Microsoft Tetap Hargai Kerjasama Eksklusif Deathloop dan Ghostwire Tokyo dengan Playstation

Reading time:
September 22, 2020
ghostwire tokyo

Mengejutkan bahkan bukan lagi reaksi yang cukup untuk menjelaskan apa yang dirasakan bayak gamer ketika membaca berita gila kemarin malam. Tanpa ada kabar burung sebelumnya, Microsoft tiba-tiba mengumumkan proses akuisisi senilai USD 7,5 Miliar atau sekitar 111 Triliun Rupiah atas Zenimax Media. Untuk Anda yang tidak terlalu familiar, Zenimax Media merupakan induk perusahaan dari developer kelas atas seperti Bethesda, id Software, Arkane Studios, Tango Gameworks, hingga MachineGames yang juga membuat Microsoft kini resmi menjadi “pemilik” semua franchise yang mereka bawahi. Lebih mengejutkan lagi? Semuanya terjadi ketika selama beberapa bulan terakhir, Sony dan Playstation mempromosikan “ekskluvitas” untuk beberapa judul dari Zenimax.

Seperti yang kita tahu, sempat terlihat di setidaknya dua showcase terakhir game Playstation 5, Sony memang terlihat bekerjasama erat dengan Deathloop dari Arkane dan Ghostwire Tokyo dari Tango Gameworks, yang kini berdiri di bawah bendera Microsoft. Apakah ini berarti kerjasama ini akan berujung dibatalkan? Ternyata tidak. Berbicara dengan wartawan Bloomberg – Dina Bass, Phil Spencer menegaskan bahwa mereka tetap akan menghargai kerjasama “eksklusif” yang sudah ditetapkan antara Deathloop dan Ghostwire Tokyo untuk Playstation. Sementara untuk proyek di masa depan, Microsoft akan menentukan kebijakan eksklusivitas game-game Zenimax berdasarkan kasus per kasus, alih-alih memukul rata kebijakan tersebut.

Bethesda sendiri saat ini tengah sibuk mengembangkan Starfield yang sejauh ini, memang masih belum menampakkan gameplay perdana. Sementara di sisi lain, proses akuisisi ini juga mengkonfirmasikan kehadiran game-game dari Zenimax Media untuk Xbox Game Pass di masa depan, yang kian membuat layanan langganan ini semakin menggoda. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda termasuk gamer yang melihat proses akuisisi Microsoft atas Zenimax sebagai berita baik atau buruk?

 

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…