Review Assassin’s Creed Valhalla: Saga Sang Penjarah!

Reading time:
December 4, 2020
Assassins Creed Valhalla jagatplay 1

Tidak lagi mengusung sistem rilis tahunan dan memberikan sedikit ruang napas bagi tim developer untuk meracik seri terbaru memang memberikan kontribusi yang positif bagi franchise populer milik Ubisoft – Assassin’s Creed. Inovasi yang ditelurkan lewat seri Origins beberapa tahun yang lalu, terutama lewat pendekatan visual dan mekanik yang lebih kental ke action RPG ternyata disambut positif oleh banyak gamer. Angka penjualan fantastis menjadi bukti nyata, yang kemudian diikuti dengan lebih banyak Assassin’s Creed yang mengusung konsep yang serupa. Yang terbaru siap membawa Anda ke perjalanan bangsa Viking yang tentu saja, juga menawarkan beberapa hal baru di dalamnya. Benar sekali, kita tengah bicara soal Assassin’s Creed Valhalla.

Anda yang sudah sempat membaca artikel preview kami sebelumnya sepertinya sudah memiliki gambaran soal apa yang ditawarkan oleh seri Assassin’s Creed Valhalla ini. Untuk mewakili sepak terjang bangsa Viking yang memang sempat “singgah” di Inggris tersebut, Valhalla menawarkan sistem settlement yang kini menjadi basis gameplay loop. Bahwa alih-alih sekadar berpetualang dan menjalankan misi pembunuhan atas nama cerita, Anda kini punya “rumah” yang bisa Anda kembangkan. Lewatnya pula, beberapa event penting, baik yang diposisikan sebagai cerita utama ataupun sampingan bisa mengemuka. Valhalla juga membawa kembali kesempatan untuk melakukan aksi one-hit kill saat melakukan assassination, fitur yang sempat hilang di seri sebelumnya.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Assassin’s Creed Valhalla ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai seri yang siap membawa Anda masuk ke dalam saga sang penjarah? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Plot

Assassins Creed Valhalla jagatplay part 2 79
Anda akan berperan sebagai Eivor – pejuang Viking yang berusaha membangun rumah baru di Inggris.

Seperti di seri masa lalu, cerita Assassin’s Creed Valhalla berpusat pada dua karakter yang saling terhubung satu sama lain. Di era modern adalah Layla Hassan yang terus mencari solusi terkait masalah gelombang elektromagnetik bumi yang berpotensi menghasilkan kiamat kecil yang baru. Kembali menggunakan Animus, kali ini ia akan menjelajahi hidup seorang pejuang Viking bernama Eivor yang diyakini, memiliki kunci solusi untuknya.

Eivor sendiri adalah seorang pejuang Viking yang diangkat anak oleh Styrbjorn – salah satu raja klan di Norwegia yang juga memiliki anak laki-laki lain, Sigurd. Kecewa dengan keputusan sang ayah yang memutuskan untuk menyerah pada raja baru atas nama damai alih-alih berperang, Sigurd pun mengajak Eivor untuk memulai kerajaan mereka sendiri di Inggris. Beranggotakan para anggota klan yang berbagi sentimen yang sama, Sigurd juga ditemani oleh duo Assassin – Bashim dan Hytham yang hadir sebagai teman sejak petualangannya di Konstantinopel. Namun seperti yang bisa diprediksi, perjalanan  mencari dan membangun “rumah” baru ini tidaklah mudah.

Assassins Creed Valhalla jagatplay part 2 87
Menjadi tangan kanan Sigurd, Eivor diberi kepercayaan untuk memperkenalkan klan mereka ke kerajaan di sekitar atas nama aliansi damai.
Assassins Creed Valhalla jagatplay 74
Di sisi lain, Eivor juga dihantui ramalan bahwa di satu titik, ia akan mengkhianati Sigurd.

Sebagai tangan kanan andalan Sigurd, menjadi tugas Eivor untuk memastikan bahwa proses ini berjalan selancar dan sedamai mungkin. Aksi lobi untuk mengunjungi kerajaan-kerajaan kecil di sekitar settlement atas nama mencari dukungan, sekaligus memperkenalkan diri, menjadi tanggung jawab Eivor. Namun di sisi lain, Eivor juga harus berhadapan dengan sebuah konflik internal yang tidak bisa ia kesampingkan begitu saja. Sang peramal dalam klan – Valka sejak awal sudah memperingatkan Eivor bahwa di satu titik dalam perjalanannya, ia akan berujung mengkhianati Sigurd, saudara angkatnya sendiri. Perjalanan Eivor juga pelan tapi pasti mengungkap eksistensi sebuah organisasi belakang layar yang sepertinya punya misinya sendiri di setiap kerajaan.

Assassins Creed Valhalla jagatplay part 2 31
Bagaimana saga Eivor ini menyatu dalam semesta cerita Assassin’s Creed?

Lantas, tantangan seperti apa yang harus dihadapi oleh Eivor? Apakah ia memang akan berakhir mengkhianati Sigurd? Mampukah settlement ini berujung tumbuh dalam kedamaian? Bagaimana cerita ini kemudian terikat pada konsep Assassin – Templar itu sendiri? Semua jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini akan Anda dapatkan dengan memainkan Assassin’s Creed Valhalla.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

January 13, 2022 - 0

Review God of War PC: Dewa di Rumah Baru!

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa Sony kini memang mulai…
December 3, 2021 - 0

Review CHORUS: “Menari” di Angkasa Luar!

Seberapa sering Anda menemukan video game yang mengambil luar angkasa…
November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…

PlayStation

December 14, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Takefumi Terada & Raio Mitsuno (FORSPOKEN)!

Datang dengan kekuatan magis yang menggoda, apalagi dengan potensi aksi…
December 13, 2021 - 0

Impresi FORSPOKEN: Gadis dengan Kekuatan Magis!

Sebuah produk yang unik, ini mungkin kata yang tepat untuk…
December 2, 2021 - 0

Review Battlefield 2042: Setengah Matang!

Bagi mereka yang mencintai FPS sebagai genre, Battlefield dari EA…
November 19, 2021 - 0

Preview Battlefield 2042: Masa Depan Tak Selalu Cerah!

Ada yang datang dengan antisipasi tinggi, tetapi tak sedikit pula…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…