Review Disco Elysium: Keren, Brilian, Fantastis!

Reading time:
November 25, 2019
Disco Elysium jagatplay 54

RPG – Role Playing Games memang menjadi salah satu genre dengan komunitas fanatik di industri video game. Namun banyak yang lupa bahwa akar dari genre ini sebenarnya terletak pada game berbasis pensil dan kertas – Dungeons & Dragons, dimana gamer bisa berperan menjadi karakter apa saja dan “berpetualang” di sebuah kisah yang dibangun oleh seorang Dungeon Masters (DM). DM yang baik adalah DM yang mampu beradaptasi dengan apapun pilihan dan keputusan yang diambil oleh player, mempertimbangkan segala kemungkinan, dan kemudian menciptakan “konsekuensi” natural dari keputusan tersebut untuk menciptakan sebuah petualangan yang mulus. Video game yang mengusung genre RPG, terutama dari region barat, berusaha menyerahkan tanggung jawab DM tersebut kepada program yang mereka bangun. Dan harus diakui, tidak banyak yang berhasil.

Maka pelan tapi pasti, dengan rasa haus untuk sebuah game RPG yang benar-benar menjual sensasi role-playing yang sesungguhnya, video game pun mulai menawarkan produk-produk sejenis yang pantas untuk dibicarakan. Dari ranah fantasi misalnya, kita bertemu dengan nama-nama seperti Pillars of Eternity dan Divinity Original Sin yang memesona. Kini salah satu developer asal Estonia – ZA/UM berusaha menjajal peruntungannya dengan game RPG dengan cita rasa berbeda yang mereka sebut sebagai Disco Elysium. Sebuah game RPG dimana alih-alih bertarung melawan musuh dan berstrategi pelik dengannya, fokusnya justru ada pada cerita, proses investigasi, dan usaha untuk memahami beragam misteri yang terjadi.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Disco Elysium? Mengapa kami menyebutnya sebagai sebuah game yang keren, brilian, dan fantastis? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

(Dimainkan dan di-review dengan SI HITAM MK.I)

Plot

Disco Elysium jagatplay 6
Anda berperan sebagai polisi yang sehabis sesi mabuk berat-nya, mengalami amnesia. Ia lupa identitas dan alasan mengapa ia kini tinggal di sebuah kota bernama Revachol.

Disco Elysium adalah sebuah jenis game RPG yang salah satu keasyikannya adalah menemukan sendiri, lewat playthrough Anda, apa yang sebenarnya tengah terjadi. Oleh karena itu, kami akan berusaha sebisa mungkin meminimalisir spoiler dari sedikit sinopsis cerita yang ia usung. Yang kami berikan di sini hanyalah informasi-informasi dasar yang biasanya akan Anda dapatkan dan temukan di sesi gameplay Anda.

Anda berperan sebagai seorang anggota polisi tanpa nama yang terbangun di sebuah kamar hotel, yang berantakan dan dipenuhi botol-botol bekas minuman keras. Sang karakter utama ini sepertinya baru saja mengalami malam super gila yang bahkan membuatnya bangun dengan efek alkohol yang katastropik. Ia tidak mengenal siapa dirinya dan mengapa dirinya “terdampar” di kamar yang mulai terlihat seperti kandang babi tersebut. Ia kehilangan ingatannya, secara total. Maka selain hendak mencari tahu apa yang membuatnya berakhir di kota yang disebut Revachol ini, sang karakter utama ini juga harus membuka tabir misteri soal jati dirinya itu sendiri.

Disco Elysium jagatplay 57
Menyelesaikan kasus soal mayat yang tergantung di belakang hotel ini adalah misi utama Anda.
Disco Elysium jagatplay 141
Semuanya harus dilakukan di tengah kondisi sosial masyarakat Revachol yang tengah menegang.

Namun untungnya, bangun pagi dengan bumbu kegilaan tersebut cukup bisa dirasionalisasi berkat kedatangan sang partner investigasi – Kim Kitsuragi yang akhirnya menjelaskan setidaknya, gambaran apa yang sebenarnya tengah terjadi. Anda sepertinya menetap di Revachol selama beberapa hari terakhir untuk menyelidiki sebuah kasus pembunuhan brutal yang terjadi di belakang hotel. Sebuah mayat ditemukan tergantung di atas pohon, dengan kondisi yang mulai membusuk. Mayat yang jadi pusat pembicaraan ini disinyalir merupakan korban dari aksi amuk massal untuk sebuah motif yang butuh digali lebih dalam. Semuanya terjadi di tengah situasi Revachol yang tengah memanas, karena aksi unjuk rasa besar-besaran kaum buruh pelabuhan melawan sebuah perusahaan ekspedisi raksasa.

Seperti yang bisa diprediksi, menjadi tugas Anda untuk menyelidiki kasus pembunuhan ini. Bersama dengan teman seperjuangan Anda – Kim Kitsuragi, Anda mencurigai bahwa ada keterikatan antara kondisi politik Revachol saat ini, korban yang tergantung membusuk, dan pihak-pihak yang berkepentingan di dalamnya. Namun di sisi lain, Revachol juga memuat beragam misteri dan kasus kriminal lain yang butuh Anda selidiki. Kesemuanya dibalut dengan keinginan untuk mengembalikan ingatan Anda soal siapa Anda dan apa yang sebenarnya terjadi sebelum Anda bangun tanpa ingatan di pagi hari itu.

Disco Elysium jagatplay 123
Siapa yang sebenarnya bertanggung jawab?

Lantas, apa yang sebenarnya terjadi di Revachol? Siapa yang membunuh mayat yang tergantung brutal di atas pohon tersebut? Proses investigasi seperti apa yang harus Anda lalui? Semua jawaban dari misteri tersebut tentu saja bisa Anda dapatkan dengan memainkan Disco Elysium ini.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

January 13, 2022 - 0

Review God of War PC: Dewa di Rumah Baru!

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa Sony kini memang mulai…
December 3, 2021 - 0

Review CHORUS: “Menari” di Angkasa Luar!

Seberapa sering Anda menemukan video game yang mengambil luar angkasa…
November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…

PlayStation

December 14, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Takefumi Terada & Raio Mitsuno (FORSPOKEN)!

Datang dengan kekuatan magis yang menggoda, apalagi dengan potensi aksi…
December 13, 2021 - 0

Impresi FORSPOKEN: Gadis dengan Kekuatan Magis!

Sebuah produk yang unik, ini mungkin kata yang tepat untuk…
December 2, 2021 - 0

Review Battlefield 2042: Setengah Matang!

Bagi mereka yang mencintai FPS sebagai genre, Battlefield dari EA…
November 19, 2021 - 0

Preview Battlefield 2042: Masa Depan Tak Selalu Cerah!

Ada yang datang dengan antisipasi tinggi, tetapi tak sedikit pula…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…