Review Atelier Ryza – Ever Darkness & the Secret Hideout: Tebal Pesona!

Reading time:
November 13, 2019

Berburu Material Atas Nama Alchemy

Atelier Ryza jagatplay part 1 95
Alchemy adalah pondasi pengalaman Atelier Ryza.

Menjadi pondasi cerita dan gameplay, nama Atelier dan kata Alchemy adalah dua buah kata yang terikat satu sama lain dan nyaris tidak terpisahkan. Begitu pula dengan Atelier Ryza. Selain kenaikan level, satu-satunya cara untuk memperkuat Ryza dan anggota karakter pendukung yang lain adalah dengan meracik lebih banyak senjata, equipment, aksesoris, hingga Core Items untuk digunakan di pertarungan. Sistem penguatan yang kesemuanya hanya bisa dicapai dengan menggunakan Alchemy, yang tentu saja membutuhkan material-material spesifik untuk bisa dibuat. Semakin sering Anda menggunakan Alchemy, semakin tinggi level Alchemy Anda, semakin kuat pula ragam senjata, armor, aksesoris, dan Core Items yang Anda racik. Sebuah sistem progress sederhana yang tidak terlalu kompleks.

Maka kebutuhan untuk berfokus di sisi Alchemy ini membuat Anda mulai harus rajin mengumpulkan ragam material pada saat proses eksplorasi. Tidak hanya sekedar “memungut” ragam buah atau ranting yang ia dapatkan saja, Ryza juga akan diperkuat dengan beberapa peralatan seperti kapak, bomb, hingga jaring serangga untuk mendapatkan lebih banyak material yang lebih spesifik dan kuat di saat yang sama. Beberapa dari peralatan ini bahkan hanya bisa Anda racik menggunakan Alchemy, membuat proses mencari material ini bahkan lebih penting lagi atas nama untuk lebih banyak material di masa depan.

Dengan menggunakan sistem highlight yang jelas, Anda bisa menemukan objek mana saja yang bisa Anda “panen”. Kerennya lagi? Bergantung peralatan mana yang Anda gunakan, Anda bisa mendapatkan material yang berbeda-beda. Sebagai contoh? Satu pohon yang sama akan menghasilkan batang jika Anda menggunakan kapak, sarang lebah jika Anda menggunakan palu, buah bertanduk jika Anda memukulnya dengan senjata milik Ryza, dan sebagainya. Memilih untuk menggunakan peralatan yang mana akan menentukan tidak hanya material seperti apa yang Anda dapatkan, tetapi area mana saja yang bisa Anda akses, mengingat beberapa area memang menuntut material tertentu. Menariknya, Ryza juga dibatasi dan hanya bisa membawa 5 peralatan dalam satu kali waktu.

Atelier Ryza jagatplay part 1 129
Anda butuh mengumpulkan material lewat ragam perlengkapan atas nama meracik item atau equipment lebih kuat via Alchemy.
Atelier Ryza jagatplay part 1 30 1
Anda bisa menyederhanakan kata Alchemy sebagai sistem crafting.

Untungnya, tidak ada limitasi berapa banyak material yang bisa Anda simpan di basecamp Anda. Ryza memang hanya bisa membawa material yang ia panen dalam jumlah spesifik sebelum ia penuh, namun dengan fitur fast-travel yang tersedia hampir di semua situasi, selalu mudah untuk kembali ke basecamp aka Atelier Anda untuk menyimpan kesemua material tersebut. Proses Alchemy yang dalam kata lain – Crafting bisa dilakukan dengan mengakses sebuah pot yang tersedia di Atelier, yang kemudian akan secara otomatis mengakses kesemua material, item, dan equipment yang berada di ruang penyimpanan utama Anda dan bukan hanya yang dibawa Ryza di saat itu juga. Sistem ini benar-benar mempermudah Anda untuk membangun apapun yang Anda inginkan, tanpa perlu dipusingkan sistem management item yang potensial mengundang rasa frustrasi tersendiri.

Sistem Alchemy dari Atelier Ryza sendiri bisa dilihat sesederhana sebuah pohon skill di game RPG. Bahwa untuk membangun sebuah item yang mumpuni, Anda harus menyediakan material-material yang dituntut dari kategori spesifik, yang masing-masing akan berdiam di satu titik. Setiap titik kategori ini biasanya akan mempengaruhi sifat item yang dibuat, dari meningkatkan kualitas, memberikan buff permanen, hingga membuka resep baru yang biasanya merupakan peningkatan level lanjutan dari item terkait. Berapa banyak item yang bisa dilemparkan Ryza ke dalam proses alchemy setiap item akan dibatasi, yang limitasinya akan melonggar seiring dengan peningkatan level itu sendiri.

