Review Samurai Warriors 5: Huru-Hara Cabut Nyawa!

Reading time:
July 30, 2021

Visual Baru

Samurai Warriors 5 jagatplay 31
Ia menggunakan basis cell-shading untuk pendekatan visual teranyarnya.

Jika kita bercermin pada pendekatan visual yang ditawarkan Omega Force di sebagian besar seri Dynasty dan Samurai Warriors di masa lalu, maka pendekatan model karakter tiga dimensi yang lumrah memang seringkali jadi pondasi. Namun untuk seri Samurai Warriors 5 ini, mereka melakukan sedikit perombakan di dalamnya. Ia kini hadir dengan visualisasi cell-shading sebagai basis, lengkap dengan permainan warna-warna cerah yang kini lebih mudah ditemui. Pendekatan baru yang kami sambut dengan tangan terbuka dan tak akan berkeberatan untuk diaplikasikan di lebih banyak seri Warriors di masa depan.

Tentu saja, semuanya kembali dibalut dengan desain karakter yang lebih melekat ke elemen “fantasi” daripada sejarah itu sendiri. Seperti yang kami bicarakan sebelumnya, ini bukanlah tipe game dimana Anda datang karena ingin melihat seberapa kuat akurasi sejarah yang ia usung. Kita berbicara soal karakter wanita dengan kimono yang menyabetkan tombak raksasa, ninja yang memutuskan  untuk menggunakan meriam portable sebagai senjata, hingga serangan-serangan berisikan api dan listrik yang akan menyeruak dari beragam sisi. Ini adalah game yang ingin memotret karakter overpowered dengan akurat, bukan sisi sejarahnya. Tentu saja puluhan karakter yang bisa Anda gunakan di sini, sebagian besar darinya, juga punya desain unik yang pantas untuk diapresiasi.

Samurai Warriors 5 jagatplay 100
Ninja dengan senjata meriam portable? Okeeeeee..
Samurai Warriors 5 jagatplay 67
Cut-scenenya terhitung membosankan, banyak berisikan karakter duduk dan berdiri tegak dengan isian obrolan super panjang.

Walaupun pendekatan cell-shading-nya membawa sedikit angin segar di sisi visual, Samurai Warriors 5 masih menggunakan pakem presentasi yang serupa untuk sisi cerita. Chapter biasanya dibuka dengan pengenalan wilayah dimana situasi pertempuran terjadi, yang biasanya kemudian diikuti dengan cut-scene yang berisikan karakter-karakter duduk atau berdiri diam sembari berbicara panjang lebar. Ini masih menjadi salah satu elemen lemah di mata kami, karena tidak perlu menunggu waktu terlalu lama hingga kami menekan tombol “Skip” di mode cerita. Sulit untuk mengembangkan rasa tertarik terlepas dari usaha untuk menyuntikkan beberapa cut-scene movie untuk sisi cerita yang lebih penting. “Plot” ini tidak pernah terasa penting dan hanya jadi “halangan” Anda untuk melompat lebih cepat ke medan pertempuran selanjutnya atas nama membantai ribuan prajurit.

Salah satu area lain yang pantas diapresiasi, setidaknya via fitur backward compatibility PS4 yang kami cicipi via Playstation 5, adalah sisi teknis yang jauh lebih bisa diandalkan. Prajurit yang Anda temui di satu layar terasa jauh lebih banyak dan padat, tanpa banyak mengorbankan framerate sama sekali. Hampir 95% dari total permainaan kami berada di framerate permainan yang stabil. Kami juga menemukan bahwa situasi di seri Warriors lawas, dimana Anda seringkali bertemu dengan prajurit yang muncul tiba-tiba di layar juga tidak terjadi di sini. Seperti yang bisa diprediksi, semakin banyak prajurit dalam satu layar = semakin banyak korban sekali tebas = semakin memuaskan pengalaman musou yang ditawarkan.

Samurai Warriors 5 jagatplay 52
Pertarungan terasa lebih memuaskan berkat unit lebih banyak di 1 layar tanpa berujung pada pengorbanan di sisi teknis.
Samurai Warriors 5 jagatplay 73
VA-nya menjalankan tugasnya dengan baik, namun tak terasa istimewa.

