Review Prototype 2: Lebih Seru, Lebih Brutal, Lebih Sempurna!

Reading time:
April 26, 2012

Lebih Seru, Lebih Brutal, Lebih Sempurna

Memang tidak mungkin membicarakan sebuah game sekuel tanpa menyinggung game pertamanya. Walaupun mengusung esensi permainan yang benar-benar serupa, namun Prototype 2 mampu menghadirkan sensasi permainan yang lebih seru, lebih brutal, dan lebih sempurna dari semua aspek yang ada. James Heller tetap akan berusaha menyelamatkan dunia dalam konsep permainan open-world yang memungkinkan Anda untuk bergerak bebas, kemanapun Anda inginkan.

Anda bisa berjalan-jalan bebas di dalam tiga area besar kota: Green, Yellow, dan Red Zone yang mengindikasikan seberapa parah dampak perbuatan Alex Mercer pada kota tersebut. Sistem navigasinya sendiri juga terhitung mudah. Anda hanya tinggal menekan tombol lari untuk bergerak melewati hampir semua rintangan yang ada, bahkan untuk memanjat gedung secara vertikal sekalipun. Melompat dan melakukan glide akan menjadi sistem navigasi yang akan Anda andalkan selama menjalani game ini. Kemampuan yang akan langsung mengingatkan Anda pada kemampuan karakter Marvel seperti Spiderman atau Hulk.

Prototype 2 Part II 22
Berlari super cepat, melompat tinggi, memanjat gedung dengan hanya berlari, hingga melakukan glide layaknya terbang akan menjadi kontrol utama Heller ketika menjelajahi sudut kota. Tenang saja, Anda tidak perlu takut pada ketinggian.
Prototype 2 Part II 44
Heller juga akan datang dengan berbagai varian senjata, seperti Hammerfist yang tampil di screenshot ini. Menahan tombol serangan dan melepaskannya akan membuat Heller mengeksekusi serangan area penuh duri yang desktruktif.
Protoype 2 641
Trendils berfungsi tak ubahnya sebuah jaring raksasa laba-laba yang akan menarik semua objek ke target. Ia juga akan menjadi senjata andalan untuk mengalahkan musuh dengan armor super kuat.

Lantas bagaimana dengan sistem pertempurannya sendiri? Layaknya seri Prototype pertama, Heller juga merupakan karakter yang over-powered yang hampir tidak mungkin dikalahkan dengan cara apapun. Sistem pertempurannya sendiri juga sama, Anda memiliki kesempatan untuk menggunakan dua senjata utama yang dapat dieksekusi dengan dua tombol yang sudah dikustomisasi.  Menekan tombol secara bersamaan akan menghasilkan kombo dengan serangan akhir yang destruktif, dan menahan dan melepaskannya akan menghasilkan serangan area dengan damage besar. Seiring berjalannya permainan, Heller akan mendapatkan senjata-senjata ini dari para musuh yang berhasil ia “makan”. Anda akan menemukan claw, hammerfist, blade, whiplash, dan yang terunik – Trendils. Untuk senjata yang terakhir ini, Anda akan jatuh cinta dengannya.

Senjata yang lain boleh terbilang sebagai “aksesoris” damage yang standar, namun Trendils merupakan serangan unik milik Heller yang menyenangkan untuk digunakan. Jika menyimpulkannya, senjata yang satu ini boleh terbilang tak ubahnya web-shot milik Venom yang akan membuat semua hal melekat satu sama lain. Dengan efek sinematik yang masif dan destruktif, trendils juga menjadi satu-satunya sarana untuk menghancurkan musuh-musuh dengan armor yang tidak mungkin ditembus dengan serangan fisikal senjata yang lain. Ada kepuasan tersendiri melihat jaring-jaring karet ini muncul menghancurkan begitu banyak hal dalam satu waktu. Anda akan menikmatinya.

Prototype 2 Part II 3
Devastator akan menghancurkan semua musuh dalam area seketika
Prototype 2 Part II 24
Heller juga memiliki kekuatan khusus - Pack Leader yang memungkinkannya mengendalikan para monster. Anda bisa menggunakan mereka untuk menimbulkan kekacauan atau mengalihkan perhatian. Mereka juga bisa berperan sebagai "unit pasukan" yang efektif

Berada dalam keadaan terdesak, James Heller juga memiliki dua kemampuan ekstra untuk menghasilkan serangan masif yang destruktif seketika. Dengan kemampuan trendilsnya yang epik, Anda bisa melancarkan Devastator yang akan menghancurkan setiap musuh yang ada dalam jarak tertentu sekaligus. Selain itu, Heller juga memiliki sebuah kekuatan unik bernama – Pack Leader yang memungkinkannya untuk mengendalikan para monster di bawah kendalinya dan memerintahkannya untuk melakukan tugas-tugas tertentu, termasuk menyebar kekacauan, pengalih perhatian, atau bahkan menghancurkan target tertentu. Anda juga memiliki kesempatan untuk memperkuat mereka.

