Review Far Cry 3: Aksi – Eksplorasi yang Luar Biasa

Reading time:
December 6, 2012

Eksplorasi Tanpa Batas dalam Skema Open-World!

FPS memang menjadi pintu gerbang bagi gamer untuk menikmati Far Cry 3, namun tidak lantas membuatnya sebagai nilai jual utama. Pondasi seri ini tetap terletak pada skema open-world dan kebebasan untuk mengeksplorasinya.

Sebagian gamer yang masih awam dengan franchise Far Cry mungkin langsung menyimpulkannya sebagai sebuah game FPS ketika pertama kali melihat bentuk permainan yang ia tawarkan. Walaupun mengusung point of view orang pertama di sisi gameplay, namun Far Cry bukanlah sebuah game shooter sederhana yang menjadikan hal tersebut sebagai nilai jual utama. FPS hanyalah pelengkap untuk menciptakan pengalaman aksi yang lebih maksimal dan epik. Lantas apa yang menjadi kekuatan utama dari Far Cry 3 yang sebenarnya? Eksplorasi dalam skema open-world yang memanjakan mata, inilah yang akan mendorong Anda untuk terus terlibat dalam game yang satu ini.

Seperti halnya game-game FPS, Brody memang dibekali dengan beragam jenis senjata untuk mengatasi semua ancaman yang ada, dari crossbow, assault rifle, light machine-gun, hingga senjata ikonik franchise ini – Flamethrower. Inti sisi actionnya sendiri memang terhitung sama, Anda harus bertahan hidup dan memastikan setiap ancaman musnah. Namun tidak hanya senjata, Anda juga dibekali dengan kebebasan untuk mengatasinya dengan menggunakan metode stealth. Anda bisa mengendap, melakukan infiltrasi, dan membunuh semua musuh tanpa harus menimbulkan kecurigaan sama sekali. Metode mana yang paling sesuai dengan gaya bermain Anda? Anda punya kebebasan untuk menentukan hal tersebut tanpa konsekuensi signifikan selain meningkatnya tingkat ancaman yang harus Anda hadapi.

Anda punya kebebasan untuk memilih gaya bermain yang menurut Anda paling cocok. Anda bisa bermain secara stealth atapun non-stealth. Stealth memang lebih membutuhkan kesabaran dan waktu, namun datang dengan resiko ancaman yang lebih kecil.
Anda juga tidak dihalangi untuk berperang secara terbuka, tentu saja dengan konsekuensi tertentu.
Some people just want to watch the world burns..

Pertanyaannya kini, untuk apa Anda terlibat dalam aksi-aksi berbahaya ini? Seperti layaknya sebuah game open-world, Far Cry 3 tidak hanya akan memungkinkan Anda untuk mengeksplorasi indahnya Rook Island sebebas yang Anda inginkan, tetapi juga terlibat dalam beragam varian misi di luar misi utama. Beberapa misi ini akan memberikan keuntungan tertentu secara permanen dan menjadi misi-misi yang terlalu sayang untuk dilewatkan.

Radio Tower adalah salah satu side mission yang masuk ke dalam kategori ini. Seperti halnya konsep menara tinggi dan Synchronization yang sempat diperkenalkan di Assassin’s Creed, Ubisoft menyuntikkan konsep yang tidak banyak berbeda di Far Cry 3 ini. Dengan memanjat dan “membebaskan” sinyal di setiap menara Radio, maka Anda akan secara otomatis membuka map area di sekitar daerah tersebut, sekaligus juga memperlihatkan semua point interest yang menarik untuk ditemukan. Anda hanya perlu mencari jalan dan memanjat menara-menara ini hingga titik tertinggi dan dan misi ini sendiri akan terhitung berhasil. Setiap Radio Tower yang terbuka juga akan memberikan keuntungan yang sulit untuk ditolak: supply senjata gratis dalam berbagai varian secara GRATIS di toko-toko terdekat.

Sistem Radio Tower hampir serupa dengan sistem Synchronization ala Assassin’s Creed. Radio Tower yang berhasil Anda taklukkan akan membuka map dalam radius tertentu dan memperlihatkan beragam point of interest yang ada. Selain itu, ia juga menyediakan beragam senjata gratis yang bisa Anda dapatkan di toko terdekat.
Misi lainnya adalah membebaskan outpost dari tangan para serdadu Vaas. Outpost yang berhasil Anda kuasai akan memungkinkan Anda untuk melakukan restock senjata dan ammo. Ia juga berperan sebagai fast travel station ketika Anda butuh berpindah tempat dengan cepat.