Maka, seperti yang bisa diprediksi, semakin banyak material yang Anda miliki, semakin banyak kategori yang bisa Anda isi, maka semakin mudah pula proses peracikan item via Alchemy yang di beberapa proses lebih kompleks, bahkan berkaitan satu sama lain. Untuk item-item yang perannya signifikan dalam pertempuran seperti senjata, armor, aksesoris, atau Core Items, kompleksitasnya meningkat. Pemilihan material yang hendak Anda gunakan di setiap kategori nantinya akan mempengaruhi buff seperti apa yang Anda dapatkan ketika produk final tercipta. Anda misalnya, bisa membuat sebuah senjata yang misalnya memiliki sifat yang lebih efektif saat membunuh musuh bertipe Golem atau Puni, atau sekedar memiliki sifat “Expensive” yang akan jauh lebih mahal jika Anda jual di merchant terdekat. Sebagian besar merchant di Atelier Ryza memang tidak dijadikan tumpuan untuk mencari item atau equipment kuat, lebih semata-mata mengejar stock material yang biasanya mereka rotasi secara berkala.

Maka peran penting Alchemy di Atelier Ryza pelan tapi pasti, akan membangun proses grinding yang efektif. Mengingat hampir semua objek yang Anda racik akan berperan signifikan di akhir, mencari material dengan berkeling-keliling di area-area yang sudah sempat Anda lewati sebelumnya akan jadi pemandangan yang sering Anda lakukan. Berita baiknya? Lewat sebuah katalog yang jelas, Anda bisa memeriksa material apa saja yang sudah Anda dapatkan dan di mana saja mereka bisa dicari. Sebuah ikon kecil juga akan memberikan Anda informasi secara instan resep mana saja yang bisa dikembangkan ke resep lanjutan, item mana saja yang Anda kehabisan dengan kesempatan untuk langsung melakukan proses crafting jika memang dimungkinkan, hingga masuk ke dalam kategori apa setiap item ini akan berakhir lengkap dengan semua buff dan status tambahan yang Anda suntikkan di setiap titik.

Atelier Ryza jagatplay part 1 76
Lewat ikon yang ada, Anda bisa melihat item mana saja yang bisa Anda racik atau kembangkan lebih jauh.
Atelier Ryza jagatplay part 2 26
Semakin banyak material yang Anda dapatkan, semakin efektif proses Alchemy Anda, semakin besar pula kesempatan untuk bertumbuh lebih kuat.

Tentu saja, Alchemy tidak selalu sesederhana ini. Ada beberapa fitur lain yang bisa Anda akses untuk memperkuat karakter Anda lebih jauh. Ada Forge yang berperan tak ubahnya Blacksmith,  dimana Anda bisa mengintegrasikan setidaknya tiga buah material ekstra untuk memperkuat status senjata yang sudah Anda racik, baik sekedar menambahkan sisi Attack, Defend, ataupun Support. Ada pula kesempatan untuk melebur material dan equipment yang Anda tak butuhkan untuk menjadi resource baru bernama Gem yang kemudian bisa menjadi resource ekstra untuk proses Alchemy yang lain. Gem misalnya menjadi bayaran yang Anda butuhkan untuk melakukan proses duplikasi untuk menggandakan item yang sudah Anda racik atau material yang sudah Anda dapatkan sebelumnya.

Satu fitur paling keren adalah dukungan “multiplayer” untuk proses Alchemy dimana Anda bisa menggunakan sebuah item bernama Travel Bottle untuk menciptakan sebuah dunia baru berisikan item spesifik dan musuh acak yang bisa digunakan untuk mendapatkan ragam material yang Anda butuhkan. Yang menarik adalah Anda tidak perlu menciptakannya sendiri. Anda bisa mengunjungi dunia-dunia material yang sudah diracik player lain di seluruh dunia dan “memanen” material apapun yang mereka miliki secara instan selama Anda mengetahui password mereka. Material yang langka memang memiliki syarat dan ketentuan berlaku seperti jumlah Bottle dan Gem yang lebih banyak untuk dikorbankan. Namun, ini harus diakui, adalah fitur yang keren. Fitur yang bahkan cukup untuk membuat komunitas menyediakan ragam layanan cuma-cuma untuk melakukan proses kompilasi password apa saja yang sudah tercipta dan tersedia saat ini.

