Review The King of Fighters XV: Sambutan lebih Terbuka!

Reading time:
February 22, 2022

Rollback Ajaib

KOF XV jagatplay 108
KOF XV menggunakan pondasi rollback netcode untuk pengalaman onlinenya. Hasilnya? Fantastis!

Salah satu bagian terbaik dari KOF XV? Adalah keputusan untuk memilih rollback netcode sebagai pondasi pengalaman multiplayer mereka, yang di beberapa game fighting seperti racikan Arc System Works di Guilty Gear Strive, sudah terbukti mampu menawarkan cita rasa kompetitif yang solid untuk mode online yang ada terlepas dari dari mana region Anda bermain. Kami dengan gembira bisa melaporkan bahwa sensasi online serupa bisa Anda temukan di KOF XV ini, baik ketika menikmati Casual ataupun Ranked Match.

Tidak main-main, dengan rollback frame berada di angka 6-7 frame pada saat melawan game dari region seberang dengan ping sekitar 450ms, mode online KOF XV masih berada dalam status bisa dinikmati. Benar sekali, Anda tidak salah membacanya, bahwa di angka 450ms sekalipun, Anda masih bisa mendapatkan pengalaman kompetitif yang bisa diterima walaupun tak optimal. Anda masih bisa merencanakan timing menyerang dan bertahan, bahkan mengeksekusi kombo panjang untuknya. Anda bisa melihat sendiri pengalaman tersebut via video yang kami sertakan.

KOF XV jagatplay 132
Di 150ms – 250ms sekalipun, Anda akan menikmati pertandingan yang terasa optimal.

Dengan sebagian besar pertarungan lintas region dengan internet stabil akan berada di angka 150ms – 250ms, yang tentu saja jauh di bawah angka 450ms, maka bisa disimpulkan bahwa pengalaman kompetitif online KOF XV Anda akan selalu bisa dinikmati dengan cukup optimal terlepas dari region mana lawan Anda datang. Fakta ini juga akan memastikan proses cari lawan yang cukup cepat baik untuk Casual ataupun Ranked Match, mengingat potensi lawan Anda bisa datang dari mana saja. Sejauh ini, Anda yang mengejar pengalaman kompetitif secara online tak perlu banyak khawatir.

KOF XV jagatplay 134
Masih ingin terus bertarung? Langsung bikin room sendiri!

Kami juga memberikan acungan dua jempol ekstra untuk opsi setelah pertandingan di KOF XV. Seperti format kebanyakan game fighting, Anda selalu akan dihadapkan pada format “Best of 3” untuk setiap lawan yang Anda temui. Ini berarti, Anda akan selalu diminta untuk mengakhiri pertarungan dengan mereka begitu salah satu dari Anda berhasil memenangkan 2 pertandingan. Bagaimana jika Anda ingin terus bertarung dengan mereka? KOF XV langsung menyediakan opsi untuk meracik sebuah room privat agar Anda berdua bisa terus bertarung tanpa harus terperangkap pada sistem yang mereka usung. Sebuah gesture yang pantas untuk dipuji.

Dengan implementasi rollback netcode yang bekerja fantastis sejauh ini,  maka pengalaman kompetitif KOF XV secara online terjamin, baik untuk kualitas pertandingan ataupun frekuensi menemukan lawan yang sejauh ini membutuhkan waktu tak seberapa lama. Tenang saja, Anda yang ingin pertandingan dengan ping lebih rendah selalu memiliki opsi untuk hanya bertarung melawan hanya mereka yang berasal dari satu region yang sama.

Kesimpulan

KOF XV jagatplay 121
KOF XV memang tidak lantas membuat seri KOF jatuh ke dalam kategori game fighting yang “mudah dikuasai” seperti Dragon Ball FighterZ misalnya. Namun untuk mereka yang selalu penasaran dengan franchise ini dan butuh seri terbaik untuk terjun masuk, maka The King of Fighters XV tidak lagi bisa lebih baik untuk menjalankan peran tersebut. Dengan mekanik baru yang bersahabat dan orang awam dan infrastruktur online yang solid, ini akan jadi momen terbaik untuk mulai menguji diri. Pertanyaan lanjutan yang lebih baik? Apakah jempol Anda siap kapalan?

KOF memang selalu meninggalkan kesan sebagai game seri fighting yang sulit untuk diakses untuk gamer-gamer pendatang baru, terutama karena tingkat kesulitan yang ia usung. Namun mengikuti tren banyak game fighting yang memang butuh untuk membangun komunitas dan pasar yang lebih besar, cita rasa yang lebih bersahabat dengan tangan terbuka akhirnya ditawarkan oleh KOF XV ini.

