Menjajal God of War Ragnarok: Jam-Jam Pertama Paling Seru dan Gila!

Reading time:
October 21, 2022

Eksplorasi dan Misi Sampingan

god of war ragnarok impression6
Svartalfheim alias realm para Dwarves.

Artikel impresi yang kami rangkai dari beberapa jam awal permainan ini sendiri sebenarnya berfokus pada petualangan Kratos dan Atreus hingga mereka menyelamatkan sang God of War dari Norse – Tyr. Sebuah perjalanan yang mau tidak mau membuat Kratos dan Atreus harus singgah ke dunia para dwarf yang sempat disegel Odin di seri pertama – Svartalfheim yang juga sudah sempat dibocorkan di beberapa trailer awal sebelumnya. Benar sekali, ini adalah si dunia yang sempat memamerkan sebuah desa di dalamnya walaupun pada akhirnya penghuninya berujung lari ketakutan karena kedatangan Kratos.

Mengingat ini menjadi dunia baru yang Anda kunjungi di God of War Ragnarok, akan sangat sulit untuk tidak menjadikan desainnya sebagai acuan bagi setidaknya 8 realms lain yang akan bisa dikunjungi Kratos dan Atreus nantinya. Karena harus diakui, ada ketakutan seperti di seri pertamanya, beberapa realm ternyata hadir dalam kapasitas super terbatas yang tidak memuat banyak konten di dalamnya, yang kemudian berbanding terbalik dengan dunia-dunia lain seperti Midgard misalnya yang sarat konten. Jika Svartalfheim benar-benar bisa dijadikan acuan, maka Anda sepertinya bisa tenang.

Dunianya memang tidak sebesar Midgard di seri awal dengan Lake of Nine-nya yang penuh misteri, namun Svartalfheim tetap berujung menawarkan wilayah cukup luas yang bisa Anda singgahi menggunakan kapal yang ada. Dengan clue pantai yang jelas menunjukkan mana wilayah yang bisa Anda singgahi atau tidak,proses eksplorasi di luar misi utama sepert ini tidak hanya menguatkan sensasi petualangan saja tetapi juga biasanya pantas untuk dikejar dari sisi reward. Ia bisa berakhir menjadi serangan Runic baru, menjadi aksesoris atau equipment yang bisa dikenakan Kratos atau Atreus, hingga beragam materilal berharga yang bisa Anda berikan ke Brok dan Sindri untuk meracik armor baru atau sekadar memperkuat senjata Anda.

god of war ragnarok impression8
Svartalfheim sendiri didesain cukup besar dengna banyak wilayah untuk dieksplorasi atas nama mengejar reward yang sepadan.
god of war ragnarok impression9
Tidak selalu soal bertarung, ini juga terkadang soal puzzle.

Setiap wilayah di luar misi utama ini juga biasanya akan memuat dua tantangan yang biasanya juga melebur: pertarungan dan puzzle. Pertarungan hadir sederhana, dimana melawan varian yang ada, Kratos hanya butuh untuk “bertahan hidup” yang untungnya, juga dibantu dengan sistem Spartan Rage yang bisa diandalkan di kala genting. Sementara untuk puzzle? Svartalfheim hadir dengan beberapa teka-teki yang seharusnya bisa diselesaikan dengan sedikit observasi, dimana Anda bisa menggunakan kapak Anda untuk membekukan sesuatu atau Blade of Chaos untuk membakar, meledakkan, atau sekadar dijadikan grappling hook untuk bergerak ke tempat yang lebih tinggi. Reward yang selalu terasa sepadan dan misterius akan membuat Anda terdorong untuk singgah kemanapun yang bukan menuju ke misi utama.

Menariknya lagi? Dalam proses mengelilingi Svartalfheim dalam upaya menyelamatkan Tyr, God of War Ragnarok juga menyediakan  cukup banyak misi sampingan untuk Anda selesaikan, dengan kualitas yang pantas untuk diacungi jempol. Dengan peringatan di awal dimana misi sampingan bisa terpicu hanya karena obrolan sembari lalu dengan salah satu karakter saja, sembari memperlihatkan kepada Anda ragam lokasi dimana ia harus diselesaikan, Anda selalu diberi kebebasan untuk terlibat dalam aktivitas menyibukkan ini atau langsung melompat ke cerita utama saja. Tentu saja misi sampingan ini berarti akan menuntut ekstra eksplorasi, ekstra bertarung, dan ekstra platforming ata menyelesaikan puzzle di atasnya. Kerennya lagi? Tidak jarang dalam proses menyelesaikan misi sampingan ini, Anda menemukan potongan kunci atau clue yang ternyata oh ternyata, membuka misi sampingan yang lain. God of War Ragnarok akan siap untuk membuat Anda sibuk jika Anda memang ingin disibukkan.

God of War Ragnarok, Pantaskah Diantisipasi?

god of war ragnarok impression12
Walaupun kami belum bisa menilai apa yang akan ia tawarkan setelah 3 jam pertama yang kami cicipi, namun dari waktu singkat kami bersama dengan proyek teranyar Sony Santa Monica ini, jelas bahwa ini adalah sebuah seri sekuel yang fantastis sejak menit pertama Anda mencicipinya.

Jawabannya sepertinya jelas: pantas, pantas, dan PANTAS. Walaupun kami belum bisa menilai apa yang akan ia tawarkan setelah 3 jam pertama yang kami cicipi, namun dari waktu singkat kami bersama dengan proyek teranyar Sony Santa Monica ini, jelas bahwa ini adalah sebuah seri sekuel yang fantastis sejak menit pertama Anda mencicipinya. Ia langsung melemparkan kepada Anda semua kunci informasi yang butuh Anda pahami, membungkusnya dengan banyak momen gila dan epik yang siap membuat bulu kuduk Anda merinding, dan kemudian membiarkan cerita tersebut tercermin lewat dinamika hubungan Kratos – Atreus, dari sisi eksplorasi, hingga sistem pertarungan yang ia usung setelahnya. God of War Ragnarok seolah menjanjikan Anda sebuah perjalanan penuh fantasi ke dalam kisah mitologi agung yang sepantasnya.

God of War Ragnarok akan dirilis pada tanggal 9 November 2022 mendatang untuk Playstation 4 dan Playstation 5.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

January 20, 2023 - 0

Review A Space for the Unbound: Standar Tertinggi Game Indonesia Saat Ini!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh A Space for the Unbound?…
October 18, 2022 - 0

Review Uncharted Legacy of Thieves (PC): Drake Pindah Rumah!

Seperti apa performa dan fitur yang ditawarkan oleh Uncharted Legacy…
September 23, 2022 - 0

Review IMMORTALITY: Misteri Dalam Misteri Dalam Misteri!

Apa yang sebenarnya  ditawarkan oleh IMMORTALITY? Mengapa kami menyebutnya game…
August 19, 2022 - 0

Review Cult of the Lamb: Menyembah Setan Sambil Bertani!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Cult of the Lamb ini?…

PlayStation

January 30, 2023 - 0

Review Dead Space Remake: Isak Tangis di Luar Angkasa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dead Space Remake ini? Apa…
December 22, 2022 - 0

Review Crisis Core – Final Fantasy VII Reunion: Reunian dengan Muka Baru!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Crisis Core – Final Fantasy…
December 8, 2022 - 0

Review Star Ocean – The Divine Force: Bukan Melesat, Malah Meleset!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Star Ocean: The Divine Force?…
December 7, 2022 - 0

Review The Callisto Protocol: Permulaan yang Menjanjikan!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh The Callisto Protocol ini? Mengapa…

Nintendo

November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…