Dari sisi audio, Samurai Warriors 5 sayangnya juga tidak bisa dibilang memesona. OST berisikan lagu rock memang masih cocok membangun atmosfer pertarungan yang ada, namun tidak cukup memorable misalnya untuk membantu membangun adrenalin yang ada. Rilis versi barat Samurai Warriors 5 juga tidak datang dengan dub bahasa Inggris, dan berisikan hanya bahasa Jepang. Sejujurnya, mengingat kami lebih banyak melakukan skip cerita daripada mendengar karakter-karakter ini berdiri atau duduk sembari melemparkan eksposisi di sana-sini, kami tidak bisa menilai aspek ini dengan lebih mendalam. Namun setidaknya, suara mereka saat beraksi cocok dengan visual dan peran karakter yang tengah Anda gunakan.

Masih Musou yang Familiar

Samurai Warriors 5 jagatplay 29
Ini masih game bertipe Musou yang Anda kenal.

Pondasi yang ditawarkan oleh Samurai Warriors 5 masihlah Musou yang selama ini kita kenal. Tidak ada tetek-bengek “Open-world” yang sempat berusaha didorong oleh Koei Tecmo di seri Dynasty Warriors terakhir dan berujung gagal. Samurai Warriors 5 mengusung konsep peta klasik yang sudah Anda kenal – dimana arena pertempuran akan dibagi ke dalam koridor-koridor lebih kecil dengan layout yang tentu saja berbeda dari satu area ke area lainnya. Misi yang harus Anda jalani dan misi-misi sampingan biasanya akan muncul seiring dengan aksi bantai Anda di peta, yang kemudian di akhir akan dinilai dengan sistem total score. Semakin banyak misi sampingan yang Anda selesaikan di satu peta, semakin banyak Officer yang Anda bunuh, semakin banyak prajurit yang gagal pulang ke rumah dan bertemu dengan orang yang mereka kasihi? Semakin tinggi pula nilai skor Anda yang juga berarti, reward yang jauh lebih manis.

Dengan puluhan karakter dan beberapa kategori senjata yang bisa disematkan, sistem permainan Musou-nya sendiri juga masih familiar. Anda dibekali dengan serangan normal dan serangan cepat yang bisa dikombinasikan untuk menghasilkan kombo yang lebih destruktif. Anda juga akan dibekali dengan dua buah bar – Hyper dan Musou. Musou tentu saja serangan paling destruktif dengan damage besar di area yang super luas, yang juga diiringi dengan animasi berbeda-beda di setiap karakter. Sementara Hyper adalah bar yang akan meningkatkan semua status Anda secara signifikan, dari damage hingga kecepatan gerak / serang untuk efek lebih destruktif. Anda juga bisa mengeksekusi Musou ketika berada dalam status Hyper untuk serangan alternatif yang lebih mematikan.

Samurai Warriors 5 jagatplay 110
Serangan musou masih jadi serangan pemungkas!
Samurai Warriors 5 jagatplay 93
Tiap karakter kini juga dibekali Ultimate Skills.

Selain kedua serangan lumrah ini, setiap karakter (bergantung pada senjata yang ia gunakan) juga akan dibekali dengan Ultimate Skills yang bisa disematkan di kombinasi tombol R1 + Tombol yang tentu saja isinya akan bisa Anda atur. Ada jenis Ultimate Skills yang diposisikan sebagai buff, seperti meningkatkan damage atau speed dan ada pula Ultimate Skills yang berperan sebagai serangan aktif, dimana posisinya tak berbeda dengan skill. Setiap Ultimate Skills biasanya datang dengan sistem cooldown berbeda-beda, dimana serangan lebih destruktif atau punya efek AOE lebih besar biasanya butuh waktu cooldown lebih panjang. Satu yang pasti, serangan ini akan sering Anda gunakan untuk tidak hanya menghabisi prajurit kacangan dengan banyak dan cepat, tetapi juga para boss dan officer yang Anda temui.

Ultimate Skills juga akan jadi “jawaban” untuk varian musuh baru cukup menjengkelkan yang Anda temui di Samurai Warriors 5 ini. Pasukan-pasukan ini berbeda dengan cecunguk yang Anda habisi dan biasanya berbaris membangun pagar. Yang membedakan mereka? Tombak atau perisai yang berwarna biru terang ketika Anda dekati. Cara membersihkan mereka dengan cepat hanyalah denga n menggunakan Ultimate Skills atau menggunakan serangan biasa berulang-ulang. Menggunakan serangan cepat? Mereka akan menahannya dan berujung menyerang Anda. Ada pula varian pasukan lain yang lebih terkoordinasi, seperti yang menggunakan Rifle atau Kavaleri yang akan menyerang Anda bersamaan, tidak memberikan banyak celah bagi Anda untuk meghindar atau beristirahat. Yang satu ini juga  butuh “makan” Ultimate Skills untuk dihabis dengan cepat.

