Review Marvel Ultimate Alliance 3: Senang-Senang Rasa Usang!

Reading time:
August 9, 2019

Infinity Trials – Sang Sumber Tantangan

Marvel Ultimate Alliance 3 jagatplay part 2 12
Infinity Trials – ekstra tantangan yang bisa Anda selesaikan.

Salah satu faktor usang lain yang akan Anda temui adalah fakta bagaimana game ini seolah tidak bisa mengintegrasikan mini-game dan main game di satu ruang yang sama. Salah satunya terletak pada opsi eksekusi daftar tantangan yang disebut game ini sebagai “Infinity”. Barisan tantangan dengan sejumlah reward ini ternyata tidak bisa Anda bolak-balik akses dari cerita utama begitu saja. Setiap kali Anda masuk ke Infinity, Anda akan dipaksa keluar dari menu utama dan masuk ke dalam sesi terpisah ini. Ketika Anda ingin balik ke cerita utama? Anda harus masuk kembali ke menu utama, sebelum menekan tombol “Continue” untuk melakukannya. Aksi yang di sela-selanya juga diikuti layar loading. Mengapa cerita utama dan Infinity tidak bisa bolak-balik diakses secara mulus? Hanya Team Ninja yang tahu. Namun untuk saat ini, ia memperkuat point keusangan yang sudah kita bicarakan sebelumnya.

Infinity sendiri bisa disederhanakan sebagai sebuah mode reka ulang untuk level atau pertarungan boss yang sudah Anda lewati sebelumnya, namun dengan tingkat kesulitan tinggi yang biasanya, juga diikuti dengan syarat dan ketentuan berlaku. Sebagai contoh? Ada level dimana musuh hanya bisa ditundukkan dengan menggunakan Synergy Attack misalnya. Atau di level lain dimana berperan layaknya sebuah mode time attack, Anda harus terus menghajar musuh yang ada untuk menambahkan waktu hingga level selesai. Tantangan ini sendiri beragam dan disajikan dalam bentuk grid, dimana Anda hanya bisa mengakses grid tertentu setelah Anda menyelesaikan tantangan sebelumnya. Ada beberapa tantangan pula yang membutuhkan Anda untuk hanya menggunakan satu karakter spesifik.

Marvel Ultimate Alliance 3 jagatplay part 2 11
Ia akan meminta Anda melewati level yang sudah Anda selesaikan, namun kini dengan syarat dan ketentuan berlaku yang baru.
Marvel Ultimate Alliance 3 jagatplay part 2 10
Menyelesaikan berarti mengumpulkan lebih banyak EXP untuk membuat karakter Anda lebih kuat aka Grinding.

Akan ada dua motivasi mengapa Anda memainkan Infinity. Pertama, adalah grinding. Tingkat kesulitan lebih tinggi berarti EXP lebih tinggi dan kesempatan untuk memungkinkan tim yang sudah Anda racik, mendapatkan pasokan level lebih tinggi yang bisa ditranslasikan sebagai “perjalanan lebih mulus” di mode Story. Anda juga bisa menggunakannya untuk menaikkan karakter level lain yang mungkin tertarik untuk Anda gunakan, namun tidak lagi punya opsi balok EXP untuk melakukannya secara instan, tentu saja.

Kedua? Tentu saja reward. Infinity Trails biasanya menyediakan reward yang menarik untuk dikejar, yang biasaya juga dibagi ke dalam beberapa tantangan kecil lain untuk ekstra reward lainnya. Walaupun harus diakui bahwa item kosmetik untuk karakter-karakter yang ada berakhir mengecewakan, namun setiap Infinity Trials yang terbagi ke dalam cluster berbeda biasanya juga bisa berakhir dengan roster ekstra yang bisa Anda gunakan, dari Magneto hingga Thanos. Ini mungkin reward paling berharga yang bisa Anda kejar di mode yang satu ini.

Reward lainnya? Ada serangkaian item bernama ISO-8 yang berfungsi sebagai “aksesoris” untuk karakter Anda yang berdasarkan level kelangkaanya, akan memberikan buff tertentu pada karakter yang mengenakannya. Ada yang lugas, seperti sekedar melambungkan status spesifik untuk karakter tersebut, sementara tidak sedikit pula yang sekedar mempengaruhi efek serangan secara tidak langsung, seperti kesempatan untuk memulihkan HP dengan serangan spesial misalnya. Opsi untuk memperkuat dan meningkatkan level ISO-8 ini juga tersedia dengan menuntut material dan jumlah uang in-game tertentu.

Marvel Ultimate Alliance 3 PART 1 jagatplay 211
ISO-8 berperan tak ubahnya aksesoris dengan ekstra buff di game-game RPG.
Marvel Ultimate Alliance 3 PART 1 jagatplay 71
Pohon skill akan mempengaruhi keseluruhan komposisi tim.

Reward lain tentu saja mengakar pada AEP – Alliance Enhancement Points yang berperan tidak ubahnya Skill Points di dalam game-game RPG. Cabang skill yang bisa Anda buka dengan mengkombinasikan jumlah AEP dan uang dalam jumlah tertentu ini akan secara otomatis berakhir menjadi buff permanen untuk semua karakter yang Anda bawa ke dalam tim. Sebagian besar Infinity Trials akan mengkombinasikan hadiah ini bersama uang, EXP, dan tentu saja ragam token-token lain yang perlu Anda kumpulkan untuk meningkatkan level Skill tiap karakter yang Anda favoritkan misalnya.

