Review Captain Tsubasa – Rise of New Champions: Bola adalah Teman!

Reading time:
August 27, 2020

Anda – Sang Pahlawan

Captain Tsubasa Rise of New Champions jagatplay 74
Untuk kiprah kelas dunia, cerita akan disajikan dari kacamata karakter avatar racikan Anda sendiri.

Satu bagian paling mengejutkan dari pengalaman kami bersama dengan Captain Tsubasa: Rise of New Champions adalah betapa kami menikmati mode cerita sebagai tim muda Jepang yang di dalamnya, memuat karakter avatar Anda sebagai “karakter utama”, alih-alih Tsubasa atau Hyuga. Rasa jatuh hati sudah mengemuka di awal ketika melihat betapa luasnya fitur kustomisasi penciptaan karakter yang ia usung, yang bahkan memungkinkan kami meracik karakter dengan kacamata permanen yang tentu saja absurd untuk dikenakan di sebuah game sepakbola. Namun yang membuatnya adiktif adalah kesempatan untuk membuatnya tumbuh dan berkembang.

Walaupun di setiap pertandingan di mode ini akan meminta Anda untuk mengendalikan keseluruhan tim, namun kesempatan karakter avatar Anda untuk berkembangkan akan sangat ditentukan oleh seberapa efektif peran pribadinya di lapangan. Semakin banyak bola yang ia tackle, semakin banyak passing lolos yang ia eksekusi, semakin banyak gol yang ia cetak, semakin tinggi pula jumlah points yang akan ia dapatkan di akhir pertandingan – yang kemudian berkontribusi pada menguatnya beberapa atribut yang akan membuat peran utamanya yang Anda pilih di awal permainan, semakin efektif. Anda bisa melihat bagaimana karakter yang Anda racik ini, pelan tapi pasti, mulai punya peran esensial di dalam tim untuk meraih kemenangan.

Captain Tsubasa Rise of New Champions jagatplay 67
Semakin “rajin” Anda di lapangan, semakin besar peningkatan atribut Anda.
Captain Tsubasa Rise of New Champions jagatplay 75
Pilih pertemanan yang ingin Anda jadikan fokus, dan akan berkesempatan “mencuri” skill dari mereka.
Captain Tsubasa Rise of New Champions jagatplay 86
Kepuasan saat Anda berhasil mempelajari Tiger Shot!

Tidak cukup sampai di sana saja, Anda juga punya tugas pertemanan yang akan membantu Anda berkembang makin pesat. Menggunakan sistem kartu yang nantinya akan Anda pilih, setiap kemenangan dan aksi spesifik akan membuat level kedekatan Anda dengan karakter tertentu akan kian tinggi. Jika berhasil mencapai angka tertentu, mereka akan mengajarkan trik tertentu untuk Anda gunakan nantinya. Contohnya? Dengan Hyuga. Jika Anda terus memilih untuk menarik perhatian Hyuga lewat sistem kartu ini, Anda bisa berujung diajari “Tiger Shot” ikoniknya yang tentu akan membuat Anda semakin tajam di lini depan. Kerennya lagi? Ia juga disajikan lewat dialog-dialog ekstra nan personal yang tentu saja akan berperan sebagai cerita original yang tidak ada di versi anime / manga yang ada. Lewat sistem yang sama pula, Anda bisa mempelajari elemen skill lain yang berperan bak buff pasif yang bisa Anda pasangkan dengan efek yang terkadang bisa mempengaruhi performa keseluruhan tim.

Asyiknya juga, performa Anda sebagai pemain yang notabene berkontribus pada tim di akhir, akan mempengaruhi performa tim secara keseluruhan yang nantinya, juga akan diberi nilai. Semakin tinggi nilai performa Anda sebagai tim, semakin besar pula jumlah Points yang bisa Anda distribusikan ke pemain Avatar Anda sekaligus mempercepat proses penguatan untuk karakter-karakter ikonik lain yang bermain di satu tim yang sama. Melihat karakter Avatar Anda menguat, sembari melakukan aksi cabut pasang jenis serangan dan skill pasif yang bisa ia bawa, secara mengejutkan ternyata berujung memuaskan. Ia juga memberikan lapisan tambahan kesibukan di atas sekadar menikmati pertandingan dan menyelesaikannya sebaik mungkin. Belum cukup? Beberapa karakter bahkan menawarkan misi spesial yang menghadirkan syarat dan ketentuan berlaku untuk Anda penuhi di pertandingan, tentu saja dengan reward yang sepadan.

Captain Tsubasa Rise of New Champions jagatplay 103
Ekstra item kosmetik dan kartu untuk memicu pertemanan bisa Anda kejar di sini.
Captain Tsubasa Rise of New Champions jagatplay 102
Semuanya tanpa microtransactions!!

Dengan semua sistem yang ia usung, seperti kartu untuk fitur persahabatan dan item sekali pakai untuk memperkuat karakter dan tim Anda di setiap pertandingan yang dilalui, Captain Tsubasa: Rise of New Champions sebenarnya punya peluang untuk dieksploitasi lebih jauh dan karenanya, melahirkan sistem microtransactions di atas. Untungnya, dengan penuh rasa lega hati, kami mengumumkan bahwa Captain Tsubasa: Rise of New Champions datang tanpa microtransactions sama sekali! Benar sekali, ia tidak akan menuntut uang nyata sedikit pun dari dompet Anda untuk hanya memastikan tim Anda berujung lebih kuat. Semua sistem upgrade, baik untuk karakter dan tim, termasuk aksi sistem racik tim dan juga pertarungan di mode online, kesemuanya bisa dibangun menggunakan resource yang tersedia dalam in-game. Tidak ada microtransactions di sini!

