Review Samurai Shodown: Tenang atau Mati!

Reading time:
July 8, 2019

Infrastruktur Online yang Pantas Diacungi Jempol

Samurai Shodown jagatplay 78
Anda tidak bisa menyebut ia sebagai seri reboot tanpa modernisasi fitur tentu saja.

Bukan sebuah seri reboot namanya jika sebuah game tidak menawarkan sebuah fitur yang didesain untuk meninggalkan cita rasa modern yang tepat sasaran. SNK juga tentu saja memikirkan konsep ini untuk Samurai Shodown dan harus diakui, menghadirkan sesuatu yang fantastis. Memang, Anda masih akan berhadapan dengan sistem mode arcade klasik dimana cerita akan bergerak sesuai dengan siapa yang Anda gunakan dan presentasi dicitrakan lewat potongan gambar tak bergerak dan deskripsi tentang apa yang terjadi. Namun bukan berarti SNK tidak berusaha melakukan sesuatu yang asyik dengannya.

Salah satu fitur keren yang ia usung adalah Ghost Battle. Pada dasarnya, Samurai Shodown akan secara aktif merekam dan mempelajari gaya bertarung Anda dan kemudian membangun profile AI dari karakter yang sempat Anda gunakan. Seiring dengan lebih banyaknya pertarungan yang Anda lewati, semakin mantap dan terdefinisi pula AI ini. Lewatnya, Anda bisa mengunggah profile AI ini untuk dicoba dan dijajal oleh user lain secara online dan sebaliknya. SNK bahkan menyediakan sebuah opsi terpisah dimana fokusnya memang meminta Anda untuk bertarung melawan AI Ghost player yang lain atau AI Ghost dari gaya bertarung Anda sendiri.

Samurai Shodown jagatplay 108
Ada “Ghost Battle” – pertarungan melawan AI yang diracik dari gaya bertarung masing-masing gamer.
Samurai Shodown jagatplay 105
Infrastruktur onlinenya benar-benar pantas diacungi jempol.

Dan tentu saja, cita rasa modern tidak bisa dilepaskan lewat mode online yang juga ditawarkan oleh SNK di sini. Anda bisa bertarung dalam mode casual ataupun tim melawan user lain di seluruh dunia, ataupun Ranked untuk Anda yang ingin lebih serius. Mengingat ia tidak memiliki sistem item kosmetik ataupun lootbox yang di beberapa game fighting lain bisa berakhir mempengaruhi performa petarung Anda, Samurai Shodown hadir dengan sistem lugas dan langsung, dimana Anda hanya harus mati-matian membabat darah musuh yang Anda lawan sampai habis. Tentu saja, Anda akan dipasangkan melawan musuh yang levelnya tidak berbeda jauh.

Ada satu hal fantastis yang kami temukan di mode online ini, bahwa bagaimana infrastrukturnya berakhir lebih mengagumkan dari apa yang kami bayangkan sebelumnya. Apa pasal? Kami sempat paranoid memikirkan jumlah pemain di region SEA yang mungkin sedikit dan berakhir tidak bisa menguji mode online ini. Sesuatu yang sempat terjadi karena usaha mencari pertarungan di region yang sama benar-benar tidak membuahkan hasil. Akhirnya opsi kami buka untuk mencari petarung dari semua region, terlepas dari kemungkinan lagging dan sensasi pertarungan patah-patah yang tidak terelakkan. Motivasi di kala itu adalah berusaha mereview Samurai Shodown sebaik yang kami bisa.

Hasilnya? Kami bertemu dengan gamer dari Jepang, Amerika Serikat, dan Brazil jika melihat bendera yang mereka pasang di profile mereka. Mengingat opsi Region All kami buka, maka kami siap berhadapan dengan konsekuensi yang harus dipikul. Namun alangkah terkejutnya kami ketika menemukan bahwa jalannya pertarungan melawan ketiga player (walaupun region Jepang biasanya jarang bermasalah) hadir tanpa masalah teknis sama sekali.

https://www.facebook.com/pladidus/videos/10217299403371391/

Memang ada sedikit perlambatan framerate dibandingkan Anda bermain offline misalnya, namun pertarungan melawan gamer dari Brazil dan Amerika Serikat yang biasanya berakhir menjadi lag di game fighting lain, berakhir lancar tanpa masalah. Anda tetap bisa mengeksekusi strategi berbasis timing yang Anda butuhkan selama ini. Kami harus mengakui bahwa kami ikut terpesona karenanya. Walaupun kami tidak tahu apakah kelancaran ini terjadi karena koneksi internet kantor yang kebetulan lancar atau karena infrastruktur online yang baik. Namun mengingat kasus ini hanya terjadi di Samura Shodown saja, kami memutuskan untuk menyimpulkan bahwa alasan kedua lah yang lebih rasional. Tetapi mengingat kami melakukan review ini di PS4, ia juga bisa jadi tidak merepresentasikan kualitas yang sama di platform lain. Anda bisa melihat sendiri kualitasnya di video yang kami sematkan di atas.