Protoype 2 311
Ada kalanya Anda harus menyamar menjadi salah satu anggota Gentek atau Blackwatch untuk menginfiltrasi markas dengan keamanan tinggi. Tidak perlu repot-repot mencuri baju, Anda hanya tinggal "memakan" mereka saja untuk mendapatkan wujudnya

Namun, seperti halnya seri Prototype pertama, misi Heller tidak hanya selalu berkisar tentang menghancurkan apaun yang berada di matanya. Ada kalanya ia harus menyamar sebagai anggota Blackwatch atau Gentek untuk menginfiltrasi serangan dari dalam dan mencari informasi. Untungnya, ini bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Anda hanya tinggal mencari sosok tentara Blackwatch dan Gentek di tepi jalan dan mengkonsumsi mereka untuk mendapatkan wujud tubuh dan memorinya. Sistem konsumsi ini juga dapat Anda terapkan untuk karakter-karakter AI lain untuk kepentingan yang lain, seperti menambah health atau menjadikan mereka sebagai bom berjalan. Oleh karena itu, menjadi sesuatu yang esensial untuk setidaknya memiliki satu tubuh pengganti dari anggota Blackwatch dan Gentek untuk bersiap-siap dengan misi yang mungkin akan Anda jalani. Selain itu, ia akan menjadi sarana terbaik untuk melarikan diri ketika situasi tidak bersahabat.

Jadikan Diri Anda Lebih Kuat!

Prototype 2 Part II 15
Anda juga bisa menjadikan Heller lebih kuat. Ada tiga cara melakukannya: menyelesaikan side mission, mengumpulkan exp untuk mencapai level tertentu, dan mengkonsumsi musuh dengan ikon di atas kepala mereka.

Apalah arti sebuah game open-world yang tidak menghadirkan side-mission? Tentu akan menjadi sebuah game hampa yang tidak menarik untuk dimainkan sama sekali. Untungnya, Prototype 2 menyediakan segudang side-mission, walaupun terhitung repetitif dan dangkal. Dari ketiga area dalam map, ada beberapa side mission yang bisa Anda tempuh: mengumpulkan Blackbox, mencari orang-orang berkepentingan di Blacknet, menghancurkan dan meratakan semua Infected di dalam Lairs, dan membunuh anggota Blackwatch dan Gentek yang sedang bereksperimen di sudut kota. Untungnya, peta yang ada akan membantu Anda menemukan setiap lokasi darinya, sehingga Anda tidak akan kerepotan. Apa keuntungan untuk melakuan semua side mission ini? Anda memilik kesempatan untuk memperkuat Heller di berbagai aspek kekuatan yang ia miliki, dari kemampuannya sebagai predator hingga daya geraknya sendiri.

Prototype 2 Part II 6
Side Mission akan memberikan Heller kesempatan untuk melakukan upgrade kekuatan secara spesifik

 

Prototype 2 Part II 32
Kekuatan mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu? Semua pilihan kembali kepada Anda.

Secara terpisah, Prototype 2 juga menghadirkan sistem experience dan level untuk James Heller. Semakin banyak ancaman yang berhasil Anda hancurkan dan misi yang berhasil Anda selesaikan, maka semakin tinggi pula probabilitas James Heller akan mendapatkan upgrade-upgrade esensial seiring dengan meningkatnya level. Bagaimana dengan senjata Anda sendiri? Anda hanya perlu berkeliling kota dan mengkonsumsi musuh-musuh dengan lambang muscle di atas kepala mereka untuk mendapatkan upgrade senjata secara random. Bukan sesuatu yang sulit untuk ditemukan jika Anda termasuk gamer yang senang mengeksplorasi setiap sudut kota. Dengan menggunakan upgrade dari side mission, buruan dengan lambang di atasnya, serta tingkat level, perjalanan Anda sebagai James Heller akan lebih mudah di masa depan.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…