CDPR Terseret Kontroversi “Crunch” untuk Cyberpunk 2077

Reading time:
September 30, 2020
cyberpunk 2077

Crunch adalah budaya yang tidak “terpisahkan” untuk proses pengembangan game AAA dan seringkali dilihat sebagai sesuatu yang buruk. Bahwa untuk merampungkan game yang mereka racik dan memastikannya hadir semulus dan sesempurna mungkin, “Crunch” – yang notabene merupakan istilah lembur berlebihan yang harus diambil oleh karyawan untuk memastikan hal ini terjadi – memang jadi opsi yang seringkali dipilih. Dengan berpotensi membawa level kelelahan karyawan, baik secara jasmani ataupun rohani, ke level yang ekstrim, banyak developer yang berjanji untuk mulai menguranginya. Salah satunya? CD Projekt Red untuk proses pengembangan Cyberpunk 2077. Namun janji yang sempat mereka utarakan di tahun 2019 tersebut, berujung dilanggar.

Dalam laporan terbaru jurnalis gaming ternama – Jason Schreier untuk Bloomberg, CD Projekt Red disebut-sebut mengingkari janji anti-crunch yang sempat mereka utawarkan di tahun 2019 yang lalu. Lewat sebuah email untuk staff yang berhasil ia “amankan”,  Studio Head – Adam Badowski kini resmi menginstruksikan karyawan CDPR untuk masuk fase Crunch demi membersihkan beragam bug dan glitch di dalam Cyberpunk 2077 demi menyambut tanggal rilis yang semakin dekat. Badowski di dalam email yang sama juga mengaku siap menerima konsekuensi dari keputusan ini terlepas dari janji yang sempat dilontarkan. Ia menyebut bahwa tidak ada lagi opsi lain yang tersedia saat ini.

“Crunch” memang selalu menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Walaupun lembur para karyawan ini tetap dibayar oleh perusahaan, namun fakta bahwa ia “harus dilakukan” dan seringkali berpengaruh pada rutinitas hidup luar kerja karyawan selalu mengundang kontroversi tersendiri. Apalagi ia juga seringkali dijadikan bukti kegagalan management untuk mengatur jadwal pengembangan dan bukan kelalaian dari karyawan itu sendiri.

Cyberpunk 2077 sendiri rencananya akan dirilis pada tanggal 19 November 2020 mendatang untuk Playstation 4, Xbox One, Google Stadia, dan tentu saja – PC. Versi next-gen untuk Xbox Series dan Playstation 5 baru akan meluncur di tahun 2021 mendatang untuk tanggal yang belum ditentukan. Bagaimana menurut Anda soal budaya crunch di industri gaming ini?

Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 21, 2021 - 0

Review Guilty Gear Strive: Wangi Kemenangan!

Sepak terjang Arc System Works di genre game fighting memang…
June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…