Review Valkyrie Elysium: Demi Odin!

Reading time:
October 7, 2022

Unik dan Hambar Bersamaan

Valkyrie Elysium jagatplay 105
Realistis namun dengan outline gelap di bagian luar ala komik? Valkyrie Elysium memang terlihat unik.

Sebenarnya tak perlu menggali terlalu dalam bahwa terlihat jelas bahwa Soleil sendiri berusaha menawarkan sesuatu yang unik dari sisi presentasi visual untuk Valkyrie Elysium ini. Model karakter yang diusung, terutama untuk wajah, terlihat berusaha mengejar level realisme tertentu alih-alih tampil bak sebuah game bercita rasa anime secara penuh. Ada usaha jelas untuk mewakili hal tersebut. Namun di sisi lain, Anda bisa melihat outline gelap yang terlihat begitu tajam dan jelas menemani tiap karakter ini, seolah-olah Anda tengah berhadapan dengan sebuah cerita adaptasi komik. Kombinasi keduanya memang membuat Valkyrie Elysium terlihat unik, terutama saat cut-scene mulai melakukan zoom-in.

Dengan aksi berpindah dari Valhalla ke Midgard dan sebaliknya, sayangnya Valkyrie Elysium bisa dibilang tak berhasil membuat dunia yang ia bawa “bersinar”. Valhalla setidaknya terlihat didesain pantas, dengan jelas sensasi keagungan mengemuka dari interior yang ada. Namun Midgard? Terlepas dari beberapa teritori yang harus Anda lewati untuk menyelesaikan cerita yang ada, ia berakhir tidak hanya menjadi dunia yang kosong saja, tetapi sulit untuk dinikmati. Bahkan dunia dengan arsitektur yang rapi dan lengkap sekalipun masih berujung hambar karena beragam alasan, dari tone warna, hadir tanpa karateristik detail yang membuatnya unik atau berbeda, atau sekadar absennya kehadiran keramaian yang ada. Setiap dunia yang Anda kunjungi terasa kosong, tak menarik, dan hambar.

Valkyrie Elysium jagatplay 41
Anda akan mengunjungi beragam lokasi di Midgard dan kesemuanya, berujung hambar.
Valkyrie Elysium jagatplay 127
Naruto-run? Seriously?!

Berbicara soal animasi, ini mungkin keluhan kecil yang sayangnya bagi kami pribadi, cukup mencederai pengalaman yang ada. Di luar betapa kami jatuh hati pada beragam animasi serangan magic yang bisa Anda eksekusi bersama dengan Einherjar Anda, kami tetap tak bisa merasionalisasi keputusan sang developer –Soleil untuk membuat animasi lari sang Valkyrie menggunakan gaya yang sama dengan Naruto-run. Tentu ada pilihan animasi lari yang jauh lebih elegan untuk mewakili kepribadian dan tugas seorang Valkyrie, apalagi dengan ragam senjata yang ia pegang. Mengapa tak membuatnya melayang sedikit di atas tanah alih-alih berlari? Atau menggunakan gerak tangan lain? Karena harus diakui, berlari dengan tangan mengayun ke belakang ala Naruto bukanlah sesuatu yang ingin Anda asosiasikan dengan prajurit dewa yang diminta untuk turun ke bumi demi mengumpulkan jiwa-jiwa para ksatria tangguh.

Untungnya, dari segi OST, Valkyrie Elysium datang dengan konten track yang memang Anda harapkan dari sebuah game JRPG. Dengan track berbasiskan choir yang menggema di begitu banyak event-event aksi yang penting, ia setidaknya cukup untuk membangun atmosfer bahwa Anda saat ini memang tengah beraksi di tengah akhir dunia. Sayangnya, kualitas yang sama tidak ditawarkan oleh voice acting bahasa inggris yang ia tawarkan. Di sebagian skenario percakapan, ia memang memenuhi fungsinya dengan baik. Namun ketika emosi harus dicurahkan lebih, ketika amarah atau kesedihan harus disalurkan misalnya, ia seringkali jatuh datar dan gagal memenuhi ekspektasi yang ada.

Terselamatkan Sistem Battle yang Seru

Valkyrie Elysium jagatplay 42
Proses “modernisasi” gameplay menjadi action RPG berbuah manis.

Seperti halnya banyak rilis baru game JRPG Square Enix yang lain, proses modernisasi seringkali diasosiasikan dengan pergantian sistem permainan dari turn-based yang dianggap tak lagi relevan menjadi action RPG yang lebih aktif. Hal ini jugalah yang terjadi dengan Valkyrie Elysium. Berita baiknya? Proses transisi ini datang dengan sistem battle yang tak hanya keren, tetapi juga seru dijajal.