Selain Radio Tower, Anda juga akan menemukan side-mission yang menuntut Anda untuk menyerang berbagai outpost musuh yang ada dan menguasainya untuk memberikan kekuasaan kepada Rakyat. Side Mission yang digambarkan dengan ikon bendera ini memang terhitung sangat sederhana, Anda hanya harus memusnahkan setiap musuh yang berada di dalam outpost ini dan otomatis outpost akan berbalik menjadi milik Anda. Namun, berhati-hatilah, karena alarm yang ada memungkinkan para musuh untuk memanggil bala bantuan dan membuat semua urusan ini menjadi jauh lebih sulit. Cara terbaik melakukannya? Mematikan dahulu semua alarm yang ada, dan baru menyerang untuk meminimalisir ancaman yang mungkin Anda hadapi, baik stealth maupun non-stealth. Keuntungan yang didapatkan? Anda dapat menggunakan outpost ini untuk melakukan stock ulang ammo dan armor, sekaligus menjadikannya sebagai fast travel station yang baru. Jadi Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk bernavigasi dengan kendaraan atau kaki, Anda bisa bergerak dari satu outpost ke outpost lainnya dengan fitur Fast Travel yang satu ini. Penguasaan outpost juga akan membuka varian side mission baru: sekedar berburu hewan-hewan khusus atau sekedar mengincar dan membunuh target tertentu untuk mendapatkan extra experience points, loot, dan uang.

Namun side-mission tidak selamanya tampil dalam bentuk ikon yang dapat Anda akses kapan saja, beberapa tampil dalam elemen terselubung yang tidak akan “menarik” Anda untuk terlibat, namun ternyata memainkan peranan yang penting. Hal inilah yang mungkin dapat dilukiskan lewat fitur Crafting yang ditawarkan Far Cry 3. Lewat fungsi yang satu ini, Anda bisa menciptakan berbagai item dengan fungsinya masing-masing, dari sekedar item penyembuh atau power up. Namun yang terpenting dari fitur ini adalah kemampuan untuk mengupgrade kontainer untuk menyimpan lebih banyak item, memegang lebih banyak senjata, membawa lebih banyak ammo, atau sekedar meningkatkan limit uang yang bisa Anda simpan. Upgrade ini akan membutuhkan requirements tertentu yang sebagian besar dapat Anda dapatkan dengan berburu binatang-binatang tertentu. Anda memang dapat saja melenggang dan tidak berburu, namun konsekuensinya akan sangat fatal seiring dengan progress permainan yang ada.

Berburu bergeser menjadi elemen penting dalam Far Cry 3. Selain memungkinkan Anda untuk menjual loot yang ada, bagian dari tubuh binatang ini menjadi bahan untuk menciptakan storage item dan uang yang lebih besar.
Bingung dimana saja musuh yang harus Anda hadapi? Keluarkan kamera dan mengintailah dari kejauhan terlebih dahulu. Kamera juga berfungsi sebagai tag untuk mengunci pergerakan musuh. Untuk Anda yang berfokus pada Stealth, ini menjadi rutinitas yang tidak boleh terlewatkan.

Namun bagaimana caranya Anda mencari binatang yang Anda butuhkan? Tenang saja, dengan membuka akses Radio Tower, Anda juga akan membuka point of interest jenis hewan yang menguasai daerah tersebut. Anda bisa mencari hewan yang Anda inginkan dengan mudah. Brody sendiri juga akan dibekali dengan kamera luar biasa yang dapat digunakan untuk men-tag posisi hewan yang Anda inginkan, sehingga Anda dapat melihat posisi mereka terlepas seberapa jauh pun mereka berlari. Fungsi kamera yang satu ini juga dapat digunakan untuk melakukan tagging posisi musuh demi mempermudah aksi infilitrasi Anda, apalagi jika Anda ingin berfokus pada sisi permainan stealth. Anda juga akan menemukan beberapa side mission lain seperti: Trial of Rakyat – mode survival berbasis points dan quest time trial yang meminta Anda untuk mengantarkan item dalam batas waktu tertentu.

Over Manly Brody: Medicine? You mean knife for bullet removal?

Satu hal yang menarik dari Far Cry 3 adalah ia tidak mengusung health regeneration dalam batas yang sering Anda temukan di game-game FPS saat ini. Health akan dibagi ke dalam beberapa bar kecil dan health hanya akan beregenerasi hingga bar batas luka dan tidak lebih. Namun tenang saja, ada beberapa cara untuk mengembalikan health ini. Cara paling cepat tentu saja dengan membeli atau melakukan crafting medicine dan menggunakannya. Namun Anda juga dapat menyembuhkan diri secara manual dengan menahan tombol tertentu dan menikmati aksi survival Brody yang gory untuk mendapatkan beberapa bar health. Namun penyembuhan tanpa obat ini sangat lambat dan hampir tidak akan berguna banyak jika Anda tengah terlibat dalam baku tembak.

FPS memang menjadi satu bagian kecil dari luasnya mekanisme yang ditawarkan Far Cry 3, namun tidak lantas membuatnya tampil sebagai unsur gameplay yang dominan. Pada akhirnya, sudut pandang ini hanya menjadi pintu depan untuk menikmati pengalaman Far Cry 3 yang tetap mengusung skema open-world dan eksplorasi sebagai nilai jual yang tidak tergantikan. Ada begitu banyak hal di luar misi utama yang akan terus menyibukkan Anda. Berburu, crafting, side mission, radio tower, dan merebut outpost perlahan akan menahan Anda di Far Cry 3 dan sejenak melupakan dunia luar.

