Review Playstation 5 (Software): Indah, Elegan, Cepat!

Reading time:
February 20, 2021
Playstation 5 UI jagatplay 8

Diskusi terkait konsol generasi terbaru memang lebih banyak didominasi soal performa. Seberapa besar peningkatan performa yang ditawarkan dibandingkan generasi sebelumnya, seberapa signifikan perbedaan visualnya, dan fitur apa saja yang dijadikan sebagai fitur andalan untuk mendefinisikannya. Padahal, ada satu hal yang tidak kalah penting jika berbicara soal konsol generasi terbaru ini. Benar sekali, “User Interface”. Ini jugalah yang jadi fokus Sony di Playstation 5 mereka.

Berbeda dengan pendekatan sang kompetitor utama – Xbox Series X yang notabene masih mempertahankan UI mereka dari Xbox One, namun memberikan pengalaman yang lebih cepat berkat implementasi teknologi hardware yang baru, Sony memutuskan untuk melakukan rombak ulang untuk keseluruhan user-interface Playstation 5. Tentu saja bersama dengan perubahan desain perangkat lunak tersebut, ada fitur yang kini disuntikkan untuk beradaptasi dengannya tetapi juga sayangnya, fitur yang hilang juga dari Playstation 4.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh user-interface Playstation 5 dan ragam fitur baru yang ia usung? Mengapa kami menyebutnya sebagai sesuatu yang indah, elegan, dan cepat? Review kali ini akan berfokus membahas sisi perangkat lunak yang satu ini.

Indah, Elegan, Cepat

Playstation 5 UI jagatplay 34
Menu kini terletak di bagian kiri atas, dengan presentasi wallpaper definisi tinggi dan musik game yang Anda pilih mendominasi sisa layar.

Tidak butuh waktu lama untuk memahami dan mengerti bahwa untuk konsol generasi terbaru ini, Sony memang mengubah total tampilan UI untuk Playstation 5. Sistem berbasis kotak dengan icon game yang berjejer dari era Playstation 4 sebenarnya tetap dipertahankan di sini.

Yang membuatnya berbeda? Ikon tersebut kini diposisikan jauh lebih kecil dan diletakkan di bagian kiri atas. Ia tidak lagi mendominasi layar namun tetap punya ukuran yang tetap bisa dilihat jelas dari kejauhan. Sisa layar kini didominasi oleh “wallpaper” masing-masing game yang Anda highlight sementara, lengkap dengan OST khusus masing-masing game ini yang akan otomatis mengalun. Menu utama kini juga sudah, mendukung HDR.

Konsekuensi dari sistem yang baru ini adalah absennya dukungan Theme dari era Playstation 4 untuk Playstation 5 saat ini. Dengan wallpaper masing-masing game yang mendominasi, fungsi “Theme” yang akan menguncinya hanya pada satu game / tema saja tentu tidak lagi relevan. Ini berarti semua konten Theme yang sudah Anda kumpulkan di era Playstation 4, baik yang cuma-cuma ataupun berbayar (sebagai bonus ataupun Anda beli terpisah) tidak akan bisa digunakan di Playstation 5. Untuk saat ini, Sony belum membicarakan apakah konsep Theme ini akan kembali di Playstation 5 ataukah ada kompensasi setara untuk mereka yang hobi mengumpulkan Theme di generasi sebelumnya.

Control 1
Ini berarti Playstation 5 juga kehilangan fungsi “Theme” dari PS4.
Playstation 5 UI jagatplay 15
“Games” dan “Media” kini dipisah ke dua kategori berbeda.

Satu yang menarik dari pendekatan Sony dengan Playstation 5 adalah keputusan untuk membagi sesi “Games” dan “Media” ke dalam dua layar berbeda. Games seperti namanya, akan berisikan ragam perangkat lunak aka video game yang bisa Anda mainkan, sementara Media difokuskan pada aplikasi-aplikasi media di luar video game, seperti Netflix hingga Amazon Prime. Ini berarti, Anda yang sekadar ingin memanfaatkan Playstation 5 sebagai “mesin tonton” untuk sementara waktu, tidak perlu lagi pusing mencari aplikasi yang Anda butuhkan. Menariknya lagi? Konten-konten media berbasis VR yang bisa Anda putar via Playstation VR, seperti konser Utada Hikaru yang sempat tersedia misalnya, akan muncul di bagian Media alih-alih Games.