Sebelum kita mulai membicarakannya, ia tentu saja bisa bekerja dengan baik karena pembatasan beberapa hal. Salah satu yang paling esensial adalah dengan mengunci jumlah Einherjar menjadi 4 orang saja dari awal hingga akhir permainan. Tidak hanya itu saja, setiap Einherjar juga diposisikan mewakili satu elemen spesifik yang akan memainkan peran penting dalam sistem pertarungan. Berita baiknya? Setiap dari mereka akan selalu bisa Anda panggil ke dalam pertarungan selama resource yang dibutuhkan cukup, langsung ikut berperan aktif, dengan UI yang juga mudah untuk dimengerti dan dikuasai. Kerennya lagi? Anda juga bisa mengatur seberapa lama tiap kali Einherjar ini aktif dari 30-60 detik setiap kali dipanggil, yang tentu saja menuntut resource yang berbeda-beda jumlahnya.

Valkyrie Elysium jagatplay 3
Einhenjar bisa Anda panggil lewat shortcut bak skill.
Valkyrie Elysium jagatplay 62
Setiap musuh punya elemen kelemahannya masing-masing, yang informasinya langsung disajikan kepada Anda.

Maka sistem pertarungan Valkyrie Elysium akan bergantung pada dua hal: senjata yang Anda gunakan dan juga elemen kelemahan setiap musuh yang ada. Untuk urusan pertama, Anda bisa membawa dua senjata sekaligus yang bisa diganti secara real-time dengan masing-masing senjata akan menjadi kelemahan bagi musuh spesifik. Sementara yang kedua? Pertarungan akan lebih cepat jika Anda mengeksploitasi kelemahan musuh yang ada. Berita baiknya? Alih-alih harus mencari tahu sendiri, informasi soal kelemahan tersebut langsung disajikan di bagian atas kepala musuh beserta dengan bar HP dan Crush mereka. Crush seperti yang bisa diprediksi, merupakan situasi stun yang terjadi jika Anda berhasil mengisinya menggunakan elemen kelemahan tadi.

Lantas, bagaimana Einherjar bekerja di sini? Seperti yang kami bicarakan tadi, Anda hanya perlu memanggil Einherjar yang terikat pada elemen tertentu ke pertarungan dan ia akan otomatis menyerang dan menggunakan skill-nya selama periode tersebut. Menariknya? Elemen senjata Anda juga akan secara otomatis berubah sama dengan elemen Einherjar terakhir yang Anda panggil atau pilih, hingga Anda selalu berkesempatan mengeksploitasi sisi tersebut. Kerennya lagi? Jika Anda menggunakan skill aktif yang elemennya sama dengan Einherjar yang Anda panggil, maka efek dan damage skill tersebut akan otomatis teramplifikasi dan membuatnya kian efektif. Sisanya? Menghabisi mereka.

Valkyrie Elysium jagatplay 87
Einhenjar yang Anda pilih akan menentukan elemen serangan Anda sekaligus memperkuat skill dengan elemen sama yang Anda picu.
Valkyrie Elysium jagatplay 159
Nibelung Valesti kini jadi skill yang bisa Anda picu dengan resource yang besar tentu saja.

Jumlah elemen yang ditawarkan memang melebihi shortcut 4 tombol skill aktif tersedia, yang membuat situasi di beberapa titik, mengharuskan Anda untuk berganti skill dengan elemen yang tepat lebih dulu menggunakan menu yang ada, apalagi jika kita bicara soal elemen Dark yang juga tak bisa dipicu oleh keempat Einherjar yang ada. Situasi seperti ini memang sedikit merusak pace pertarungan yang sudah seru, namun selalu bisa Anda abaikan jika Anda malas berhubungan dengan urusan mengurus menu ini. Tidak mengeksploitasi kelemahan musuh bukan berarti Anda tidak bisa menundukkan mereka, hanya saja akan butuh lebih banyak waktu daripada menggunakan sistem ini dengan cermat.

Maka pengalaman pertarungan Valkyrie Elysium Anda selalu akan dimulai dengan kewaspadaan memeriksa kelemahan elemen musuh mana saja yang hadir di situasi pertempuran tersebut. Mengingat musuh sebagian besar hadir banyak dari segi kuantitas, lengkap dengan kombinasi elemen berbeda-beda, memilih prioritas musuh mana yang ingin Anda habisi lebih dulu selalu akan ajdi hal pertama yang Anda lakukan. Karena seperti yang bisa diprediksi, selain musuh-musuh kecil yang bisa dihabisi cepat, Anda juga akan sering menemukan mini-boss atau boss yang dilempar untuk melebur bersama gerombolan-gerombolan ini. Untuk boss? Anda juga diberi kesempatan untuk melakukan stun dua kali berturut-turut jika Anda berhasil mengeksploitasi kelemahan elemen mereka untuk aksi bertarung minim resiko. Namun ingat, jika Anda tak berhasil menghabisinya setelah masa stun selesai, mereka akan mendapatkan imunitas atas elemen mereka untuk waktu yang lama, yang membuat Anda mau tidak mau, harus bertarung dengan kemampuan mentah Anda.

