Review Outriders: Loot-Shooter Memuaskan!

Reading time:
April 20, 2021

Sistem Loot Fantastis

Outriders jagatplay part 1 70
Game looter-shooter yang berfokus menawarkan loot memuaskan? Inilah yang menjadi daya tarik Outriders!

Namun untungnya, Outriders mengeksekusi satu hal paling esensial dari identitasnya dengan baik. Benar sekali, kualitasnya sebagai sebuah game looter-shooter yang tentu saja mengakar, pada penanganan sistem loot yang harus diakui, fantastis. Salah satu alasan mengapa kami jatuh hati pada game yang satu ini terlepas dari beragam kekurangan yang ia usung.

Seperti yang sempat kami bicarakan sebelumnya, loot di Outriders datang dengan beragam kelangkaan. Semakin langka ia, semakin kuat pula senjata tersebut dari sisi status dengan dua buah perk langka yang biasanya tidak hanya membuat mereka lebih efektif sebagai mesin pembunuh, tetapi juga menawarkan ragam efek buff / debuff yang siap untuk membuat perjalanan Anda lebih mudah. Seperti game loot shooter modern pula lah, loot yang jatuh akan selalu berkaitan dengan kelas karakter yang Anda pilih. Ini berarti, Anda tidak akan mendapatkan loot yang berujung tidak akan Anda pertimbangkan karena memang tidak berguna sama sekali.

Salah satu hal  yang fantastis dari Outriders adalah bagaimana mereka menawarkan begitu banyak ragam opsi untuk mendapatkan dan memperkuat loot, alih-alih hanya mengandalkan RNG saja. Ingin mengejar loot lebih langka? Beberapa misi sampingan biasanya akan menghadiahi Anda senjata dan equipment yang lebih kuat, dengan beberapa yang sulit bahkan akan langsung memberikan Anda senjata-senjata Legendary yang begitu berharga. Merasa bahwa loot yang baru Anda dapatkan tidak sesuai dengan apa yang Anda inginkan? Tenang saja, ada banyak cara memodifikasinya. Dengan resource yang Anda dapatkan dari pertempuran atau hasil melebur equipment yang tidak lagi Anda perlukan, Anda bisa melakukannya.

Outriders jagatplay part 2 8
Tidak selalu RNG, loot keren juga datang sebagai reward pasti dari beberapa misi yang Anda selesaikan.
Outriders jagatplay part 2 55
Ada opsi untuk memperkuat, memodifikasi, dan mendapatkan loot-loot berharga tanpa harus selalu jatuh pada RNG saja.

Opsi modifikasi inilah yang membuat sistem loot Outriders bersinar. Oh, Anda tidak suka bagaimana Assault Rifle yang Anda dapatkan ternyata bertipe Burst dan bukannya Automatic? Tenang saja, ada opsi mengubahnya. Anda tidak suka dengan salah satu di antara 2 perk yang tersedia di senjata Legendary yang baru Anda dapatkan? Anda bisa mengubahnya. Anda baru saja memikirkan kombinasi 2 perk yang terdengar imbalance dan mematikan? Tenang, Anda juga bisa melakukannya. Oh, Anda jatuh cinta pada satu jenis senjata di level rendah dan sekarang ini membuatnya punya level setara dengan karakter Anda? Anda juga bisa melakukannya. Ingin membuat equipment Anda kini memberikan buff lebih mumpuni? Bisa. Ingin membuat level kelangkaan kini naik dan karenanya memuat lebih banyak perk? Anda juga bisa melakukannya. Ingin memasangkan perk dari senjata lain untuk dipasangkan ke senjata favorit Anda? Ada opsi juga untuk itu.

Outriders mempertimbangkan kebutuhan banyak gamer, memfasilitasi hal tersebut, dan memastikan bahwa satu-satunya cara untuk mendapatkan senjata dan equipment terbaik tidak datang hanya dari RNG saja. Keputusan yang pantas untuk diapresiasi. Masih belum cukup? Ia juga menyediakan ruang bagi Anda yang tidak bermasalah untuk terlibat dalam aksi grinding. Hampir semua misi sampingan yang sudah Anda selesaikan, baik dengan cerita ataupun hanya misi berburu akan bisa dimainkan ulang kapanpun Anda menginginkannya. Ini juga berarti ekstra reward, baik loot yang jatuh dari mini-boss dan musuh yang Anda habisi, ataupun reward dari penyelesaian misi itu sendiri.