Kesimpulan

Captain Tsubasa Rise of New Champions jagatplay 36
Mereka sepertinya memahami apa yang diinginkan gamer-gamer dari sebuah game sepakbola fantasi seperti ini dan kemudian menghadirkan eksekusi sepenuh hati untuk memastikan ia tetap berfungsi sebagai aksi tendang bola penuh drama di dalamnya.

Memuaskan sebuah rasa dahaga yang sudah terbangun cukup lama, Captain Tsubasa: Rise of New Champions berhasil memenuhi perannya dengan begitu baik. Bahwa kerinduan untuk sebuah game sepakbola yang penuh dengan jurus-jurus super gila yang didramatisasi dengan super menawan berhasil dicapai oleh Tamsoft dan Bandai Namco, sembari mengusung sensasi seru dan menyenangkan. Semuanya dicapai dengan memerhatikan saksama sang sumber materi dan mengeksekusinya dengan akurasi yang pantas untuk diacungi jempol. Kerennya lagi? Selain hadir tanpa microtransactions, mereka juga memastikan bahwa kesemua sisi presentasi tersebut tidak lantas mengacaukan flow pertandingan itu sendiri. Semuanya terasa natural, semuanya terasa intuitif.

Tetap tentu saja, ia bukanlah game yang sempurna. Jika dibandingkan apa yang ia tawarkan untuk para penikmati manga / anime Tsubasa di seluruh dunia, apa yang kami keluhkan memang terhitung kelemahan kecil. Pertama? Komentator. Untuk sebuah game sepakbola dengan hype tinggi, isi komentar yang bisa disajikan terasa begitu terbatas dan mudah terasa repetitif. Bahwa yang sekadar berbeda hanyalah penyebutan nama setiap pemain di lapangan, namun diisi dengan kalimat dan intonasi yang begitu datar dan berulang. Kedua? Sistem kamera. Kamera tidak cukup luas untuk memberikan kemawasan soal tata letak pemain Anda berbanding dengan bola, terutama saat bertahan. Ketiga? Tentu saja AI teman dalam satu tim. Salah satu yang paling menyebalkan datang dari absennya kedisiplinan pada posisi, yang terkadang membuat pemain bertahan anehnya bisa bergerak dan terus aktif di lapangan tengah tanpa alasan yang jelas.

Namun di luar kelemahan tersebut, kami menikmati dan bersenang-senang dengan apa yang berhasil ditawarkan oleh Tamsoft dan Bandai Namco dengan Captain Tsubasa: Rise of New Champions ini. Mereka sepertinya memahami apa yang diinginkan gamer-gamer dari sebuah game sepakbola fantasi seperti ini dan kemudian menghadirkan eksekusi sepenuh hati untuk memastikan ia tetap berfungsi sebagai aksi tendang bola penuh drama di dalamnya.

Kelebihan

Captain Tsubasa Rise of New Champions jagatplay 91
Arc yang diusung menawarkan waktu gameplay cukup panjang.
  • Animasi serangan spesial memanjakan mata
  • Tiap anggota tim terasa unik dan punya kelebihan berbeda-beda
  • Dialog diisi dengan voice-acting
  • Arc cerita yang menawarkan waktu gameplay cukup panjang
  • Aksi bangun karakter avatar cukup adiktif
  • Sensasi pertandingan yang seru dan menyenangkan
  • Kontrol intuitif dengan flow pertandingan tetap terjaga
  • Tanpa Microtransactions

Kekurangan

Captain Tsubasa Rise of New Champions jagatplay 98
Anda akan sering bertemu dengan posisi AI teman yang berada di lokasi dimana mereka tidak seharusnya berdiri atau berlari.
  • Komentator terlalu repetitif dan gagal memberikan nilai tambah
  • Sistem kamera tidak cukup jauh untuk menyediakan informasi lebih baik
  • AI teman tidak disiplin posisi hingga memicu rasa frustrasi
  • Musik tidak memorable

Cocok untuk gamer: penikmat sepakbola fantasi, yang sudah bosan dengan sekadar FIFA / PES

Tidak cocok untuk gamer: yang menginginkan sensasi realistis, menginginkan sensasi kompetitif yang serius

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

August 10, 2022 - 0

Review Marvel’s Spider-Man Remastered PC: Siap Kembali Berayun!

Marvel's Spider-Man Remastered akhirnya tersedia di PC. Apa saja yang…
August 2, 2022 - 0

Review Beat Refle: Pijat Refleksi Super Seksi!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Beat Refle ini? Mengapa kami…
July 22, 2022 - 0

Review As Dusk Falls: Ini Baru Game Drama Berkualitas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh As Dusk Falls ini?…
June 28, 2022 - 0

Review My Lovely Wife: Pilih Istri atau Iblis-Iblis Seksi!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Wife ini?…

PlayStation

August 15, 2022 - 0

Review Digimon Survive: Seru Iya, Bosan Juga Iya!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Digimon Survive? Mengapa kami menyebutnya…
July 18, 2022 - 0

Review STRAY: Kocheng Oren Mah Bebas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh STRAY? Mengapa kami menyebutnya…
March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…
March 23, 2022 - 0

Review Ghostwire – Tokyo: Berburu Setan Jepang!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghostwire: Tokyo ini? Mengapa…

Nintendo

August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…