JagatPlay: Wawancara dengan Kazunori Yamauchi (Gran Turismo 7)!

Reading time:
February 9, 2022
kazunori yamauchi

Sebuah tim yang sama, dikepalai oleh otak yang sama, merayakan ulang tahun ke-25 franchise yang sudah mereka kerjakan selama 25 tahun terakhir, pencapaian fantastis inilah yang berhasil dicapai oleh seorang Kazunori Yamauchi di bawah bendera Polyphony Digital. Bagi para pencinta game balap simulasi, terutama Gran Turismo, ia lah sang pahlawan yang berhasil membawa franchise ini populer, tetapi sukses dan terus eksis menjadi salah satu pondasi Playstation sebagai platform. Pencapaian 25 tahun ini tidak lagi sekadar dirayakan lewat kata-kata semata, tetapi juga sebuah seri teranyar – Gran Turismo 7.

Menjawab rasa penasaran soal beragam hal yang ia tawarkan, apalagi setelah presentasi State of Play yang memukau kemarin, kami berkesempatan untuk bertanya langsung ke Yamauchi-san soal Gran Turismo 7. Difasilitasi langsung oleh Sony Interactive Entertainment, sesi Q&A ini disajikan dalam format online. Fakta bahwa ia juga dihadiri oleh media Asia yang lain dan tidak hanya Asia Tenggara saja membuat kami tidak bisa banyak melemparkan pertanyaan seperti biasanya, namun setidaknya, ia tetap memuat banyak informasi dan insight yang menarik soal game balap simulasi yang satu ini.

Jadi, informasi baru apa saja yang berhasil kita kumpulkan langsung dari mulut seorang Yamauchi-san? Ini dia rangkuman interview-nya:

A: Yamauchi-san di dalam video presentasi sempat mengungkapkan bagaimana saat ini orang-orang tidak lagi tertarik bicara soal “kultur mobil”. Dan ini menjadi alasan mengapa ia jadi motivasi utama dikembangkannya Gran Turismo 7. Ada alasan mengapa Yamauchi-san berpikir demikian?

gran turismo 7 jagatplay 28

Yamauchi-san: Harus diakui bahwa masyarakat memang sudah berubah belakangan ini. 25 tahun yang lalu, momen ketika kamu membeli sebuah mobil, ia selalu jadi pengalaman yang dibagi bersama orang lain, termasuk anak dan orang tua. Anak-anak juga masih tertarik dengan mainan mobil-mobilan seperti Hot Wheels misalnya.

Namun sekarang, anak-anak punya mainan lain seperti smartphone dan tentu saja, video game.  Dengan kondisi seperti ini, perhatian dan diskusi terkait mobil menjadi jauh lebih sedikit dibandingkan masa lalu.

A: Yamauchi-san sempat berbicara bahwa Gran Turismo 7 adalah manifestasi dari “Car Life Simulator”. Apa sebenarnya definisi “Car Life” dan bagian mana dari Gran Turismo 7 yang akan memamerkan konsep tersebut dengan paling optimal?

Yamauchi-san: Peta Dunia Gran Turismo 7 yang akan paling merefleksikan konsep tersebut karena Anda akan merasa berada di sebuah resort / kota yang berfokus pada mobil.

A: Inspirasi seperti apa yang melahirkan konsep “GT Café” mengingat konsep Café dan menu yang terhitung unik untuk memberikan misi bagi player? Apakah fitur ini akan jadi opsi terbaik bagi gamer pendatang baru untuk memulai Gran Turismo 7 dan apakah mereka akan bisa belajar banyak dari sana?

gran turismo 7 jagatplay 4

Yamauchi-san: Ketika pertama kali saya mengerjakan Gran Turismo sejak tahun 1992, konsep GT Café sebenarnya sesuatu yang sudah hendak saya implementasikan. Fakta bahwa butuh waktu sekitar 25 tahun hingga ide tersebut akhirnya terealisasi di Gran Turismo 7 adalah sesuatu yang menarik. Konsep Café yang ditawarkan memang mirip dengan salon, dimana orang-orang berkumpul dan berbicara soal mobil. Saya melihat itu sebagai fungsi Café. Anda bisa melihat misalnya, Café di Paris atau Café di Vienna, dimana para musisi berkumpul untuk berbicara soal musik. Maka di Gran Turismo 7, GT Café adalah tempat berkumpul pencinta dan antusias mobil, dimana mereka bisa mendengar cerita-cerita menarik soal mobil.

