamkan selama ini tentu saja adalah multiplayer online. Tenang saja, Anda yang masih senang dengan mode split-screen melawan teman Anda secara offline tetap bisa melakukannya. Seperti yang kami sebut sebelumnya, komitmen Beenox untuk menawarkan cita rasa klasik di Nitro-Fueled ini memang tidak main-main. Kita berbicara soal game modern yang masih menawarkan sistem cheat berbasis input tombol untuk mendapatkan keuntungan tertentu atau bahkan bonus karakter, namun tak lagi diikuti dengan kesempatan untuk membuka Trophy / Achievement.

Crash Team Racing Nitro Fueled jagatplay part 1 149
Fitur modern lain yang sudah lama diimpikan? Tentu saja multiplayer online!
Crash Team Racing Nitro Fueled jagatplay part 1 132
Tidak hanya mode Racing saja. Mode Battle dengan ragam objektif juga mendukung fitur ini!

Seperti yang bisa diprediksi, mode online CTR Nitro-Fueled dibagi ke dalam dua kategori besar – Race dan Battle. Race berarti berpusat pada usaha untuk menjadi yang terdepan di track-track yang juga diambil dari versi Nitro Track bersama seri originalnya, diputar dalam bentuk remaster, sembari berupaya menguasainya. Sementara untuk mode Battle, Anda akan bertarung melemparkan senjata-senjata atau jebakan terbaik yang Anda dapatkan dalam satu arena terbatas yang tertutup seperti mode serupa di seri original CTR, namun kini melawan gamer di seluruh dunia. Namun tentu saja ada mode lebih bervariasi untuk memfasilitasi core gameplay di mode ini.

Sayangnya, tidak ada sistem “ranked” atau sejenisnya di proses matchmaking Crash Team Racing Nitro-Fueled. Ini berarti, semua gamer dengan skill level yang berbeda-beda akan tumpah ruah di satu pool yang sama, beradu kecepatan dan kemampuan. Anda tidak akan jarang bertemu dengan situasi berpacu kecepatan melawan mereka yang sudah menguasai sudut dan momen boost terbaik dan berakhir ketinggalan begitu jauh hingga tidak mungkin lagi mengejar. Sekarang bayangkan sebuah situasi dimana ternyata Anda berhadapan dengan tidak hanya 1, tetapi 2-3 orang yang punya kemampuan setara. Namun setidaknya, terlepas dari posisi apapun yang Anda raih, Anda tetap akan dihadiahi Gold Coin untuk berbelanja item kosmetik dan karakter di Pit Stop nantinya.

CTR Nitro Fueled jagatplay part 2 41
Sayangnya, mode online ini hadir tanpa pembatasan skill level. Jadi bukan tidak mungkin Anda berhadapan dengan para veteran yang sudah menguasai begitu banyak aspek permainan hingga Anda tertinggal jauh.
CTR Nitro Fueled jagatplay part 2 50
Berita baiknya? Terlepas dari posisi Anda berakhir, Anda tetap akan mendapatkan sejumlah Gold Coins untuk dibelanjakan di Pit Stop untuk ekstra item kosmetik.

Ada satu hal yang sepertinya pantas kami keluhkan dari CTR Nitro-Fueled ini, yakni RNG Item. Seperti yang kita tahu, kita tidak pernah mengetahui isi kotak yang kita tabrak dan item seperti apa yang akan kita dapatkan. Namun secara rasional, semakin tertinggal posisi kita, kesempatan untuk mendapatkan item dengan efek yang lebih imba – dari UkaUka, tembakan listrik global, hingga jam untuk melambatkan kecepatan semua pembalap tentu lebih besar. Namun sayangnya, dari begitu banyak pengalaman kami berada di posisi terbelakang, RNG CTR Nitro-Fueled masih terhitung sampah.

Sampah? Iya, sampah. Sampah dalam pengertian bahwa terlepas dari posisi Anda di tengah atau di belakang, kesempatan untuk mendapatkan item yang benar-benar bisa mengubah jalannya balap, terutama melawan NPC terhitung kecil. Tidak jarang di posisi tengah, antara 4 dan 5 yang ingin mengejar 3 besar, kami berujung mendapatkan pelindung bubble atau bomb yang sama sekali tidak berkontribusi untuk menghasilkan perubahan posisi.

Crash Team Racing Nitro Fueled jagatplay part 1 148
RNG item di CTR Nitro-Fueled akan membuat Anda ingin berkata kasar.

Tidak jarang pula ketika di posisi terbelakang, kami mendapatkan item seperti Rocket yang sama sekali tidak membantu ketika Anda bahkan tidak lagi bisa mengejar dan membidik musuh yang posisinya berada di depan Anda. Crash Team Racing Nitro-Fueled di mata kami butuh lebih “berani” untuk mengotak-ngatik sistem RNG ini untuk menciptakan sensasi pertempuran yang lebih dinamis, dimana satu saja kecil kesalahanan terjadi atau item yang digunakan di timing yang tepat, bisa membalikkan keadaan secara instan. Lihat saja bagaimana Nintendo merancang Mario Kart, dimana Anda yang tidak punya banyak keahlian secara mekanikal sekalipun, selalu merasa punya “kesempatan” lewat sistem RNG yang intens.

Namun di luar kedua keluhan soal RNG dan minimnya sistem Rank untuk pengalaman multiplayer yang lebih berimbang, CTR: Nitro-Fueled tetap menghadirkan sensasi membalap super seru yang pernah Anda dapatkan di seri originalnya. Hanya saja kali ini diperkuat dengan ragam fitur baru yang membuatnya terasa lebih modern, tentu saja, di luar perombakan visual itu sendiri.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…