Review Playstation 4: Awal Dari Generasi Gaming yang Baru!

Reading time:
January 9, 2014

Apakah Saya Harus Membeli Playstation 4 Sekarang?

Haruskah Anda membeli Playstation 4 sekarang?
Haruskah Anda membeli Playstation 4 sekarang?

Sebagian besar dari Anda yang sudah membaca bagian-bagian review kami di atas tentu akhirnya akan jatuh pada satu pertanyaan besar, apakah saat ini menjadi momen yang tepat untuk membeli Playstation 4? Apalagi dengan dukungan Sony Indonesia yang akhrinya secara resmi merilis konsol ini untuk publik gamer Tanah Air. Karena jujur saja, dengan range harga jual sekitar Rp 6,8 juta – Rp 7,4 juta, Playstation 4 bukanlah konsol yang terhitung “murah” jika disandingkan dengan dalamnya kantong rata-rata gamer Indonesia. Jika pertanyaan seperti ini yang Anda ajukan, maka Anda harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum akhirnya memutuskan apakah Anda akan melompat dan ikut masuk dalam gelombang tren yang ada atau tidak.

Perhatian yang paling pertama, tentu saja masalah game. Sebagai sebuah konsol dengan umur yang “sangat muda”, game eksklusif yang ditawarkan oleh Playstation 4 saat ini memang masih terhitung minim. Dengan range harga sekitar 7 jutaan rupiah, hanya dua game yang benar-benar memaksimalkan kemampuan Playstation 4 dan memperlihatkan citra next-gen yang kuat: Killzone – Shadow Fall dan NBA 2K14. Jika Anda tidak tertarik untuk memainkan salah satu dari kedua game tersebut, maka Anda tidak harus membeli Playstation 4 saat ini. Akan jauh lebih bijak jika Anda menunggu hingga game yang benar-benar Anda inginkan dirilis terlebih dahulu,baru membeli konsol yang ada. Mengapa? Karena di setiap penantian seperti ini, Anda berkesempatan menikmati harga Playstation 4 yang akan mungkin lebih murah dibandingkan harga rilis perdana. Dengan potensi bundle dan atmosfer perangkat lunak yang lebih stabil, penantian Anda akan berbuah manis.

Perhatian kedua? Tentu saja budget yang harus Anda keluarkan dari kantong jika berhasil mendaratkan Playstation 4 ini di ruang bermain Anda. Dengan game yang masih ditawarkan di range harga sekitar Rp 650 – 750 ribu/keping, Anda juga harus memastikan dompet Anda cukup tebal untuk membeli seabgian besar game eksklusif dan third party menarik untuk konsol next-gen Sony ini, yang akan cukup membludak di tahun 2014. Jangan sampai Anda terjebak dengan satu game saja selama kurun waktu dua tahun karena tidak mempertimbangkan hal ini terlebih dahulu.

Playstation 4 adalah sebuah konsol yang potensial, tidak ada yang bisa membantah hal tersebut. Namun dengan harga yang terhitung cukup mahal saat ini, ada baiknya Anda menunggu hingga konsol ini benar-benar terasa “worth” untuk dibeli, terutama ketika game yang sudah lama Anda nantikan akhirnya dirilis ke pasaran atau sudah memiliki budget cukup untuk memfasilitasi pembelian game yang lain.

Kesimpulan

Playstation 4 - JagatPlay
Playstation 4 adalah pembuka generasi gaming baru yang manis, lewat semua keunggulan yang ia tawarkan, yang tentu saja lebih sempurna dibandingkan sang generasi sebelumnya. Potensi yang ia hadirkan cukup untuk menenangkan para pemiliknya untuk masa depan gaming yang cerah, apalagi lewat konsistensi Sony untuk terus berpihak pada kepentingan gamer. The future is here..

Sebagai sebuah platform baru, Sony berhasil membuktikan dengan jelas bahwa Playstation 4 akan membawa pengalaman gaming usernya dengan atmosfer generasi terkini. Kita tidak hanya membicarakan kualitas visual setiap game yang kini terlihat memesona, tetapi juga dari desain “futuristik” nan minimalis yang ia tawarkan di sana. Penyempurnaan Dualshock 4 yang kini hadir jauh lebih ergonomis membuat pengalaman ini lebih nyaman, bahkan untuk genre “mimpi buruk” seperti FPS dan third person shooter yang cukup dihindari di Playstation 3 tempo dulu. Kemampuan yang luar biasa, Sony juga berusaha mengidentifikasikan Playstation 4 sebagai sebuah konsol “sosial”, dimana Anda sangat dipermudah untuk berbagi beragam konten yang tengah Anda mainkan via media sosial utama. Game yang ditawarkan mungkin masih minim secara kuantitas, namun Anda bisa melihat potensi yang menjanjikan di masa depan.

Secara garis besar, Playstation 4 terlihat begitu solid, baik dari sisi performa, desain fisik, maupun fitur yang ditawarkan. Satu hal yang ia butuhkan saat ini hanyalah limpahan game-game berkualitas yang memang mampu mengoptimalkan potensi yang ia bawa. Karena harus diakui, Anda tidak punya banyak alternatif saat ini. Sony memang menjanjikan beberapa judul eksklusif dalam beberapa bulan ke depan, seperti Yakuza: Ishin, Driveclub, dan Infamous: Second Son. Playstation 4 akan terlihat jauh lebih menarik jika game-game tersebut akhirnya dirilis ke pasaran.

Playstation 4 adalah pembuka generasi gaming baru yang manis, lewat semua keunggulan yang ia tawarkan, yang tentu saja lebih sempurna dibandingkan sang generasi sebelumnya. Potensi yang ia hadirkan cukup untuk menenangkan para pemiliknya untuk masa depan gaming yang cerah, apalagi lewat konsistensi Sony untuk terus berpihak pada kepentingan gamer. The future is here..

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…

PlayStation

June 29, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yoko Taro (NieR Series)!

Menyebutnya sebagai salah satu developer paling eksentrik di industri game…
June 24, 2021 - 0

Preview Scarlet Nexus: Bak Menikmati Anime Aksi Berkualitas!

Komitmen Bandai Namco untuk menawarkan game-game dengan cita rasa anime…
June 21, 2021 - 0

Review Guilty Gear Strive: Wangi Kemenangan!

Sepak terjang Arc System Works di genre game fighting memang…
June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…