Di sisi lain, karena Gran Turismo 7 adalah game dengan sistem yang luas dan kompleks, GT Café akan menjadi opsi terbaik untuk menjajal variasi yang ia tawarkan. Di Gran Turismo lama, gamer memang diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi fitur dan dunia Gran Turismo itu sendiri.  Namun untuk era sekarang, kami merasa gamer butuh dituntun untuk mendapatkan gambaran lebih jelas soal mobil dan budaya yang mengitarinya. GT Café akan memperluas pengetahuan Anda, baik soal budaya mobil ataupun sistem gameplay yang ada untuk gamer pendatang baru.

A: GT Café sendiri akan memuat sekitar 30 menu di dalamnya. Apakah nanti menu ini akan terus ditambah lewat format DLC?

Yamauchi-san: Ya memang ada rencana untuk itu. Kami memang tertarik untuk berbagi lebih banyak hal terkait budaya mobil dari beragam aspek berbeda dari fitur ini.

A: Untuk fitur Music Rally, melewati checkpoint dan mencatatkan waktu yang dibutuhkan untuk tetap bertahan di dalam balapan seperti layaknya Time Race / Check tidak terdengar seperti sebuah balapan penuh “relaksasi” seperti yang disampaikan sebelumnya. Bisakah Yamauchi-san menjelaskan lebih jauh soal sistem ini?

gran turismo 7 jagatplay 18

Yamauchi-san: Music Rally dibangun dengan 2 objektif, yang pertama memang adalah kesempatan untuk menikmati musik yang ada. Yang kedua berangkat dari fakta bahwa Gran Turismo 7 akan memuat begitu banyak track di dalamnya. Lewat fitur ini, gamer bisa mempelajari track-track ini tanpa harus terlibat dalam situasi kompetitif yang hardcore. Anda juga tidak akan sulit untuk mendapatkan “Beat Extension” yang dibutuhkan untuk bisa mendengarkan lagu yang Anda pilih dari awal hingga selesai, selama Anda setidaknya mengingat track apa yang tengah Anda lewati. Anda bahkan bisa melakukan eksperimen untuk melakukan aksi lain seperti drifting sekalipun jika Anda masih memiliki banyak beat.

Music Rally juga kami anggap sebagai mode terbaik untuk mengajak anak-anak masuk ke Gran Turismo. Ia sederhana, ia juga tampil menyenangkan lewat kombinasi balap dan musik, sehingga mereka tidak perlu harus berhadapan dengan kompleksitas Gran Turismo di kapasitas seharusnya. Dengan usianya yang sudah menyentuh angka 25 tahun, kami yakin banyak fans tua Gran Turismo kini sudah menjadi ayah. Music Rally akan menjadi mode fantastis untuk memperkenalkan game ini ke anak-anak mereka.

JagatPlay: Apakah Gran Turismo 7 akan menawarkan mode Streamer? Atau semua lisensi lagu di Music Replay dan Music Rally sudah dipastikan aman untuk streaming dan content creation?

Yamauchi-san: Hak untuk musik di Gran Turismo 7 seharusnya sudah kami bereskan, jadi gamer akan bisa menggunakannya. Gamer akan bisa merekam lagu favorit mereka saat meracik Music Replay dan membagikannya. Prosesnya akan menyenangkan.

A: Ada banyak fitur yang berbicara soal Haptic Feedback di versi Playstation 5, apakah hal yang sama juga akan bisa dirasakan jika menggunakan steering wheel?

Yamauchi-san: Iya untuk pertanyaan ini. Jika Anda menggunakan steering wheel seperti Thrustmaster TGT atau Fanatec GTDD, Anda akan mendapatkan feedback seperti halnya di mobil sesungguhnya. Jadi, jika Anda understeering, Anda akan merasakan getaran yang seharusnya. Jadi, iya.

A: Ada beberapa mobil di Gran Turismo 7 yang belum pernah muncul di dunia nyata sebelumnya, jadi seperti apa proses pengerjaannya dengan para manufaktur? Termasuk soal data-data teknis yang ia munculkan?

