Review Dishonored: Game Action yang Tak Boleh Anda Lewatkan!

Reading time:
October 16, 2012

Assassin Dengan Kebebasan Nyaris Absolut!

Dishonored 32
Tidak hanya  berupaya menjadi seorang Assassin yang berbahaya, Anda juga harus cerdas!

Ketika diperkenalkan pertama kali lewat serangkaian trailer, dan dengan nama besar Bethesda di belakangnya, sebagian besar gamer mungkin langsung akan berkesimpulan bahwa Dishonored akan datang dengan elemen gameplay yang serupa dengan Elder Scrolls atau Fallout, hanya menggunakan sebuah setting dunia yang berbeda. Namun ketika Anda menjajalnya untuk pertama kali, “prasangka” ini akan langsung lenyap begitu saja. Jika dapat disandingkan, Dishonored menawarkan gameplay yang lebih mirip dengan Deus Ex: Human Revolution. Open-world bukanlah kata yang tepat untuk menggambarkan game yang satu ini, mengingat Anda hanya akan menjelajahi beragam tempat tergantung pada chapter yang sedang Anda mainkan. Hound Pits menjadi basis utama, sebelum Anda meluncur ke tempat lain untuk melanjutkan misi balas dendam Anda. Tidak hanya menawarkan cabang pilihan pada sisi cerita, Dishonored juga menawarkan kebebasan untuk menentukan gaya gameplay dan cara menyelesaikan misi yang Anda inginkan.

Kebebasan memang harus diakui, menjadi pesona dan kunci gameplay dari Dishonored ini sendiri. Sesuatu yang sudah ditawarkan sejak awal Anda memainkan game yang satu ini. Posisi sebagai seorang Assassin tidak lantas membuat Anda harus membuang semua nilai moralitas dan kemanusiaan yang mungkin saja, Anda percayai. Ada begitu banyak cara untuk mengatasi ancaman yang akan Anda hadapi di Dishonored, khususnya terkait musuh-musuh yang ada. Anda dapat membunuh, atau sekedar melumpuhkan dan menidurkan mereka, atau bahkan melewati mereka tanpa perlu menggunakan kekerasan sedikitpun. Kebebasan memilih aksi ini tentu saja memunculkan beragam peran yang dapat Anda lakukan sebagai seorang Assassin, dari berperang terbuka, berfokus pada stealth-action, atau menjadi seorang Pacifist yang cinta damai. Aksi ini akan menghasilkan konsekuensi tertentu yang akan kita bahas nantinya.

Dishonored 45
Dishonored menawarkan kebebasan bagi Anda untuk menentukan gaya bermain yang lebih cocok. Anda bisa berperang secara terbuka, bermain dengan gaya yang lebih stealth, atau bahkan menjadi seorang pacifist yang menyusup tanpa melakukan kekerasan sekalipun. Konsekuensi yang Anda timbulkan jika beragam.
Dishonored 43
Anda harus memutar otak lebih keras, mempelajari setiap probabilitas jalur yang ada untuk menuju si misi utama. Semakin tersembunyi, semakin kecil pula kemungkinan munculnya resiko yang mengancam nyawa Anda.
Dishonored 39
Untung saja Corvo memiliki kekuatan spesial yang membuatnya lebih hebat dibandingkan sebagian besar musuh yang ia harus hadapi. Salah satu kemampuan magic yang akan sering Anda gunakan? Tentu saja Blink yang memungkinkan Anda berpindah tempat dengan cepat.

Untungnya, Corvo “tidak sendirian” ketika menjalani tugas balas dendamnya yang berat ini. Kemampuan magis yang diberikan oleh The Outsider akan memainkan peranan super penting yang akan mempermudah sebagian besar perjalanan Anda. Walaupun tidak menawarkan pilihan yang masif, kualitas dari setiap skill ini memang didesain untuk mempermudah petualangan Anda. Melaluinya, Anda tidak hanya akan sekedar dapat melihat menembus tembok dan menentukan posisi musuh yang ada, Anda juga dapat melakukan blinking untuk berpindah tempat secara cepat dan dalam jarak yang jauh, atau sekedar menggunakannya untuk merasuki beragam binatang dan musuh yang ada untuk keuntungan tertentu. Anda juga dapat menghentikan waktu secara total! Beragam pilihan dan kebebasan untuk memilih skill ini akan membantu Anda menentukan gaya gameplay yang Anda inginkan. Satu yang pasti, Anda selalu dapat mengandalkannya.

Bagian terbaik dari kemampuan magis ini adalah Anda diberi kesempatan untuk memperkuatnya. Sebuah”mata uang” khusus bernama Runes akan tersebar di sepanjang level yang ada. Runes dibutuhkan untuk membuka kemampuan baru ataupun untuk memperkuat kekuatan yang sudah Anda pilih sebelumnya. Tidak hanya kemampuan magis Outsider yang dapat diandalkan, Anda juga dapat mengumpulkan sebuah item khusus bernama Bone Charm untuk menghasilkan beragam efek perk khusus yang menguntungkan, dari sekedar menambah porsi health yang dapat disembuhkan dari potion, hingga menambah kecepatan ayunan pedang dan lari. Kebutuhan untuk memperkuat Corvo, baik dari sisi kemampuan magis dan perknya, akan membuat pencarian Runes dan Bone Charm di setiap level yang Anda temui menjadi semacam “tugas sampingan” yang tidak mungkin untuk dilewatkan. Tidak jarang, ini justru akan menyita waktu Anda lebih banyak daripada sekedar menyelesaikan misi utama.

