Yoshida: Pengembangan Final Fantasy XVI Tertunda 6 Bulan

Reading time:
December 27, 2021
final fantasy xvi new details

Salah satu sosok tersibuk di Square Enix saat ini, kalimat ini sepertinya pantas untuk diarahkan pada sosok Naoki Yoshida. Bagaimana tidak? Masih sibuk mengepalai proses pengembangan Final Fantasy XIV yang saat ini digadang sebagai salah satu MMORPG terpopuler di dunia, ia juga bertanggung jawab untuk proses pengembangan seri Final Fantasy utama selanjutnya – Final Fantasy XVI. Untuk proyek terakhir ini, situasinya memang sedikit membingungkan. Terlepas dari rumor yang sempat menyebar, Square Enix sepertinya enggan untuk memamerkan lebih banyak hal terkait seri ini. Ternyata oh ternyata, ia terpengaruh oleh situasi COVID-19.

Lewat akun twitter resmi, Yoshida menyebut bahwa proses pengembangan Final Fantasy XVI saat ini tertunda sekitar 6 bulan dari rencana awal. Hal ini membuat mereka tak bisa berbagi informasi baru terkait seri ini di tahun 2021, seperti yang mereka janjikan sebelumnya. Situasi COVID-19 membuat para pekerja terdesentralisasi, membuat komunikasi dengan kantor di Tokyo tak lagi semudah seperti sebelumnya. Ini membuat banyak hal tidak hanya tertunda, tetapi juga terbatalkan, seperti pengiriman aset dari partner outsource misalnya.

Untuk saat ini, tim disebut tengah sibuk mengerjakan banyak hal: meningkatan kualitas grafis, menyempurnakan mekanik bertarung, menyempurnakan sensasi pertarungan perorangan, perbaikan di cutscene, serta optimalisasi sisi visual secara keseluruhan. Dengan situasi baru ini, Yoshida yakin akan bisa memamerkan lebih banyak Final Fantasy XVI di musim semi tahun 2022 mendatang.

Yoshida meminta maaf untuk situasi ini dan berterima kasih untuk mereka yang sudah bersabar. Final Fantasy XVI sendiri saat ini baru dikonfirmasikan untuk Playstation 5 saja. Bagaimana dengan Anda sendiri? Kecewa atau memaklumi keseluruhan situasi ini?

Load Comments

PC Games

January 13, 2022 - 0

Review God of War PC: Dewa di Rumah Baru!

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa Sony kini memang mulai…
December 3, 2021 - 0

Review CHORUS: “Menari” di Angkasa Luar!

Seberapa sering Anda menemukan video game yang mengambil luar angkasa…
November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…

PlayStation

December 14, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Takefumi Terada & Raio Mitsuno (FORSPOKEN)!

Datang dengan kekuatan magis yang menggoda, apalagi dengan potensi aksi…
December 13, 2021 - 0

Impresi FORSPOKEN: Gadis dengan Kekuatan Magis!

Sebuah produk yang unik, ini mungkin kata yang tepat untuk…
December 2, 2021 - 0

Review Battlefield 2042: Setengah Matang!

Bagi mereka yang mencintai FPS sebagai genre, Battlefield dari EA…
November 19, 2021 - 0

Preview Battlefield 2042: Masa Depan Tak Selalu Cerah!

Ada yang datang dengan antisipasi tinggi, tetapi tak sedikit pula…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…