Yamauchi-san: Berbicara soal masalah eksterior, departemen desain dari beragam manufaktur ini akan berdiskusi langsung dengan tim car-modelling kami. Hal yang sama juga terjadi di interior. Sementara untuk masalah physics dan spesifikasi si mobil, tim engineer si mobil dan tim physics kami akan berdiskusi soal performa dan bagaimana sensasi mobil tersebut saat dikendarai.

A: Gran Turismo 7 akan punya mode single-player lebih banyak dan kita tahu bahwa AI punya peran penting di dalamnya. Kita tahu akan ada improvement, tetapi seberapa signifikan? Apakah mereka akan lebih kompetitif?

gran turismo 7 jagatplay 16

Yamauchi-san: Untuk masalah AI, mereka akan bisa berkendara layaknya pemain Gran Turismo yang baik. Jika Anda berkompetisi dengan mobil yang punya spesifikasi sama, bisa jadi Anda akan kesulitan. Tetapi tentu saja, jika Anda benar-benar pengemudi dengan skill tinggi seperti partisipan lomba Gran Turismo misalnya, Anda seharusnya bisa memimpin beberapa detik lebih cepat di depan mereka.

A: Apa yang Yamauchi-san pikirkan ketika sadar bahwa Gran Turismo sendiri saat ini sudah berusia 25 tahun? Seberapa emosional saat Anda melihat kembali dan merefleksikan apa yang sudah Anda capai sejauh ini?

gran turismo 7

Yamauchi-san: Saya sebenarnya sudah memulai pengembangan Gran Turismo sejak tahun 1992, 5 tahun sebelum seri pertamanya tersedia di pasaran. Jadi, sebenarnya kami sudah mengerjakan franchise ini selama 30 tahun dengan tim yang sama. Fakta bahwa tim ini belum berubah setelah 30 tahun adalah sesuatu yang sangat saya hargai, dan saya ragu bahwa tim yang sama seperti ini di seluruh dunia. Saya juga berterima kasih untuk para fans yang sudah mendukung game ini selama 25 tahun, karena hal ini tidak mungkin terjadi tanpa dukungan mereka. Ketika Gran Turismo pertama dilepas tahun 1997 silam, ia terhitung sebuah seri game eksperimental, sebuah sifat yang tetap ingin kami bawa dengan Gran Turismo 7 dengan ragam fitur baru seperti Music Replay misalnya. Ini adalah kondisi yang memuaskan bagi saya pribadi.

Gran Turismo 7 sendiri rencananya akan dirilis pada tanggal 4 Maret 2022 mendatang untuk Playstation 4 dan Playstation 5.

Load Comments

PC Games

October 18, 2022 - 0

Review Uncharted Legacy of Thieves (PC): Drake Pindah Rumah!

Seperti apa performa dan fitur yang ditawarkan oleh Uncharted Legacy…
September 23, 2022 - 0

Review IMMORTALITY: Misteri Dalam Misteri Dalam Misteri!

Apa yang sebenarnya  ditawarkan oleh IMMORTALITY? Mengapa kami menyebutnya game…
August 19, 2022 - 0

Review Cult of the Lamb: Menyembah Setan Sambil Bertani!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Cult of the Lamb ini?…
August 10, 2022 - 0

Review Marvel’s Spider-Man Remastered PC: Siap Kembali Berayun!

Marvel's Spider-Man Remastered akhirnya tersedia di PC. Apa saja yang…

PlayStation

November 11, 2022 - 0

Review Sonic Frontiers: Gaya Baru, Lumayan Seru!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Sonic Frontiers ini? Mengapa kami…
November 10, 2022 - 0

Review Call of Duty – Modern Warfare II (Multiplayer): Seru yang Serupa!

Apa yang ditawarkan oleh mode multiplayer Call of Duty: Modern…
November 8, 2022 - 0

Wawancara dengan Eric Williams (God of War Ragnarok)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan Game Director God of War Ragnarok…
November 3, 2022 - 0

Review God of War Ragnarok: Mitologi Penuh Aksi, Mitologi Penuh Hati!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh God of War Ragnarok ini?…

Nintendo

November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…