Salah satu perubahan yang akan bisa Anda rasakan secara signifikan, bahkan bergerak dari Playstation 4 Pro sekalipun, adalah kecepatan navigasi yang jauh lebih mulus, berkat implementasi teknologi SSD untuk Playstation 5. Kita bicara soal kecepatan di segala sektor, dari inisiasi hidup konsol dari posisi mati total atau “Rest Mode”, hingga sekadar navigasi bolak-balik dari kotak-kotak video game  yang tersedia sejauh ini berjalan super lancar. Gamer yang sempat menikmati Playstation 4 tentu sempat mengalami situasi dimana menu selalu berhenti sementara waktu setiap kali Anda melakukan navigasi yang terlalu cepat. Anda tidak akan lagi merasakan hal tersebut di Playstation 5, bahkan dengan gambar definisi tinggi yang menikmati tiap ikon yang ada. Integrasi ragam informasi terkait game yang Anda highlight, dari DLC hingga aksi streaming yang dilakukan oleh user lain akan langsung tersedia langsung di bawah game yang dimaksud.

Gamer yang berangkat dari Playstation 4 memang akan membutuhkan setidaknya beberapa jam di awal untuk membiasakan diri soal implementasi UI baru Playstation 5. Mengapa? Karena hampir semua posisi ikon dan fungsi yang tersedia di Playstation 4 kini akan menempati posisi baru di Playstation 5. Sebagai contoh? Trophies. Anda yang penasaran soal Trophies kini harus mengaksesnya via foto profile Anda di bagian teratas. Daftar Trophy yang sudah dan belum Anda dapatkan kini disajikan dalam bentuk mendatar alih-alih baris seperti sebelumnya. Berita buruknya? Tidak sesederhana dan secepat opsi untuk mendapatkan informasi Trophy rahasia seperti di versi PS4, Anda butuh satu ekstra menu lagi untuk mengaksesnya, yang terkadang, menjengkelkan.

Playstation 5 UI jagatplay 36
Menahan tombol Playstation di DualSense kini akan memicu fungsi baru bak barisan menu di layar kedua ala Playstation 4.
Playstation 5 UI jagatplay 29
Trophy kini disajikan dalam bentuk mendatar.

Perubahan lain yang harus Anda biasakan adalah fungsi tombol Playstation di bagian tengah DualSense. Di masa lalu, menahannya akan memberikan Anda akses dalam bentuk daftar di bagian kiri. Sementara untuk Playstation 5? Ia akan membuka dua hal penting. Pertama, adalah beragam fungsi yang mirip dengan menu kedua Playstation 4 pada saat Anda menekan tombol atas. Anda bisa mengakses audio, friends, dan fungsi lain bernama “Switcher”. Di sini Anda bisa melihat game dan aplikasi apa saja yang baru Anda akses terakhir dan Anda bisa langsung berganti ke sana jika Anda menginginkannya. Namun perlu diingat, ini tidak berfungsi layaknya fungsi “Quick Resume” di Xbox Series dimana beberapa game bisa berjalan di belakang layar untuk ganti Anda secara instan. “Switcher” di sini hanya berperan bak history game dan app yang baru Anda buka, yang jika Anda akses, maka tetap butuh inisiasi loading kembali dari awal.

Fungsi kedua dan baru adalah sebuah fungsi yang disebut Playstation sebagai “Card”. Berbentuk kotak besar yang berbaris di bagian bawah layar, “Card” adalah beragam fungsi instan yang diracik sedemikian rupa untuk memberikan informasi dan menawarkan fungsi spesifik untuk setiap game yang Anda mainkan. Sesuatu yang akan kita bahas selanjutnya.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…