JagatPlay di TGS 2019: Detail Baru Marvel’s Avengers!

Reading time:
September 23, 2019
PJEY5014
Casey Lynch – Editorial Director Square Enix untuk Marvel’s Avengers

Menjadi salah satu game yang cukup diantisipasi di tahun 2020 mendatang, apa yang diperlihatkan Crystal Dynamics dan Square Enix di teaser perdana Marvel’s Avengers memang cukup memancing rasa penasaran. Ada kritik memang terkait penampilan model karakter yang dianggap tidak memenuhi ekspektasi, namun sebagian besar gamer sepertinya tetap tergoda dengan gameplay cita rasa AAA yang mereka tawarkan di sana. Setiap hero memiliki animasi dan spesialisasinya masing-masing, lengkap dengan cut-scene sinematik untuk mewarnai sisi cerita yang ada. Marvel’s Avengers di sisi lain, juga tetap mengusung beberapa hal misterius yang belum mereka ungkap ke publik.

Kami sendiri cukup beruntung untuk menjajal demo A-Day Marvel’s Avengers secara langsung dan Anda yang penasaran, bisa membaca impresi kami via tautan berikut ini. Walaupun masih ada banyak hal yang belum dibuka ke publik, terutama soal mode multiplayer dan proses matchmaking yang ia usung, kami juga berkesempatan untuk mengorek beberapa informasi baru terkait sisi gameplay game ini. Ada beberapa detail yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya. Kesemuanya meluncur lewat mulut Casey Lynch – Editorial Director Square Enix untuk Marvel’s Avengers.

Mengetahui bahwa ada pertanyaan terkait soal mode multiplayer, khususnya proses matchmaking nantinya, Lynch berjanji akan berbagi lebih banyak informasi terkait mode tersebut di masa depan. Ia tidak memberi tahu pasti kapan, namun lebih banyak detail akan dibagi bersama dengan tanggal rilis yang mendekat.

Kami sempat bertanya soal sistem Gears yang akan diusung oleh game ini. Untuk Anda yang tidak terlalu familiar, Marvel’s Avengers menawarkan dua buah jenis item untuk nantinya digunakan oleh superhero Anda. Ada COSMETIC – yang notabene tidak mempengaruhi performa dan kinerja karakter dan ada GEARS – yang berfungsi layaknya sistem equipment yang akan memperkuat karakter, baik dari sekedar buff status hingga membuat beberapa serangan spesial menjadi lebih efektif.

Lynch memastikan bahwa GEARS akan berfungsi layaknya sistem looting kebanyakan game saat ini. Ia akan dibagi ke dalam level kelangkaan, bisa jatuh acak dari musuh yang Anda bunuh, akan muncul sebagai reward misi, dan tidak akan masuk dalam skema microtransactions mereka. Microtransactions hanya akan berkutat di item-item kosmetik saja. Menariknya lagi? Lynch juga memastikan bahwa GEARS yang Anda dapatkan akan terkunci pada karakter yang tengah Anda gunakan. Jika Anda menggunakan Thor, maka Anda akan mendapatkan GEARS milik Thor saja di sepanjag permainan. Anda tidak akan tiba-tiba menemukan GEARS milik Black Widow misalnya.

Marvel s Avengers Iron Man 600x338 1
Kecepatan karakter yang terbang dan berlari akan disesuaikan hingga keduanya akan bergerak di kecepatan yang sama.

Lynch juga menjawab salah satu rasa penasaran terbesar kami. Seperti apa gambaran sistem pergerakan dalam multiplayer, mengingat kita akan bertemu dengan anggota tim yang bisa terbang dan yang sekedar bisa berlari saja? Sebagai contoh, Iron-Man VS Black Widow, misalnya? Lynch menegaskan bahwa ada proses balancing yang diusung Crystal Dynamics di sini. Bahwa karakter yang bisa terbang tetap akan bisa terbang,  namun ia tidak akan otomatis bisa melaju super cepat meninggalkan teman-temannya yang lain seperti halnya di dunia nyata. Mereka akan membatasi kecepatan terbang tersebut dan memastikannnya sejalan dengan karakter yang sekedar bisa berlari saja. Ini berarti, Black Widow akan bergerak secepat Iron-Man nantinya.

Bersama dengan kesempatan ini, Lynch juga menegaskan bahwa sensasi menjadi seorang Avengers – yang notabene berisikan karakter-karakter berbeda yang bergabung dalam satu tim yang sama, adalah pengalaman yang mereka prioritaskan di mode multiplayer nantinya. Jadinya, Anda tidak akan bisa menggunakan satu hero yang sama di dalam satu tim. Tidak ada skenario Anda akan bertemu atau bisa bermain dengan komposisi 4-Hulk-Dalam-1-Tim atau bahkan 4-Thor-Dalam-1-Tim. Setiap user harus menggunakan karakter yang berbeda. Sayangnya, seperti yang ia jelaskan di awal, mereka belum siap berbagi soal sistem matchmaking seperti apa yang akan ia usung.

Satu fakta paling menarik lain yang menurut kami memukau adalah klaim bahwa mode multiplayer Marvel’s Avengers ini akan hadir dengan komposisi musuh yang dinamis. Bahwa alih-alih akan bertemu dengan komposisi musuh yang sama untuk setiap misinya, game ini akan “beradaptasi” dengan komposisi tim Avengers Anda sendiri. Ini akan mencegah bahwa tim Anda yang lebih banyak berisikan anggota dengan serangan melee misalnya, justru harus sibuk berusaha menundukkan musuh-musuh terbang yang sejatinya akan sulit untuk dilakukan. Sayangnya, Lynch tidak memberikan detail lebih jelas apakah adaptasi ini hanya berlaku di sisi varian musuh saja ataukah ia juga akan beradaptasi dari segi kuantitas atau tidak.

Marvel’s Avengers sendiri rencananya akan dirilis pada tanggal 15 Mei 2020 mendatang. Bagaimana dengan Anda sendiri? Berapa banyak dari Anda yang menantikan game yang satu ini?

Load Comments

PC Games

May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…
May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…

PlayStation

June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…
May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…