Valkyrie Elysium jagatplay 74
Untungnya, skill dengan proses channeling panjang tidak akan bisa dibatalkan oleh serangan musuh biasa.
Valkyrie Elysium jagatplay 21
Semua proses upgrade, Valkyrie ataupun senjata menggunakan Gems.

Sisa tugas Anda yang lain tentu saja memperkuat diri. Hadir tanpa sistem level, hampir semua aksi menguatkan diri Anda dilakukan bak sistem crafting yang membutuhkan sejumlah Gems yang bisa jatuh dari peti, eksplorasi, atau ketika Anda menghabisi musuh yang ada. Gems ini bisa digunakan untuk memperkuat sang Valkyrie dari tiga aspek – Attack, Defense, ataupun Support yang biasanya diikuti dengan terbukanya akses ke skill-skill baru dan kombinasi serangan teranyar. Gems yang sama juga bisa dialokasikan untuk memperkuat senjata yang Anda gunakan, yang selain membuat serangan kombinasi lebih beragam juga membuat mereka lebih mematikan, baik dari efek serangan fisik ataupun magic. Senjata di level lebih tinggi, yang tentu saja butuh Gems yang lebih langka, juga bisa dipasangi Rune untuk buff signifikan di beragam status yang Anda butuhkan.

Salah satu bagian terpenting dari sistem upgrade ini, khususnya untuk Valkyrie, adalah kesempatan untuk memicu Auto-Einherjar. Bahwa alih-alih harus memanggil mereka secara manual, mereka kini bisa terpanggil otomatis jika syarat dan ketentuan situasi pemicu terpenuhi. Seiring dengan semakin banyaknya pohon skill Valkyrie Anda terbuka, terutama di sisi Support, semakin banyak syarat & ketentuan juga yang bisa Anda pasang untuk membuat mereka otomatis terpanggil. Ada yang membuat Anda bisa memanggilnya secara otomatis di akhir kombo serangan biasa, ketika Anda melakukan parry secara sempurna, atau ketika Valkyrie Anda terjatuh terbaring karena serangan kuat musuh. Ini akan membuat pertarungan berjalan lebih cepat dan efektif.

Valkyrie Elysium jagatplay 104
Senjata bisa dipasangi Rune di level tertentu.

Walaupun Valkyrie Anda akan juga dipersenjatai dengan opsi untuk melakukan Guard dan Parry layaknya game action pada umumnya, Anda sepertinya akan jarang melakukannya di tengah pertarungan melawan begitu banyak musuh yang hampir selalu terasa sepert chaos. Berita baiknya? Game ini cukup murah hati untuk membuat proses channeling Arts Anda, terutama yang berkaitan dengan magic, untuk juga disertai dengan efek kebal yang membuatnya tak bisa dibatalkan dengan serangan musuh biasa. Ini membuat Anda selalu bisa mengeksekusinya kapanpun Anda inginkan terlepas dari fakta bahwa ia butuh channeling beberapa detik di awal.

Maka sensasi pertarungan Valkyrie Elysium menjadi primadona di seri spin-off ini. Walaupun variasi musuh Anda tak banyak, namun selalu mendebarkan melihat musuh-musuh berada di depan mata dan langsung berusaha merespon elemen kelemahan mereka secepat yang Anda bisa sembari memastikan bahwa Anda memprioritaskan musuh yang benar. Pertarungan boss juga biasanya berhasil tampil menantang terlepas dari fakta bahwa ia dibangun menggunakan mekanik yang sama. Semuanya dijalankan sembari memastikan bahwa Anda memiliki resource yang cukup dan tentu saja, memasang ragam skill yang dibutuhkan di slot yang ada.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

January 20, 2023 - 0

Review A Space for the Unbound: Standar Tertinggi Game Indonesia Saat Ini!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh A Space for the Unbound?…
October 18, 2022 - 0

Review Uncharted Legacy of Thieves (PC): Drake Pindah Rumah!

Seperti apa performa dan fitur yang ditawarkan oleh Uncharted Legacy…
September 23, 2022 - 0

Review IMMORTALITY: Misteri Dalam Misteri Dalam Misteri!

Apa yang sebenarnya  ditawarkan oleh IMMORTALITY? Mengapa kami menyebutnya game…
August 19, 2022 - 0

Review Cult of the Lamb: Menyembah Setan Sambil Bertani!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Cult of the Lamb ini?…

PlayStation

January 30, 2023 - 0

Review Dead Space Remake: Isak Tangis di Luar Angkasa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dead Space Remake ini? Apa…
December 22, 2022 - 0

Review Crisis Core – Final Fantasy VII Reunion: Reunian dengan Muka Baru!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Crisis Core – Final Fantasy…
December 8, 2022 - 0

Review Star Ocean – The Divine Force: Bukan Melesat, Malah Meleset!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Star Ocean: The Divine Force?…
December 7, 2022 - 0

Review The Callisto Protocol: Permulaan yang Menjanjikan!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh The Callisto Protocol ini? Mengapa…

Nintendo

November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…