Samurai Warriors 5 jagatplay 95
Musuh baru dengan senjata / perisai berwarna biru ini benar-benar menyebalkan.
Samurai Warriors 5 jagatplay 66
Resource untuk memperkuat karakter secara instan dijadikan reward.

Maka sisa dari perjalanan Anda adalah berjuang untuk memperkuat karakter-karakter yang mungkin Anda gunakan, baik dari sisi level, senjata, ataupun pohon skill yang akan memberikan buff permanen untuknya. Di awal permainan tugas ini tidak begitu sulit mengingat sebagian besar perjalanan Anda akan berujung menggunakan Nobunaga Oda, hingga Anda memahami mana yang perlu diprioritaskan. Resource yang dibutuhkan untuk memperkuat masing-masing aspek ini, dari menaikkan level karakter, meningkatkan level Mastery senjata mereka untuk bisa menggunakan senjata di level lebih tinggi, menempa senjata dan menyuntikkannya dengan lebih banyak buff mematikan, hingga mengatur kuda sekuat apa yang bisa Anda kendarai bisa Anda dapatkan sebagai reward dari setiap misi. Tentu saja, semakin kuat Anda, semakin mudah pula progress Anda. Berita baiknya? Anda yang ingin sedikit tertantang bisa menjajal tingkat kesulitan lebih tinggi.

Selain Musou Mode yang bisa diposisikan sebagai mode campaign yang berfokus pada Nobunaga dan Free Mode yang memungkinkan Anda untuk menggunakan karakter manapun yang Anda inginkan, Samurai Warriors 5 juga datang dengan mode lain – Citadel Mode. Seperti yang kami bicarakan sebelumnya, Anda selalu punya opsi untuk menaikkan level karakter, memperkuat senjata, hingga mencari kuda terkuat Anda yang kesemuanya dicapai lewat fasilitas-fasilitas berbeda sebelum Anda terjun ke pertempuran. Penguatan karakter ada di Dojo, penempaan senjata mengandalkan Blacksmith, dengan pengembangbiakkan kuda tentu saja hanya bisa dilakukan Stables. Lalu apa hubungannya dengan Citadel Mode? Hadir sebagai misi terpisah dengan objektif yang berbeda dengan Musou Mode. Citadel Mode lebih berfokus pada reward resource yang Anda butuhkan untuk meningkatkan level-level fasilitas ini. Fasilitas dengan level lebih tinggi? Berarti penguatan karakter dengan lebih cepat dan instan pula.

Samurai Warriors 5 jagatplay 37
Setiap fasilitas ini juga bisa diperkuat dan dinaikkan levelnya jika Anda memiliki resource yang cukup. Ini juga jadi alasan utama menyibukkan diri dengan Citadel Mode.
Samurai Warriors 5 jagatplay 109
Sistem seperti ini akan membuat Anda bisa memperkuat karakter manapun yang ternyata berujung dituntut skenario.

Bayangkan skenario seperti ini. Entah untuk alasan apa, chapter selanjutnya di Musou Mode yang hendak Anda selesaikan ternyata diharuskan untuk menggunakan karakter yang tidak pernah Anda gunakan sebelumnya. Ini berarti ia akan berada di level rendah, senjata yang lemah, dan akan butuh waktu yang sangat lama untuk bisa menyelesaikan misi tersebut. Jika Anda punya resource cukup dan kebetulan cukup rajin menyelesaikan Citadel Mode untuk meningkatkan level fasilitas yang tersedia, ini berarti kesempatan untuk membuat karakter tersebut: lompat ke level 25 secara instan, menguasai senjata mereka hingga level “S” yang berarti membuat mereka bisa menggunakan senjata apapun yang Anda tempa selanjutnya, dan pada akhirnya memantapkan pohon skill yang ada dan mengisinya. Ini akan membuat Anda siap sedia terlepas dari skenario apapun yang mengemuka.

Maka dengan kombinasi Musou Mode, Free Mode, dan Citadel Mode yang juga bisa Anda cicipi dalam format 2 player dengan kontroler kedua bersama teman, Samurai Warriors 5 menyediakan cukup banyak konten untuk dinikmati dalam waktu yang lama. Apalagi jika Anda termasuk gamer perfeksionis yang ingin melengkapi segala sesuatunya, termasuk berburu senjata-senjata langka yang tersedia misalnya.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…