Maka dengan kombinasi-kombinasi reward menggoda ini (selain kostum alternatif yang mengecewakan), Infinity Trials menjadi ekstra konten yang bisa Anda kejar. Berita baiknya? Mode ini juga mendukung permainan secara online, hingga Anda yang ingin menyelesaikannya dengan lebih cepat atas nama reward spesifik selalu bisa mengandalkan bantuan user-user lain untuk mencapainya. Sementara dari sisi Marvel Ultimate Alliance 3 itu sendiri, kondisi seperti ini menjamin cukup banyak level dan tantangan untuk dinikmati gamer di mode multiplayer. Apalagi mereka juga menjamin beragam update cuma-cuma di masa depan.

Kesimpulan

Marvel Ultimate Alliance 3 PART 1 jagatplay 128
Apakah kami akan merekomendasikan Marvel Ultimate Alliance 3? Dari kacamata kami, akan sangat bergantung pada rasa cinta Anda pada semesta Marvel itu sendiri, mengingat daya tarik utama yang memang mengakar di sana.

Marvel Ultimate Alliance 3 harus kami akui, bukanlah sebuah game yang sempurna. Ada yang istimewa memang dari cara mereka menangani cerita dan cut-scene, yang sepertinya cukup efektif untuk berakhir menjadi mimpi basah para pecinta komik ataupun penikmat MCU di layar lebar. Keputusan untuk membawa begitu banyak scene pertarungan epik, lengkap dengan voice acting yang tepat sasaran di kesemuanya, membuatnya tampil sebagai game Marvel yang solid untuk urusan fan-service. Jumlah superhero cukup banyak yang bisa Anda bongkar pasang dan berpengaruh pada performa di gaya bermain Anda juga pantas untuk diacungi jempol. Hanya saja, ia memang sudah usang.

Bahwa sesungguhnya sulit rasanya untuk membuang perasaan usang tersebut, hingga cukup membuat kami untuk menyuntikkannya sebagai judul utama. Team Ninja mungkin berjuang mati-matian untuk memastikan bahwa seri ini setia dengan apa yang ia tawarkan di seri-seri sebelumnya, namun bukan berarti ia tidak punya ruang untuk menciptakan sensasi sebuah game beat’em up atau bahkan RPG isometrik dengan cita rasa action yang lebih modern. Feedback yang lebih baik, mekanik baru untuk membuat pertarungan lebih intens, dan sistem pertarungan yang tidak sekedar meminta Anda membabi-buta menyerang dan menjaga HP tetap “sehat” bukanlah sesuatu yang bisa dinikmati lagi dengan maksimal di era gaming modern saat ini.

Apakah kami akan merekomendasikan Marvel Ultimate Alliance 3? Dari kacamata kami, akan sangat bergantung pada rasa cinta Anda pada semesta Marvel itu sendiri, mengingat daya tarik utama yang memang mengakar di sana. Namun jika Anda berangkat untuk mencari game action isometrik yang seru dan intens, kami menyarankan Anda untuk menunggu hingga setidaknya ia jatuh ke harga yang lebih terjangkau. Anda tidak akan kehilangan apapun dari keputusan untuk sedikit bersabar ini.

Kelebihan

Marvel Ultimate Alliance 3 PART 1 jagatplay 112
Untungnya atas nama fan-service, cut-scene yang ia tawarkan pantas diacungi jempol.
  • Cut-scene keren
  • Pilihan superhero dan dunia Marvel yang disertakan
  • Infinity Trials cukup menantang
  • Voice Acts terasa hidup
  • Mekanik bongkar pasang karakter dalam tim yang membuka ruang cukup luas untuk bereksperimen
  • Sensasi Multiplayer

Kekurangan

Marvel Ultimate Alliance 3 PART 1 jagatplay 185
Kostum alternatif? PFFTTTT..
  • Repetitif
  • Banyak desain yang terasa usang
  • Tidak butuh banyak strategi dari sisi gameplay untuk diselesaikan
  • Kostum alternatif yang bisa dibuka berakhir menjemukan dan tidak menarik
  • Grinding diharuskan untuk karakter-karakter yang tidak Anda bawa ke pertarungan
  • Feedback serangan dan diserang yang kurang
  • Kamera terkadang berakhir terlalu dekat dan justru mengganggu

Cocok untuk gamer: pencinta semesta Marvel, penikmat seri Ultimate Alliance sebelumnya

Tidak cocok untuk gamer: yang menginginkan game action yang solid dan memuaskan, mudah bosan

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

March 27, 2024 - 0

Menjajal DEMO Stellar Blade: Sangat Berbudaya!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh demo Stellar Blade ini? Mengapa…
March 22, 2024 - 0

Review Rise of the Ronin: Jepang Membara di Pedang Pengembara!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Rise of the Ronin ini?…
March 21, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda (Rise of the Ronin)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda terkait…
March 19, 2024 - 0

Review Unicorn Overlord: Kuda, Tahta, Wanita!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Unicorn Overlord ini? Mengapa kami…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…