Dan pada akhirnya, modernisasi juga akan ditawarkan via tambahan konten yang didistribusikan via sistem DLC dan Season Pass. SNK memang sempat menggratiskan konten Season Pass ini beberapa minggu setelah hari rilisnya. Namun mengingat seberapa “terlambatnya” review ini dirilis dibandingkan dengan hari rilis, Anda sepertinya akan berhadapan dengan masa gratis yang sudah berakhir. Namun selalu ada opsi untuk menggunakan uang nyata jika Anda memang jatuh hati.

Kesimpulan

Samurai Shodown jagatplay 98
Samurai Shodown adalah sebuah game fighting yang fantastis. Bahwa di tengah kesederhanaan dan daya tarik lawasnya, ia sebuah game kompetitif yang dibangun dengan cinta dan kehati-hatian. Sesuatu yang bisa Anda rasakan sejak Anda pertama kali mengangkat pedang bersamanya.

Samurai Shodown adalah sebuah game fighting solid yang sayang untuk dilewatkan, terlepas dari apakah Anda sempat mencicipi seri originalnya atau tidak. Ia menawarkan sensasi game fighting klasik dimana kunci kemenangan tidak pernah terletak pada kemampuan Anda mengingat dan menghafal serangan kombinasi super panjang yang harus dieksekusi panjang. Kekuatannya justru terletak pada kesederhanaannya, dimana serangan-serangan standar yang hanya bisa Anda eksekusi dengan satu tombol saja bisa berakhir menjadi bencana dengan damage besar. Namun di sisi yang lain, ada mekanik super dalam yang bisa dipelajari untuk mereka yang ingin menguasai mekanik yang lebih kompleks. Dengan pacenya yang terhitung lambat, kunci kemenangan memang terletak pada ketenangan.

Namun bukan berarti Samurai Shodown bisa disebut sempurna. Walaupun harus diakui, sebagian besar kritik yang akan kami lemparkan di sini sama sekali tidak berhubungan dengan mekanik gameplay dasar yang pantas diacungi jempol karena kedalaman dan strategi yang bisa Anda eksekusi dengannya. Yang kami permasalahkan justru lebih mengakar pada sistem mutilasi yang berakhir hanya terpotong setengah badan untuk jenis serangan apapun alih-alih menampilkan sesuatu yang lebih gore ataupun cerita yang tidak terlalu esensial. Kelemahan juga terletak pada AI Ghost Battle yang sejauh kami jajal, melawan Ghost sendiri ataupun orang lain, berakhir lebih “tolol” dibandingkan AI Normal di beragam mode. Ada sesuatu yang aneh di sini.

Terlepas dari kekurangan tersebut, Samurai Shodown adalah sebuah game fighting yang fantastis. Bahwa di tengah kesederhanaan dan daya tarik lawasnya, ia sebuah game kompetitif yang dibangun dengan cinta dan kehati-hatian. Sesuatu yang bisa Anda rasakan sejak Anda pertama kali mengangkat pedang bersamanya.

Kelebihan

Samurai Shodown jagatplay 123
Sisi presentasinya tepat sasaran.
  • Sisi estetika tepat sasaran
  • OST yang cukup untuk membuat bulu kuduk merinding
  • Mekanik gameplay yang sederhana tetapi dalam di saat yang sama
  • Infrastruktur online yang fantastis
  • Balancing dan atmosfer kompetitif yang tepat

Kekurangan

Samurai Shodown jagatplay 142
Seandainya sistem mutilasi tanpa tebang pilih ini dibawa ke level yang lebih brutal daripada sekedar memotong tubuh menjadi dua bagian tanpa darah.
  • Cerita tidak esensial
  • Sisi gore terutama mutilasi yang terasa setengah hati
  • AI hasil Ghost Battle yang lebih bodoh daripada AI Normal

Cocok untuk gamer: yang menginginkan game fighting super solid dari sisi mekanik, penikmat seri originalnya

Tidak cocok untuk gamer: yang menginginkan game fighting dengan pace cepat, jempol mudah kapalan

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

March 27, 2024 - 0

Menjajal DEMO Stellar Blade: Sangat Berbudaya!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh demo Stellar Blade ini? Mengapa…
March 22, 2024 - 0

Review Rise of the Ronin: Jepang Membara di Pedang Pengembara!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Rise of the Ronin ini?…
March 21, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda (Rise of the Ronin)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda terkait…
March 19, 2024 - 0

Review Unicorn Overlord: Kuda, Tahta, Wanita!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Unicorn Overlord ini? Mengapa kami…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…