Pick Your Own Tattoo!

Desain tato di tangan kiri Jason Brody. Setiap bentuk yang ada mewakili skill yang berhasil dipilih dan dikuasai oleh Anda.

Tato memang menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari budaya sebagian besar masyarakat pedalaman dunia, termasuk para Rakyat di Rook Island, Papua Nugini ini. Alih-alih dilihat sekedar sebagai modifikasi tampilan, tato menjadi bagian dari pengalaman spiritual dan merepresentasikan nilai-nilai moral yang dijunjung tinggi. Di Far Cry 3, tato menjadi lambang keberanian dan berfungsi sebagai tanda pejuang Rakyat. Di tangan sang karakter utama Jason Brody, tato menjadi identitas yang tidak lagi terpisahkan, bahkan melambangkan kualitas dan kuantitas kemampuan yang ia miliki. Ia merepresentasikan pohon skill yang Anda pilih.

Mekanisme RPG memang bukan lagi hal baru di franchise Far Cry dan ternyata tetap bertahan di seri ketiga ini. Mengumpulkan experience points dalam jumlah yang cukup, maka Anda dapat akan dibekali 1 skill points untuk membuka satu skill dari tiga cabang pohon skill yang disediakan. Setiap pohon yang diwakili oleh hewan tertentu ini memang ditujukan untuk mendukung gaya permainan tertentu. The Heron (Bangau) berfokus pada mobilitas dan senjata-senjata jarak jauh, The Spider (Laba-Laba) mengusung stealth takedowns dan survivabilitas, dan The Shark (Hiu) menjanjikan kemampuan assault takedowns dan healing. Anda bisa berfokus pada hanya salah satu skill tree di awal permainan atau menggabungkan beberapa skill untuk mendukung gaya bermain terbaik Anda. Stealth memang sulit, namun dengan resiko ancaman yang lebih kecil, sementara non-stealth berlaku pada konsekuensi gameplay sebaliknya. Takut salah satu pohon tidak akan kebagian points? Tenang saja, dunia Far Cry 3 menawarkan begitu banyak alternatif untuk memanen experience points dalam jumlah yang cukup. Bahkan dengan membunuh musuh dengan takedown khusus atau headshot saja sudah akan berkontribusi.

Seperti halnya game-game RPG, Anda akan mendapatkan 1 skill points untuk setiap jumlah experience points yang berhasil didapatkan. Ada tiga cabang pohon skill utama yang dapat Anda pilih atau kombinasikan.
Jangan takut bahwa Anda tidak akan memiliki cukup experience points untuk memaksimalkan setiap cabang pohon skill ini. Bahkan dengan hanya melakukan headshot maupun takedown, Anda akan mendapatkan porsi experience points yang cukup menggiurkan, tentu saja di luar segudang side missions yang menawarkan lebih banyak.

Untuk setiap skill yang Anda pilih dari kategori pohon yang ada, Brody akan mendapatkan tato ekstra yang sesuai di bagian tangannya. Jadi, memilih skill ini tak ubahnya sedang memilih varian tato yang dapat disematkan di tangan Anda sendiri.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…
November 24, 2020 - 0

Review Call of Duty – Black Ops Cold War: Eksekusi Campaign Fantastis!

Industri game dan akhir tahun berarti membicarakan soal rilis game-game…
November 18, 2020 - 0

Preview Call of Duty – Black Ops Cold War: Konspirasi Tidak Basi!

Akhir tahun di industri game berarti menikmati kembali seri terbaru…
October 23, 2020 - 0

Menjajal DEMO Little Nightmares II: Jaminan Merinding!

Jika Anda secara aktif mengikuti JagatPlay, maka ada satu elemen…

PlayStation

February 20, 2021 - 0

Review Playstation 5 (Software): Indah, Elegan, Cepat!

Diskusi terkait konsol generasi terbaru memang lebih banyak didominasi soal…
February 17, 2021 - 0

Menjajal BETA Guilty Gear Strive: Siap Menjadi yang Terbaik!

Seperti halnya posisi Codemasters di dunia game racing, nama Arc…
February 15, 2021 - 0

Review Atelier Ryza 2: Terasa Seperti Petualangan Sampingan!

Sesuatu yang positif atau tidak, namun jadi fakta yang tidak…
February 11, 2021 - 0

Review Destruction AllStars: Butuh Misil dan Bom!

Game-game apa yang akan menemani rilis sebuah konsol generasi terbaru?…

Nintendo

July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…
June 5, 2020 - 0

Preview Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Format Terbaik!

Nintendo Wii adalah sebuah fenomena yang unik di industri game.
April 15, 2020 - 0

Review Animal Crossing – New Horizons: Sesungguhnya Game Super Hardcore!

Tumbuh menjadi sensasi internet dalam waktu singkat, banyak gamer yang…