Review Playstation Vita (PS Vita): Handheld Terbaik dalam Genggaman!

Reading time:
January 9, 2012

PERFORMANCE

Kualitas Grafis Game

Uncharted Golden Abyss
Wow!

Apa yang paling membuat gamer begitu menunggu Playstation Vita? Alasan utamanya mungkin ada pada kemampuannya untuk menghasilkan kualitas grafis yang memesona. Sony bahkan berani mengklaim bahwa PS Vita mampu menawarkan visualisasi yang hampir serupa dengan yang mampu dihasilkan oleh Playstation 3. Bagaimana dengan kenyataannya? Setelah menjajalnya secara langsung, Sony ternyata mampu membuktikan dengan jelas bahwa mereka tidak sekedar membual. Lewat dua game yang kami coba: Uncharted – Golden Abyss dan Dynasty Warriors NEXT, kemampuan ini terlihat jelas.

Dynasty Warriors NEXT
Setara dengan konsol? Lebih tepatnya "mendekati"

Setara dengan Playstation 3? Kami akan lebih setuju jika menggunakan kata “mendekati” daripada “setara”. Details, pencahayaan, warna, dan engine semuanya memang tampil memesona, seperti membungkus sebuah game PS 3 dan menempatkannya di perangkat mobile berukuran 5 inchi. Untuk sekelebat mata, kualitas grafisnya memang terlihat setara. Namun jika Anda memerhatikannya dengan seksama, game di PS masih menunjukkan garis-garis batas yang masih terlihat kasar dan bersudut. Di beberapa scene Uncharted, khususnya yang melibatkan apl, Anda juga dapat dengan jelas melihat piksel-piksel yang kabur dan pecah. Walaupun demikian, Sony tetap berhasil membuktikan satu hal, Playstation Vita adalah perangkat gaming portable dengan kualitas grafis terbaik saat ini.

Multi-Tasking

ps vita multi tasking
Kemampuan untuk melakukan multi-tasking adalah inovasi terbaik PS Vita

Anda bingun dan kesulitan dengan game yang sedang Anda mainkan? Anda membutuhkan walkthrough secara instan? Atau ingin beristirahat sejenak sembari mendengarkan lagu favorit? Jika di perangkat terdahulu, Anda harus mengorbankan satu untuk mendapatkan yang lain, maka di PS Vita semuanya berubah. Dengan kemampuannya melakukan multi-tasking, Anda kini dapat melakukan semua fungsi tersebut sekaligus: bermain game, browsing, dan mendengarkan musik sekaligus. Dukungan hardware dan optimalisasi OS yang cukup baik memungkinkan PS Vita untuk melakukan hal ini. Caranya juga sederhana, Anda tinggal menekan tombol PS Home untuk melakukan “minimize” pada aplikasi yang sedang aktif untuk bergerak ke aplikasi lain. Untuk mengecek fungsi apa saja yang aktif, Anda hanya perlu melakukan drag kanan-kiri atau menahan tombol PS Home untuk melakukannya. Fungsi multi-tasking adalah sebuah inovasi yang pantas mendapatkan acungan dua jempol. Nice job Sony!

Daya Tahan Baterai

Playstation Vita Value Pack 19
Daya tahan baterai yang mengagumkan untuk sebuah handheld yang sangat bertenaga

Tidak pantas sebuah perangkat gaming menyebut dirinya “portable” jika ia tidak mampu mendukung mobilitas penggunanya secara maksimal. Salah satu faktor yang paling berpengaruh untuk fungsi ini adalah daya tahan baterai. Seberapa kuat sebuah perangkat mampu hidup hingga satu siklus charge berikutnya? Adalah sebuah logika umum untuk menyimpulkan bahwa, semakin bertenaga dan canggih sebuah perangkat, maka semakin tinggi pula kebutuhannya akan listrik. Tidak heran jika banyak yang cukup pesimis dengan aspek PS Vita yang satu ini.