Salah satu implementasi fantastis sistem loot di Outriders juga terikat pada sistem World-Tier yang kami bicarakan sebelumnya. Seiring dengan permainan dan efektivitas membunuh Anda, level World Tier Anda juga akan meningkat. Bisa diasosiasikan dengan tingkat kesulitan itu sendiri, semakin tinggi World Tier yang Anda pilih, maka semakin mematikan pula musuh yang Anda hadapi. Ini berarti, mereka akan datang dengan kuantitas lebih banyak, damage lebih fatal, dan tentu saja HP yang lebih tebal. World-Tier akan menguji kemampuan Anda untuk tidak hanya memanfaatkan skill Outriders Anda dengan tepat, tetapi juga kemampuan Anda untuk tidak panik di ragam situasi yang mengancam. Seperti yang bisa diprediksi, World-Tier juga mempengaruhi loot yang Anda dapatkan.

Outriders jagatplay part 2 12
Semakin tinggi World-Tier, semakin sulit game Anda, semakin berharga juga loot yang Anda dapatkan.
Outriders jagatplay part 1 89 1
World-Tier juga akan menentukan seberapa besar jeda level karakter dan equipment yang bisa Anda kenakan.

Semakin tinggi World-Tier dimana Anda berada, semakin sulit permainan, semakin langka pula varian loot yang Anda dapatkan. Konsep seperti ini memberikan ekstra motivasi bagi Anda untuk bertahan di World-Tier tinggi walaupun beberapa situasi tidak akan sulit untuk memaksa Anda untuk mengulang pertarungan yang sama berulang kali, bahkan terkadang, terasa begitu mustahil untuk ditundukkan seorang diri. Tinggi-nya World-Tier tidak hanya mempengaruhi persentase drop loot di level kelangkaan lebih tinggi saja, tetapi juga membuat Anda kini bisa mengenakan equipment berada di level yang jauh lebih tinggi daripada karakter Anda. Semakin tinggi World-Tier, semakin tinggi pula jeda level yang diperbolehkan. Berita baiknya? Anda selalu punya opsi untuk menurunkan World-Tier jika Anda memang kesulitan dan sudah berada di tahap frustrasi. Ini akan membuat game lebih mudah dengan konsekuensi yang seperti bisa Anda prediksi, loot yang kebanyakan akan berakhir Anda “bongkar” untuk material.

Segala sesuatunya semakin sempurna mengingat kualitas loot yang Anda dapatkan memang datang dengan varian dan buff yang begitu berbedanya, hingga ia akan cukup untuk mempengaruhi gaya bermain Anda sekaligus membantu perjalanan Anda di tingkat kesulitan lebih tinggi. Sebagai contoh? Mendapatkan senjata legendary Assault Rifle mumpuni, kami memutuskan untuk mengganti 2 perk yang tersedia dengan 2 perk yang berkutat pada aksi Reload. Perk 1 adalah lontaran bola energi dengan damage 70.000 yang akan meluncur di peluru pertama setelah reload dan Perk 2 adalah hembusan api di sekitar karakter pada saat Reload yang memiliki damage 140.000. Gabungan kedua perk ini menghasilkan gaya bermain unik dimana alih-alih menembak, kami lebih sering melakukan reload dengan jarak sedekat mungkin dengan musuh. Segila itulah variasi perk dan build yang bisa Anda antisipasi dari Outriders.

Maka dengan kombinasi-kombinasi ini, dari kualitas loot hingga begitu banyaknya opsi untuk mendapatkannya dan memodifikasinya sesuai dengan gaya bermain Anda tanpa harus selalu mengandalkan RNG adalah kekuatan utama Outriders sebagai game looter-shooter. Ini membuat pengalaman looting yang Anda dapatkan sebagian besar, berujung memuaskan.

Expeditions – Tantangan yang Sebenarnya

Outriders jagatplay part 2 31
Expeditions, selamat datang di pengalaman End-Game dan Outriders yang sesungguhnya!

Outriders memang bukan Games as a Service, namun bukan berarti mereka melewatkan kesempatan untuk menyediakan konten end-game yang menarik untuk Anda yang sudah menyelesaikan sisi cerita utama yang ada. Mode end-game tersebut mereka beri nama “Expeditions” yang berisikan beberapa jenis misi dengan tingkat kesulitan tinggi, yang juga memuat sedikit ekstra narasi di dalamnya. Expeditions juga punya akhir dengan misi bernama “Eye of the Storm” yang tentu saja membutuhkan perjuangan keras ekstra untuk bisa dicapai dan diselesaikan.

