Review Samurai Warriors 5: Huru-Hara Cabut Nyawa!

Reading time:
July 30, 2021

Terasa Cocok untuk Pandemi

Samurai Warriors 5 jagatplay 89
Percaya atau tidak, situasi terkait pandemi membuat rasa apresiasi kami pada Samurai Warriors 5 lebih kuat daripada biasanya.

Bahan diskusi di sub-judul yang satu ini mungkin terdengar sedikit tidak relevan dengan artikel review yang ada. Namun berikan kami waktu untuk memberikan sedikit argumentasi mengapa kami, gamer yang di awal cukup skeptis akan menikmati Samurai Warriors 5, berujung teradiksi hingga di titik kami berusaha mencuri waktu untuk setidaknya menyelesaikan 1 misi saja setiap kami sempat. Ada sesuatu yang menarik dengan daya tarik game musou di tengah pandemi seperti ini.

Di tengah situasi dimana Anda direkomendasikan untuk tidak kemana-mana, dimana berita sepertinya hanya memuat hal-hal negatif penuh rasa frustrasi dari varian virus baru hingga angka kematian yang menolak untuk turun, hingga Anda menemukan orang-orang dalam lingkaran terdekat Anda pun ikut terjangkiti, dunia memang berada di era yang “kelam”. Situasi seperti ini terkadang membuat Anda (setidaknya terjadi pada kami) rasa malas yang luar biasa untuk mencicipi game dengan tema terlalu berat dan serius, atau gameplay yang menuntut Anda memutar otak. Samurai Warriors 5 tidak bisa lagi datang di waktu yang lebih sempurna.

Tampil seperti sebuah katarsis stress yang efektif, kesederhaan yang diusung genre musou di dalam Smaurai Warriors 5  terasa begitu cocok di tengah situasi ini. Anda tidak perlu ambil pusing, hanya menekan satu dan buah tombol untuk menyerang dan kemudian menikmati kemenangan. Anda tidak perlu mengernyitkan dahi untuk memahami apa yang sebenarnya terjadi dan misteri apa yang baru saja terbongkar. Anda tidak perlu harus memutar otak untuk menyelesaikan puzzle yang super sulit. Anda hanya perlu menebas sebuah keramaian, melihat mereka terbang di udara bak boneka, dan menikmati angka jumlah korban Anda yang terus meningkat. Sederhana, memuaskan, dan menyenangkan.

Apa yang ditawarkan oleh Samurai Warriors 5 adalah sebuah pengalih perhatian dari situasi dunia nyata yang berujung menekan.Bagi kami, timing rilis ini memberikan kontribusi signifikan di keasyikan dan rasa apresiasi kami untuk kehadirannya, terlepas dari sensasi familiar yang ia usung.

Kesimpulan

Samurai Warriors 5 jagatplay 79
Anda yang hendak memasuki Samurai Warriors 5 tentu saja memahami pengalaman seperti apa yang Anda dapatkan. Pengalaman sama inilah yang didorong Omega Force dan Koei Tecmo ke level maksimal, memastikan ia memenuhi ekpektasi yang ada. Pada akhirnya, ini selalu soal huru-hara dalam aksi mencabut nyawa, tidak kurang, tidak lebih. Tentu saja, para penggemar Musou tidak akan berkeberatan dengan situasi tersebut.

Koei Tecmo tentu saja tidak meracik Samurai Warriors 5 seperti halnya Dynasty Warriors 9, yang penuh dengan janji-janji manis yang justru berujung bak bumerang. Keputusan untuk hanya memodifikasi sisi presentasi yang kini datang dengan efek cell-shading bersama dengan desain karakter baru sembari mempertahankan pondasi desain level Musou yang tertutup membuat seri ini memesona.  Sensasi heroik setiap kali Anda menghabisi ribuan musuh, menikmati panen reward senjata dan resource yang ikut berkontribusi memperkuat Anda di perjalanan selanjutnya, sembari menikmati beberapa mode yang tersedia adalah citra diri Musou yang kita inginkan. Koei Tecmo dan Omega Force memahami hal tersebut dan mengisi Samurai Warriors 5 dengannya.

Walaupun demikian, seri ini tetap bisa dibilang sempurna. Kehadiran tipe prajurit baru dengan elemen warna biru di senjata dan perisai memang menawarkan dinamika baru, namun harus diakui, sedikit “menghancurkan” flow aksi bantai-membantai Anda, apalagi jika Anda tengah berada dalam streak yang tinggi. Minimnya informasi soal siapa yang akan menjadi “karakter utama” di stage selanjutnya juga terkadang membuat Anda tak bisa mempersiapkan senjata yang melekat pada karakter mereka, hingga Anda mau tidak mau harus berbalik lagi ke menu sebelumnya untuk mengakses Blacksmith. Keluhan lain juga datang dari update peta pertempuran yang terkadang lambat untuk memberikan informasi kemana objektif Anda selanjutnya.

Anda yang hendak memasuki Samurai Warriors 5 tentu saja memahami pengalaman seperti apa yang Anda dapatkan. Pengalaman sama inilah yang didorong Omega Force dan Koei Tecmo ke level maksimal, memastikan ia memenuhi ekpektasi yang ada. Pada akhirnya, ini selalu soal huru-hara dalam aksi mencabut nyawa, tidak kurang, tidak lebih. Tentu saja, para penggemar Musou tidak akan berkeberatan dengan situasi tersebut.

Kelebihan

Samurai Warriors 5 jagatplay 16
No yang bae

Aksi musou yang masih memuaskan

Pendekatan visual cell-shading

Ada banyak mode untuk dinikmati

Progress karakter dan reward resource terasa sepadan dengan kesibukan

Ultimate Skills untuk ekstra kemampuan destruktif

Sisi teknis lebih stabil, bahkan ketika jumlah prajurit dalam 1 layar terhitung membludak

No / Kicho

Kekurangan

Samurai Warriors 5 jagatplay 94
Peta butuh lebih cepat meng-update objektif selanjutnya agar flow pertarungan bertahan.

Cut-scene tidak menarik

Kehadiran varian musuh baru yang menyebalkan

Update peta untuk objektif selanjutnya terasa lambat

Info terkait karakter yang digunakan di satu chapter tidak tersedia di awal

 

Cocok untuk gamer: penggemar Musou, yang ingin melepas stress

Tidak cocok untuk gamer: yang menginginkan otak mereka tertantang, butuh cerita yang padat dan menggugah

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…