Dengan tidak mengkondisikan atau menempatkannya pada situasi khusus, kami menguji daya tahan baterai PS Vita kami dengan cara yang biasa dilakukan semua gamer: bermain! Selalu melakukan charge secara penuh, Uncharted: Golden Abyss langsung hidup menemani. Dengan kondisi koneksi 3G dan Wi-Fi yang terus menyala, Volume speaker rata-rata, dan Setting Brightness di 100 (penuh),  secara mengejutkan PS Vita mampu bertahan hingga 3,5 jam sebelum tulisan “Battery is Low” muncul di layar. Dengan mematikan koneksi 3G dan menurunkan sedikit brightness, daya tahan baterai naik hingga di atas 4 jam, mendekati waktu klaim Sony – 5 jam permainan aktif. Waktu aktif yang cukup bagus untuk sebuah handheld yang bertenaga. Untuk mengisi baterai yang kosong, Anda membutuhkan sedikit 2,5 jam dalam keadaan stand-by.

Konektivitas Jaringan GSM Indonesia

User Interface 11
Sinyal 3G XL terlihat menyala di bagian kiri atas layar

Ketika PS Vita Jepang pertama kali dirilis di Jepang, sangat sedikit distributor Indonesia yang mengimpor versi 3G nya ke Indonesia. Apa pasal? Ternyata untuk region yang satu ini, konektivitas untuk operator GSM nya sudah terkunci dengan mekanisme region lock sehingga operator di luar Jepang tidak dapat menggunakannya. Untungnya, masalah ini tidak terjadi di PS Vita Asia Value Pack yang dirilis setelahnya. Fungsi GSM di PS Vita versi ini terbuka untuk semua operator, termasuk operator GSM di Indonesia. Kami mencoba menggunakan operator – XL untuk menguji konektivitas ini. Dengan setting 3G yang menyala, kami tidak menemukan masalah untuk menggunakannya sebagai default koneksi untuk mengakses PS Store atau melakukan browsing. Bahkan di lokasi-lokasi tertentu, kecepatannya bisa mendekati HSDPA.

Sayangnya, ada dua kelemahan besar yang bisa jadi bahan pertimbangan sebelum Anda memilih PS Vita 3G. Pertama, kehadiran jaringan 3G tentu saja akan menjadi ekstra beban untuk memacu kinerja baterai sehingga memperpendek daya tahan. Kedua, Sony sendiri telah memberikan limit unduh sehingga pengguna PS Vita 3G tidak dapat mengunduh data dengan ukuran lebih dari 20 MB dari jaringan 3G mereka. Sedangkan batasan ini tidak berlaku untuk Wi-Fi. Keuntungannya? Anda tentu dapat mengakses internet di mana saja tanpa butuh mencari tempat dengan sinyal wi-fi. Limit undah yang diterapkan Sony tentu tidak akan menghalangi kesempatan Anda untuk bermain online dimana saja.

Sound and Speaker

Playstation Vita Value Pack 251
Gunakan headset atau speaker terbaik Anda untuk kualitas audio yang lebih maksimal

Speaker yang disematkan oleh PS Vita tidak terhitung istimewa. Hadir dalam format Stereo, speaker ini mampu menghasilkan suara yang cukup jernih dan jelas untuk dinikmati. Anda bisa mendengar percakapan di dalam video game, kata per kata, dengan baik. Namun untuk sound-effect yang hadir dengan bass besar, kami menyarankan untuk menggunakan headset terbaik Anda untuk menghasilkan pengalaman yang lebih maksimal. Lagipula, headset juga akan menjamin daya tahan baterai yang lebih lama.

Pages: 1 2 3 4 5 6
Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

April 25, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Kim Hyung-Tae dan Lee Dong-Gi (Stellar Blade)!

Kami berkesempatan ngobrol dengan dua pentolan Stellar Blade - Kim…
April 24, 2024 - 0

Review Stellar Blade: Tak Hanya Soal Bokong dan Dada!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stellar Blade ini? Mengapa kami…
April 22, 2024 - 0

Review Eiyuden Chronicle – Hundred Heroes: Rasa Rindu yang Terobati!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes ini?…
April 11, 2024 - 0

Review Dragon’s Dogma 2: RPG Tiada Dua!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dragon’s Dogma 2? Mengapa kami…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…