Atelier Ryza jagatplay part 2 5
Lewat sebuah sistem password, Anda bisa mengunjungi dan berburu material yang sudah diciptakan oleh player lain.

Membangun karakter dan memperkuatnya dengan Alchemy yang notabene merupakan konsep crafting yang dibuat lebih kompleks memang menambah level apresiasi yang baru terhadap mekanisme yang dibangun Gust untuk Atelier Ryza ini. Mencari dan memburu material, merasakan secara langsung bagaimana karakter Anda menguat, dan terus menerus meracik resep dan senjata yang lebih mumpuni adalah sebuah proses yang memuaskan.

Kesimpulan

Atelier Ryza jagatplay part 2 46
Maka seolah membuka mata kami akan potensi Atelier sebagai sebuah game JRPG yang berkualitas, kami mulai mengerti dan memahami mengapa banyak gamer yang begitu menantikan setiap seri terbaru franchise ini.

Datang karena desain karakter utama yang super sintal, namun menetap karena pesona yang begitu tebal, tidak ada lagi kalimat yang lebih tepat lagi untuk menjelaskan apa yang berhasil dicapai Gust dan Koei Tecmo dengan Atelier Ryza ini. Bahwa sesungguhnya, ia bukanlah sebuah game JRPG yang sekedar menjual cita rasa anime yang kental dan desain karakter wanita untuk pasar yang niche saja, tetapi sebuah JRPG yang sebenarnya memuat sistem pertarungan yang solid dengan sistem crafting yang begitu adiktif. Bahwa Atelier Ryza ternyata mengandung banyak daya tarik yang membuatnya menyenangkan untuk dilihat dan dimainkan di saat yang sama.

Namun tentu saja, ia tidak sempurna. Selain desain dunia yang terbatas dan terkesan kecil, kami juga bertemu dengan salah satu boss terakhir tersulit yang pernah kami temui di sebuah game JRPG, yang cukup membuat kami dengan penuh rasa malu harus menurunkan tingkat kesulitan dari Normak ke Easy untuk bisa menundukkannya. Permasalahannya tidak terletak pada kompleksitas gerakan dan strategi boss terakhir ini, tetapi lebih ke masalah lompatan tingkat kesulitan yang cukup signifikan dibandingkan dengan boss sebelumnya dan musuh-musuh biasa yang Anda temui di area yang sama. Sepertinya jelas bahwa Atelier Ryza ingin Anda untuk menghabiskan waktu beberapa jam ekstra untuk meneruskan proses Alchemy untuk mendapatkan senjata dan item yang lebih mumpuni, sembari menyelesaikan misi sampingan yang masih tersisa. Dengan tanpa ada jaminan bahwa waktu ekstra ini bisa berujung jadi kemenangan, kami memilih jalan aman.

Maka seolah membuka mata kami akan potensi Atelier sebagai sebuah game JRPG yang berkualitas, kami mulai mengerti dan memahami mengapa banyak gamer yang begitu menantikan setiap seri terbaru franchise ini. Beberapa mungkin datang karena motivasi desain karakter wanitanya yang memanjakan mata, beberapa mungkin mencintai visual anime-nya, namun kami yakin bahwa kesemuanya akan bertahan karena adiksi pada sistem crafting dan sistem pertarungannya yang ternyata menantang. Sebuah pesona tebal yang lebih daripada sekedar “ketebalan” karakternya itu sendiri.

Kelebihan

Atelier Ryza jagatplay part 1 15
Ryza oh Ryza..
  • Desain karakter utama yang memanjakan mata
  • Sistem crafting adiktif
  • Sistem pertempuran ternyata penuh lapisan strategi
  • Kemudahan proses pengumpulan material
  • Sistem fast-travel di mana saja
  • Progress dan penguatan karakter terasa memuaskan dan pantas dikejar
  • Voice Acting Jepang yang diusung

Kekurangan

Atelier Ryza jagatplay part 2 41
Terkutulah siapapun yang mendesain boss terakhir di Atelier Ryza.
  • Cerita terlalu klise
  • Desain dunia yang terlalu terbatas dan kecil
  • Boss terakhir benar-benar sulit dan menyebalkan

Cocok untuk gamer: yang mencintai game JRPG berkualitas, mata keranjang

Tidak cocok untuk gamer: yang menginginkan kisah fantasi yang kompleks, benci dengan sistem crafting

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…
May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…

PlayStation

June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…
May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…