10 Game Klasik Teman Ngabuburit Paling Asyik!

Reading time:

5. Solitaire

solitaire

Solitaire? Dari lusinan game berat yang mampu menyita ratusan jam gameplay, Jagat Play lebih memilih Solitaire? Tenang dulu, prejudice mungkin akan membuat Solitaire terlihat sebagai game yang tidak “menawan”, namun faktanya – ia terhitung efektif untuk memunculkan efek time wrap. Game yang identik dengan sistem operasi Windows ini memang tampil tak ubahnya sebuah game puzzle, menyusun setumpuk kartu dalam urutan yang terstuktur dengan jelas. Posisi kartu yang acak dari satu fase ke fase lainnya membuat setiap sesi menghadirkan pengalaman dan tantangan terasa berbeda. Didorong dengan sedikit api kompetitif dalam diri, bukan hal yang tidak mungkin Anda akan terus mengulang permainan ini hanya untuk mencapai satu tujuan sederhana – berusaha untuk menyelesaikannya setidaknya satu kali dalam setiap sesi permainan. Solitaire juga menjadi senjata pemungkas yang bisa diandalkan ketika Anda tengah ngabuburit di tempat kerja yang sebagian besar tentu tidak memungkinkan Anda untuk menyuntikkan game-game kelas berat di dalamnya.

4. Diablo 2: Lord of Destruction

diablo 2 lord of destruction

Para penggemar game action RPG tentu saja tidak akan asing lagi dengan franchise “legendaris” dari Blizzard – Diablo. Namun alih-alih jatuh cinta pada seri ketiga yang sudah dinantikan selama belasan tahun, seri terbaik franchise ini justru terletak pada pesona yang ditawarkan oleh Diablo 2 dan expansion pack andalannya – Lord of Destruction. Segudang karakter yang bisa dipilih dengan keunikan skill masing-masing, Diablo 2 menawarkan dunia yang terhitung luas, segudang quest untuk diselesaikan, dan tentu saja kebebasan untuk menciptakan kararakter Anda lewat modifikasi atribut dan skill yang terbuka luas. Bergabung dengan user yang lain dan menjalani petualangan bersama? Awesome!

3. Crash Team Racing

CTR

Dunia game mungkin masih merindukan kehadiran kembali Crash Bandicoot ke industri ini setelah masa kejayaan Playstation yang berhasil menarik hati gamer. Dari semua seri yang ditawarkan oleh franchise yang satu ini, sang seri spin-off – Crash Team Racing boleh terbilang menjadi primadona di mata para pemilik Playstation dulu. Konsepfun racing ala Mario Kart dan mengkombinasikannya dengan juga mode battle ala Twisted Metal, pertempuran kecepatan tinggi ini akan membuat adrenalin Anda mengalir kencang, apalagi ketika segudang senjata dengan beragam karakteristik meluncur cepat di layar televisi Anda. Memainkannya bersama dengan teman yang lain? Kesenangan maksimal!

2. Pokemon Red & Blue

pokemon red and blue

“Gotta Catch’em All!”, Pokemon tumbuh menjadi fenomena tersendiri di industri game. Seri Red & Blue yang sempat dirilis di masa Game Boy dahulu lah yang akhirnya menarik begitu banyak gamer untuk jatuh cinta pada franchise yang satu ini. Tidak hanya sekedar memperkuat Pokemon yang Anda miliki dan menyelesaikan jalinan cerita utama, Anda juga berkesempatan menaklukkan dan mengumpulkan lebih dari 151 Pokemon di sepanjang permainan. Masing-masing tentu hadir dengan tantangan tersendiri, termasuk ketika mengumpulkan mereka yang masuk dalam level legendaris. Lebih dari 10 tahun setelahnya, Pokemon Red & Blue tentu saja menjadi pilihan game klasik ngabuburit yang menarik, apalagi mengingat emulator Game Boy yang kini bisa disuntikkan dengan mudah ke smartphone Anda.

1. Harvest Moon: Back To Nature

Harvest Moon BTN (57)

Bercocok tanam, beternak, mengumpulkan beragam resource yang tersebar di sudut kota, berinteraksi dengan penduduk kota, menjalin cinta dengan karakter wanita pilihan, mengikuti beragam kontes, memasak, sekedar tidur dan menonton televisi, hingga melatih kuda dan anjing kesayangan, ada segudang aktivitas yang bisa Anda lakukan ketika masuk ke dalam dunia Harvest Moon: Back to Nature. Game yang mencuri begitu banyak gamer Indonesia di masa lalu ini menawarkan mekanik gameplay unik dan melenceng dari tren mainstream saat itu. Membuat Anda terus terlibat dalam aktivitas yang seolah tidak pernah habis, Anda memiliki kebebasan mutlak untuk menentukan cara dan strategi Anda untuk dapat diterima oleh masyarakat kota, sekaligus memastikan diri dapat bertahan hidup. Menangani pertanian Anda akan cukup untuk membuat Anda sibuk selama seharian penuh, bahkan melupakan fakta bahwa Anda tengah berpuasa.

Di atas adalah 10 game klasik yang menurut kami pribadi, merupakan game klasik terbaik untuk menemani waktu ngabuburit Anda. Tidak hanya sekedar memunculkan efek time-wrap secara efektif, semua game di atas juga tidak memuat beragam konten eksplisit yang memang tidak cocok dengan keseluruhan tema Ramadhan. Walaupun ditawarkan dalam beragam genre, sebagian besar game di atas juga didesain untuk menjadikan kesenangan sebagai tujuan utama tanpa mengabaikan aspek tantangan yang akan terus mendorong untuk terus mencoba, lagi, lagi, lagi, dan lagi. Dengan kemampuan PC yang terbatas pun, sekaligus dengan software emulasi yang mumpuni, semua game di atas dapat dijalankan dengan begitu mudah.

Bagaimana menurut Anda sendiri? Game-game klasik apa saja yang menurut Anda paling efektif dan menyenangkan untuk ngabuburit? Tentu saja, klasik dalam pengertian dirilis satu hingga dua generasi sebelum generasi gaming saat ini. Feel free to comment and expand the list!

Source Feat Image: deviantart

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…