Review Armored Core VI – Fires of Rubicon: Api itu Membara Terang Kembali!

Reading time:
August 30, 2023
Armored Core VI jagatplay 1

Selama hampir lebih dari satu dekade terakhir, membicarakan From Software berarti membicarakan game-game dengan pendekatan Souls yang kental. Ini menjadi sebuah situasi yang sangat dimengerti mengingat pendekatan action RPG dengan tingkat kesulitan tinggi yang dimulai dari Demon’s Souls hingga Elden Ring ini memang menjadi ujung tombak developer asal Jepang ini. Tidak hanya terus dipuja-puji karena kualitasnya saja, ia juga menjadi salah satu kekuatan finansial From Software yang terus tumbuh besar. Di tengah kesuksesannya, ada barisan gamer-gamer pencinta produk lawasnya yang berharap agar From Software setidaknya tidak melupakan salah satu akar terbesarnya.

Mimpir dan harapan untuk melihat From Software kembali mengeksplorasi kembali judul lawasnya selalu berkutat pada game pertarungan mecha yang terhitung “niche” – Armored Core. Tidak ada yang memprediksi bahwa ternyata oh ternyata, mimpi tersebut terkabul ketika From Software mengkonfirmasikan eksistensi Armored Core VI: Fires of Rubicon. Dengan cerita lepas yang tetap bisa dinikmati tanpa harus menikmati seri sebelumnya serta potensi untuk pendekatan gameplay dan visual lebih modern, apalagi setelah apa yang mereka pelajari selama satu dekade dengan seri Souls, ini menjadi salah satu game yang paling diantisipasi di tahun 2023 ini, baik bagi gamer yang familiar ataupun tidak dengan Armored Core sebelumnya.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawar kan oleh Armored Core VI: Fires of Rubicon? Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang membuat “sang api membara terang kembali”? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Plot

Armored Core VI jagatplay 72
Anda berperan sebagai pilot AC – 621 yang terjebak dalam perang memperebutkan Coral di Rubicon.

Tidak mengikuti pakem seri Souls mereka selama ini yang datang dengan proses penyampaian cerita yang implisit, Armored Core VI: Fires of Rubicon datang dengan gaya yang jauh lebih eksplisit. Anda tidak hanya akan menikmati beragam cut-scene saja, tetapi juga ragam dialog antar-misi yang tentu saja digunakan untuk menjelaskan motivasi dari misi Anda selanjutnya dan siapa saja yang terlibat. Hanya saja sangat disayangkan bahwa sebagian besar hal tersebut disajikan dalam bentuk teks dan logo yang perlahan, setidaknya untuk kasus kami, membuat Anda kian tak peduli dan tak peduli dengan apa yang sebenarnya tengah terjadi.

Armored Core VI: Fires of Rubicon mengambil setting masa depan dimana manusia sudah berhasil membangun peradaban antar planet. Di masa seperti ini, salah satu sumber daya paling berharga adalah sebuah energi yang disebut Coral, dimana tidak hanya sebagai sumber energi saja, ia juga bisa digunakan untuk mendistribusikan data. Maka seperti namanya, adalah sebuah planet bernama Rubicon 3 yang kaya dengan Coral, yang seperti bisa diprediksi, langsung mengundang begitu banyak korporasi besar dengan kekuatan militer bayaran mereka sendiri untuk memperebutkannya. Perang pun tidak terhindarkan.

Armored Core VI jagatplay 49
Perperangan antar korporasi besar dengan militer bayaran mereka sendiri-sendiri mewarnai planet ini.
Armored Core VI jagatplay 149
Siapkah yang akan menjadi jawara di akhir konflik ini?

Anda berperan sebagai seorang prajurit bayaran dengan augmentasi dengan nama “621” yang berdiri di bawah seorang Handler bernama Walter.Dengan kemampuan Anda mengendalikan dan menguasai Armored Core, Anda pun ikut terlibat dalam perang memperebutkan Coral yang sudah mengikat beberapa pihak seperti Balam Industries, Arquebest Corp, RLF, hingga PCA. Namun siapa yang mengira bahwa seiring dengan lebih dekatnya ia dengan Coral, 621 justru bertemu dengan sebuah entitas misterius bernama Ayre yang tanpa kesulitan berbicara lewat pikiran Anda. Ayre membuat situasi ini kian kompleks mengingat ia punya hubungan super dekat dengan Coral itu sendiri.

Lantas, siapa yang akan memenangkan perang atas Coral di Rubicon 3 ini? Tantangan seperti apa saja yang harsus dilalui oleh 621? Siapa pula Ayre dan apa pula motivasinya? Seberapa masif konflik yang terpicu dari perebutan sumber daya ini? Semua jawaban dari pertanyaan ini bisa Anda dapatkan dengan memainkan Armored Core VI: Fires of Rubicon ini.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

June 12, 2024 - 0

Preview My Lovely Empress: Racun Cinta Raja Racikan Dev. Indonesia!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Empress di…
February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…

PlayStation

April 25, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Kim Hyung-Tae dan Lee Dong-Gi (Stellar Blade)!

Kami berkesempatan ngobrol dengan dua pentolan Stellar Blade - Kim…
April 24, 2024 - 0

Review Stellar Blade: Tak Hanya Soal Bokong dan Dada!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stellar Blade ini? Mengapa kami…
April 22, 2024 - 0

Review Eiyuden Chronicle – Hundred Heroes: Rasa Rindu yang Terobati!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes ini?…
April 11, 2024 - 0

Review Dragon’s Dogma 2: RPG Tiada Dua!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dragon’s Dogma 2? Mengapa kami…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…