Anda bisa menyebut Expeditions sebagai Outriders dalam bentuk ringkasan terbaiknya. Setiap misi yang hadir dengan setting berbeda ini akan memuat objektif yang nyaris sama, dimana Anda harus membunuh begitu banyak musuh, bertemu dengan boss besar di akhir, menundukkannya, dan menikmati semua reward yang Anda inginkan. Expeditions juga datang dengan sistem Tier-nya sendiri, yang mengusung sistem berbeda dengan World Tier di mode cerita. Tier di Expeditions juga akan menentukan persentase level kelangkaan yang Anda dapatkan dari setiap loot yang ada. Reward yang Anda dapatkan juga akan didasarkan pada waktu yang Anda catat saat menyelesaikannya, yang kemudian dibagi ke dalam sistem tiga bintang yang seperti bisa Anda prediksi, akan menawarkan reward terbaik di waktu yang masih masuk dalam kategori tiga bintang.

Ada dua hal yang fantastis dari Expeditions. Pertama, lagi-lagi bicara soal loot. Untuk memastikan perjuangan Anda di setiap misi yang bisa memakan waktu belasan hingga puluhan menit untuk diselesaikan, Expeditions menawarkan jumlah loot yang memuaskan. Memang musuh yang Anda hadapi di sepanjang Expeditions tidak akan menjatuhkan loot sama sekali, namun ketika Anda berhasil membuka kotak reward di akhir, Anda akan langsung dihujani tidak hanya belasan, tetapi puluhan loot dari beragam tingkat kelangkaan. Semakin tinggi Tier Expeditions Anda dan semakin cepat Anda menyelesaikannya, semakin besar kesempatan Anda menemukan lebih banyak loot berwarna ungu dan emas yang super menggoda.

Outriders jagatplay part 2 69
Melihat upaya kerja keras Anda dihadiahi loot begitu banyak di akhir menghasilkan rasa pencapaian tersendiri.
Outriders jagatplay part 2 50
Masih belum cukup sulit? Misi ini tanpa checkpoint! Tim Anda gugur? Anda harus mengulangnya dari awal.

Hal kedua yang fantastis? Tingkat kesulitan tanpa kompromi. People Can Fly sepertinya hendak memastikan bahwa mereka yang lolos dari setiap misi di Expeditions memang mereka yang berhak dan sudah mempersiapkan diri. Di Tier Expeditions tinggi, belasan seperti yang tengah kami jalani saat menulis review ini, Anda bisa bertemu dengan beberapa mini-boss sekaligus yang masing-masing butuh waktu panjang untuk ditundukkan dan punya damage cukup besar untuk menghabisi Anda dengan cepat jika Anda berujung lengah. Masih belum cukup? Expeditions tidak punya sistem checkpoint sama sekali! inI berarti, jika Anda berujung tewas di pertempuran boss akhir saat menjalankan misi, Anda harus mengulangnya kembali dari awal. Ini adalah mode tanpa rasa ampun sama sekali.

Namun sayangnya, pengalaman Expeditions juga terpengaruh soal masalah matchmaking sebelumnya yang sempat kami bicarakan, yang membuatnya kurang nyaman dinikmati. Tidak bisa memilih region berarti Anda bisa saja berujung bergabung ke gameplay user dengan konektivitas buruk dengan masalah lagging, yang membuat mode yang sudah sulit semakin sulit. Masalah kedua? Matchmaking ini tidak selalu akan mengantarkan Anda pada tim yang memang tengah sibuk menyelesaikan misi. Seringkali Anda masuk ke dalam gameplay user yang sekadar “bersantai” di hub, tidak tertarik untuk memicu misi Expeditions sama sekali, dan bahkan berujung AFK tanpa alasan yang jelas. Seandainya saja matchmaking terjadi hanya untuk user-user yang sudah memulai misi saja, setidaknya kasus seperti ini tidak akan berujung jadi sumber kekesalan baru. Sekarang bayangkan kekesalan yang terjadi jika koneksi internet Anda berujung terputus pada saat Anda hampir menyelesaikan misi ini.

Outriders jagatplay part 2 63
Matchmaking tidak optimal adalah salah satu sumber rasa frustrasi di sini.

Tetapi di luar kekurangan matchmaking tersebut, Expeditions berujung jadi formula end-game yang memesona. Gameplay yang diusung mungkin sederhana, namun tingkat kesulitan tinggi dan reward loot super menggoda yang ia usung sepertinya akan menyediakan puluhan hingga ratusan jam gameplay setelah Anda menyelesaikan konten cerita utama yang ada walaupun game ini, tidak menjanjikan update ala Games as a Service.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 21, 2021 - 0

Review Guilty Gear Strive: Wangi Kemenangan!

Sepak terjang Arc System Works di genre game fighting memang…
June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…