Abaikan sementara sisi cerita yang tidak menarik, karena kesan ini justru datang dari beberapa mekanik baru seperti Shatter Strike dan RUSH yang akan membuat gamer yang awam sekalipun, kini punya kesempatan melawan balik. Semuanya dibangun di atas lapisan yang tetap memberikan ruang bagi mereka yang serius untuk mempelajari kombo panjang dan kompleks khas KOF di atasnya. Anda juga akan ditemani dengan lagu tema utama “Now or Never” yang cadas dan atmosfer kompetitif solid di mode online berkat implementasi rollback yang fantastis.

Walaupun demikian, bukan berarti KOF XV datang sebagai game fighting yang sempurna. Harus diakui bahwa ada banyak pendekatannya yang masih menyisakan cita rasa “tua”, seperti mode cerita misalnya. Pendekatan cerita ala game fighting tua yang hanya memberikan Anda ekstra dialog dan artwork di tengah game fighting lain yang sudah mulai mengadaptasikan gaya bak film tentu saja sangat disayangkan, apalagi mengingat salah satu gaya promosi-nya sempat melibatkan sebuah film animasi pendek yang potensial di atasnya. Kami juga berujung tak menyukai desain salah satu arena – Beach Resort yang datang dengan track yang justru mengacaukan sensasi bermain.

KOF XV memang tidak lantas membuat seri KOF jatuh ke dalam kategori game fighting yang “mudah dikuasai” seperti Dragon Ball FighterZ misalnya. Namun untuk mereka yang selalu penasaran dengan franchise ini dan butuh seri terbaik untuk terjun masuk, maka The King of Fighters XV tidak lagi bisa lebih baik untuk menjalankan peran tersebut. Dengan mekanik baru yang bersahabat dan orang awam dan infrastruktur online yang solid, ini akan jadi momen terbaik untuk mulai menguji diri. Pertanyaan lanjutan yang lebih baik? Apakah jempol Anda siap kapalan?

 

Kelebihan

KOF XV jagatplay 30
Bersahabat untuk gamer pendatang baru dan tetap bisa sama kompleksnya untuk gamer veteran adalah daya tarik KOF XV.

Peningkatan visual lebih baik dibandingkan seri sebelumnya

Shatter Strike dan RUSH yang membuatnya lebih mudah diakses

Desain karakter baru, terutama Dolores

Infrastruktur online berbasis Rollback Netcode yang fantastis

Masih punya lapisan kompetitif untuk Anda yang serius mempelajari kombo panjang nan kompleks-nya

Lagu tema utama “Now or Never” yang cadas

Mode Trial untuk Anda yang ingin menguasai game ini lebih dalam

 

Kekurangan

KOF XV jagatplay 123
Beach Resort datang dengan track yang justru mengacaukan adrenalin saat bertarung.

Arena “Beach Resort” dengan musik yang aneh

Mode cerita masih mengikuti gaya tua

Desain Shun’ei seperti gambaran stereotipe “anak muda keren” di mata bapak-bapak tua

 

Cocok untuk gamer: yang tumbuh besar dengan KOF, butuh game fighting dengan infrastruktur online solid

Tidak cocok untuk gamer: yang benci menghafal jurus, lebih tertarik dengan konsep ala Dragon Ball FighterZ

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

January 20, 2023 - 0

Review A Space for the Unbound: Standar Tertinggi Game Indonesia Saat Ini!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh A Space for the Unbound?…
October 18, 2022 - 0

Review Uncharted Legacy of Thieves (PC): Drake Pindah Rumah!

Seperti apa performa dan fitur yang ditawarkan oleh Uncharted Legacy…
September 23, 2022 - 0

Review IMMORTALITY: Misteri Dalam Misteri Dalam Misteri!

Apa yang sebenarnya  ditawarkan oleh IMMORTALITY? Mengapa kami menyebutnya game…
August 19, 2022 - 0

Review Cult of the Lamb: Menyembah Setan Sambil Bertani!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Cult of the Lamb ini?…

PlayStation

January 30, 2023 - 0

Review Dead Space Remake: Isak Tangis di Luar Angkasa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dead Space Remake ini? Apa…
December 22, 2022 - 0

Review Crisis Core – Final Fantasy VII Reunion: Reunian dengan Muka Baru!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Crisis Core – Final Fantasy…
December 8, 2022 - 0

Review Star Ocean – The Divine Force: Bukan Melesat, Malah Meleset!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Star Ocean: The Divine Force?…
December 7, 2022 - 0

Review The Callisto Protocol: Permulaan yang Menjanjikan!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh The Callisto Protocol ini? Mengapa…

Nintendo

November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…