15 Karakter Video Game Dengan Senjata Katana Terkeren!

Reading time:
July 27, 2020
feat image

Barat dan Jepang, biasanya berujung menjadi pemisahan paling umum jika kita berbicara soal asal-muasal lahirnya sebuah video game. Terlepas dari beragam genre yang mungkin lahir darinya, gamer biasanya bisa dengan mudah membedakan mana game-game yang lahir dari developer barat (yang biasanya terkunci untuk developer dari benua Amerika dan Eropa) dan mana yang lahir dari Jepang. Ditambah dengan budaya dan sejarah yang juga seringkali diadaptasikan menjadi media kreatif lain seperti anime dan film, maka ada begitu banyak “romantisasi” serupa juga terjadi produk fiktif video game yang sekadar meminjam satu atau dua elemen populer darinya. Salah satunya? Katana.

Menjadi senjata yang seringkali salah disebut sebagai “Samurai”, katana yang secara sederhana bisa didefinisikan sebagai pedang asal Jepang yang ditempa menggunakan teknik tertentu, memang menjadi senjata yang banyak digunakan oleh karakter-karakter di video game, terutama yang lahir dari tangan developer Jepang. Katana memang selalu punya identitas sebagai senjata melee super tajam yang bisa digunakan tidak hanya untuk membelah tubuh manusia saja, tetapi beragam objek super keras yang di dunia nyata, tidak akan mudah terpotong dengan mudah. Pengkategoriannya juga bergantung pada ukuran dan panjang, yang membuat senjata Masamune milik Sephiroth dari FF VII misalnya, lebih cocok dikategorikan sebagai Nodachi daripada sebuah katana.

Lantas, dari semua karakter-karakter yang menggunakan katana sebagai senjata, mana saja yang kami kategorikan sebagai yang terkeren dari yang terkeren? Inilah daftar versi JagatPlay:

  1. William (Nioh)

william

Dengan modifikasi dan sistem equipment yang ia usung, “mengunci” kata Katana dengan sosok William – tokoh protagonis utama dari seri Nioh pertama memang sedikit terkesan dipaksakan. Namun jika melihat eksistensinya di Nioh kedua dan beberapa cut-scene yang mengemuka, sepertinya aman untuk menyebut bahwa katana adalah senjata yang secara canon, memang digunakan oleh Williams. Melihat seorang karakter caucasian yang menguasai teknik serang menggunakan pedang mematikan ini selalu menjadi pemandangan yang pantas diacungi jempol. Apalagi ia menggunakannya dengan stance yang tidak pernah gagal, tampil gagah.

  1. Subject Zero (Katana Zero)

katana zero

Kenikmatan melihat karakter utama bersenjatakan katana tidak hanya terbatas pada game-game AAA yang menggunakan visualisasi realistis saja sebagai basis. Setiap gamer yang sempat melihat aksi super cepat sang Subject Zero di Katana Zero sepertinya siap mengamini apa yang kami bicarakan. Visualisasi pixel-art yang ia usung tidak menghalangi apresiasi pada gerak animasi serang dan efek yang dihasilkan oleh katana yang ia bawa. Salah satu efek yang memperkuat kerennya aksi katana yang ia bawa tidak hanya muncul dari beragam jurus berbasis waktu yang bisa ia eksekusi, tetapi juga efek yang ia hasilkan dari cipratan darah musuh yang “menghiasi” dinding stage bagaikan cat merah yang indah.

  1. Ryu Hayabusha (Ninja Gaiden)

ryu hayabusha

Menjadi seorang ninja, secara rasional, seharusnya membuat Anda berperan sebagai pembunuh berbasis stealth yang lebih banyak bermain di kegelapan daripada terang. Namun identitas yang satu ini tidak lagi membungkus dan menghalangi developer game untuk mengeksplorasi konsep ninja ke arah yang berbeda. Salah satunya datang dari pendekatan modern Ninja Gaiden yang justru terkenal lewat aksi pedang dan beragam jurus yang bisa dieksekusi seorang Ryu Hayabusha. Seperti yang bisa diprediksi, kepala dan bagian tubuh yang lain hanya sekadar korban aksi mutilasi yang tertunda.

  1. Thanatos (Persona 3)

thanatos

Hampir sebagian besar karakter yang kami sajikan di sini memang berujung pada karakter-karakter manusia yang menggunakan katana sebagai senjata utama. Oleh karena itu, status Thanatos dari Persona 3 terhitung istimewa. Kita berbicara soal desain “monster” super keren yang punya porsi penting dalam cerita dan gameplay yang kebetulan, seperti karakter yang memicunya, memilih pedang asal Jepang ini sebagai “ujung tombak” untuk menghabisi monster manapun yang berani menghalangi, dan pada akhirnya, berujung menyelamatkan dunia. Sedikit unik dan menggugah melihat sebuah monster indah yang tampaknya tak sulit untuk menghancurkan dunia jika ia menginginkannya, memilih katana sebagai senjata di tangan.

Tags:

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…