Dishonored 29
Desakan kebutuhan untuk memperkuat Corvo akan mendorong Anda untuk mencari dan menemukan setiap Runes dan Bone Charm yang tercecer di setiap level. Bingung mencarinya? Tenang saja, Corvo dibekali dengan sebuah item bernama “The Heart” yang akan menunjukkan lokasi item-item berharga ini.
Dishonored 48
Setiap kemampuan magic ini akan berperan besar untuk mempermudah petualangan Anda. Dengan keterbatas Runes yang ada, Anda harus memilih kemampuan yang akan mendukung gaya bermain Anda. Kami sendiri menyarankan Anda untuk memaksimalkan kemampuan Blink dan mengambil setidaknya satu level Night Vision untuk mempermudah Anda yang bermain secara stealth.
Dishonored 87
Tidak hanya kemampuan magic, Corvo juga dibekali dengan beragam perlengkapan dan senjata yang mematikan. Anda bisa mengunjungi Piero di Hound Pits untuk memaksimalkan inventory Anda ini. Lihat efek yang ditimbulkan oleh Spring Razor ini.

Sementara dari sisi pertarungannya sebagai manusia biasa, Corvo dapat diperkuat dari beragam equipment yang ia gunakan. Pedang dan crossbow mungkin menjadi perlengkapan utama yang paling sering Anda gunakan, namun Corvo sendiri membekali dirinya dengan begitu banyak senjata lain yang tidak kalah brutal. Piero di Hounds Pits akan membantu Anda melakukan upgrade berbagai pelengkapan yang ada ini. Tidak hanya itu saja, jika Anda berhasil menemukan blueprint yang tepat selama menjalani misi, Anda dapat menyerahkannya kepada Piero untuk dibuatkan sebuah perlengkapan yang baru. Anda bisa menambahkan kacamata untuk melakukan zoom saat melakukan bidik, atau sepatu yang mampu membuat setiap gerak Anda tidak terdengar sama sekali. Piero akan menjadi teman terbaik Anda setiap kali Anda memulai misi.

Dishonored 25
Anda tidak “berkewajiban” untuk membunuh setiap target yang ada. Seiring dengan jumlah informasi yang Anda dapatkan, opsi Non-Lethal biasanya terbuka.

Setap misi yang harus diselesaikan selalu datang dengan beragam alternatif penyelesaian. Kita tidak sedang membicarakan kebebasan untuk memilih metode eksekusi yang dapat Anda terapkan sepanjang misi, tetapi lebih ke alternatif penyelesaian yang dapat Anda tempuh untuk menyelesaikan setiap misi. Anda selalu punya kebebasan untuk menyusup dan membunuh setiap dari mereka. Namun selalu ada metode alternatif yang lebih “manusiawi” yang dapat Anda pilih. Dengan bertemu dengan beberapa orang yang tepat selama misi atau menguping pembicaraan acak yang biasa terjadi antar para penjaga, Anda biasanya berkesempatan untuk memunculkan opsi penyelesaian Non-lethal. Metode yang lebih beradab ini akan memungkinkan Anda untuk menyingkirkan sang target utama tanpa harus membunuh mereka. Ini akan berujung pada tingkat Chaos yang lebih rendah. Chaos? Kita akan membahasnya lebih dalam di bagian selanjutnya.

Desain Dunia dan Karakter yang Luar Biasa

Dishonored 60
Awesome!
Dishonored 66
Keunggulan desain dunia dan karakter ini terlihat paling memesona di salah satu level yang mengharuskan Anda membunuh Lady Boyle. Keunikan yang ia tawarkan bahkan hampir mendekati level surealis.

Apa yang membuat Dishonored mudah dicintai? Keunikan gameplay yang dibangun lewat kebebasan dan beragam alternatif gaya bermain mungkin menjadi salah satu elemen utama yang akan membuat mata Anda terus memandangi layar monitor. Namun,  konsep dunia yang unik juga patut mendapatkan porsi pujian yang sama baiknya. Dengan setting yang mirip dengan daratan Eropa Barat di tahun 1900-an, Anda akan menemukan sebuah desain dunia yang harus diakui, menawan dan memanjakan mata. Anda akan melihat beragam landscape padat dengan beragam efek cuaca yang dramatis, hampir di setiap misi yang Anda temui. Tidak hanya dunia, Anda juga akan menemukan desain karakter yang juga tidak kalah luar biasa, bahkan mengesankan tema surealis yang begitu kental di dalamnya. Salah satu yang terbaik? Ketika Anda terlibat dalam pesta topeng mewah yang diselenggarakan oleh Lady Boyle, salah satu target Anda di game yang ini. Di sana Anda akan menemukan beragam desain kostum yang super keren!

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…