Review Atelier Ryza – Ever Darkness & the Secret Hideout: Tebal Pesona!

Reading time:
November 13, 2019
Atelier Ryza jagatplay part 2 52

Seperti menemukan sebuah emas, ini mungkin ekspresi yang tepat setiap kali menemukan sebuah game JRPG yang berkualitas. Bahwa di tengah jarangnya sebuah seri baru di genre yang biasanya butuh waktu panjang untuk tidak hanya diracik, tetapi juga diselesaikan ini, hanya satu atau dua buah game saja yang memang pantas untuk dilirik. Berita baiknya? Ada beberapa franchise JRPG yang terus-menerus menelurkan seri baru, bertahan di tengah kerasnya persaingan melawan game-game yang jauh lebih mainstream. Salah satu di antaranya adalah salah satu seri Atelier dari Koei Tecmo dan Gust yang baru saja mengeluarkan seri teranyar – Ryza. Namun ada sesuatu yang istimewa di seri yang satu ini, yang membuat banyak gamer yang selama ini tidak terlalu tertarik dengan seri Atelier berakhir jatuh hati, termasuk kami.

Anda yang sudah membaca artikel preview kami sebelumnya sepertinya sudah mendapatkan sedikit gambaran apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Atelier Ryza – Ever Darkness & the Secret Hideout yang satu ini. Kami sempat menyamaratakan pesonanya seperti NieR: Automata beberapa waktu lalu, dimana kami datang karena ketertarikan visual pada desain karakter utama yang memesona, namun bertahan karena aspek lain di dalam game yang ternyata jauh lebih menggoda. Di Atelier Ryza, adiksi itu datang dari sistem crafting yang jadi fitur utama sembari menikmati mekanisme pertarungan yang ternyata punya lapisan strateginya sendiri.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Atelier Ryza – Ever Darkness & the Secret Hideout ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang punya ketebalan tersendiri dalam pesona? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Plot

Atelier Ryza jagatplay part 1 10
Anda berperan sebagai anak petani bernama Ryza yang mendambakan petualangan.

Atelier Ryza sendiri bercerita soal Ryza – seorang remaja perempuan yang memiliki mimpi besar untuk menjadi seorang petualang. Tidak ingin mengikuti jejak karir ayah dan ibunya sebagai seorang petani, Ryza selalu ingin keluar dari pulau dimana ia tumbuh besar dan mencari tahu lebih banyak soal dunia itu sendiri. Ia ditemani oleh dua sahabat baiknya  – Lent yang gagah perkasa dan Tao yang kutu buku. Keduanya mendukung apa yang hendak Ryza lakukan.

Mengumpulkan keberanian dan mempersiapkan diri, langkah pertama Ryza untuk mulai mengeksplorasi area di sekitarnya justru menjadi permulaan dari takdir yang tidak pernah ia prediksi sebelumnya. Pertemuan perdananya saat menyelamatkan seorang anak perempuan lain bernama Klaudia justru membuat garis takdir mereka bersinggungan dengan dua sosok misterius lain bernama Empel dan Lila. Kedua sosok yang begitu tertarik untuk menginvestigasi beragam reruntuhan peradaban kuno di pulau yang ditinggali oleh Ryza ini menjadi katalis untuk sepak terjang Ryza sebagai seorang pahlawan.

Atelier Ryza jagatplay part 1 24
Pertemuannya dengan pria misterius bernama Empel membuka mata Ryza soal Alchemy – bidang yang hendak ia kejar.
Atelier Ryza jagatplay part 1 123
Petualangannya membuka misteri terkait pulau yang ia huni. Ryza menemukan ancaman baru yang harus mereka waspadai.

Menjadi remaja yang sejauh ini memang tidak memiliki tujuan hidup pasti, Ryza berakhir tertarik dengan Alchemy – sebuah cabang ilmu yang dibawa oleh Empel. Maka untuk memastikan dirinya mampu menjadi seorang petualang yang mumpuni, Ryza meminta Empel untuk mengajarinya ilmu yang memungkinkan sebuah objek diracik dengan menggunakan ragam material spesifik ini. Sementara di sisi lain, Tao ini belajar lebih banyak soal bahasa kuno yang mewarnai perpustakaan keluarganya dan reruntuhan di pulau yang sama, sementara Lent ingin Lila mengajarinya ragam kemampuan bertarung untuk menjadi lebih kuat. Pelan tapi pasti, bersama dengan kemampuan Alchemy Ryza yang menyempurna, misteri pulau yang mereka tinggali juga semakin terbuka.

Seperti yang bisa diprediksi, kehidupan aman, nyaman, dan tenteram yang mereka jalani ternyata tidak seindah yang dibayangkan. Proses investigasi meyakini bahwa ada sebuah ancaman baru datang dari sudut dunia yang tidak pernah dikenali Ryza sebelumnya. Ancaman yang siap untuk menghadirkan kehancuran katastropik begitu pulau yang mereka cintai ini tidak lagi didatangi hujan dengan kemarau panjang yang menanti.

Atelier Ryza jagatplay part 2 22
Tantangan dan ancaman seperti apa yang menunggu Ryza dkk?

Lantas, ancaman seperti apa yang harus dihadapi Ryza dan kawan-kawan? Mampukah ia mengatasinya? Siapa pula sebenarnya sosok Empel dan Lila yang sebenarnya? Anda tentu saja harus memainkan Atelier Ryza ini untuk mendapatkan jawaban pasti atas pertanyaan-pertanyaan ini.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

January 13, 2022 - 0

Review God of War PC: Dewa di Rumah Baru!

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa Sony kini memang mulai…
December 3, 2021 - 0

Review CHORUS: “Menari” di Angkasa Luar!

Seberapa sering Anda menemukan video game yang mengambil luar angkasa…
November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…

PlayStation

December 14, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Takefumi Terada & Raio Mitsuno (FORSPOKEN)!

Datang dengan kekuatan magis yang menggoda, apalagi dengan potensi aksi…
December 13, 2021 - 0

Impresi FORSPOKEN: Gadis dengan Kekuatan Magis!

Sebuah produk yang unik, ini mungkin kata yang tepat untuk…
December 2, 2021 - 0

Review Battlefield 2042: Setengah Matang!

Bagi mereka yang mencintai FPS sebagai genre, Battlefield dari EA…
November 19, 2021 - 0

Preview Battlefield 2042: Masa Depan Tak Selalu Cerah!

Ada yang datang dengan antisipasi tinggi, tetapi tak sedikit pula…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…