Review Infinite Crisis – Beta: MOBA Dengan Superhero DC!

Reading time:
February 7, 2014
Infinite Crisis (1)

MOBA mungkin menjadi salah satu genre paling muda di industri game, yang lahir ketika industri game mulai memantapkan jati diri sebagai salah satu industri hiburan mainstream. Walaupun demikian, genre yang dipopulerkan oleh nama-nama besar seperti DOTA, League of Legends, dan Heroes of Newerth ini  terus mendulang popularitas yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Gameplay yang sangat kompetitif dengan mekanik gameplay yang kompleks tetapi juga adiktif di saat yang sama membuatnya digandrungi oleh banyak gamer. Hal ini kian diperkuat dengan munculnya MOBA sebagai salah satu game yang paling sering dipertandingkan di event kompetisi internasional, dengan hadiah wah yang bisa mencapai jutaan dollar. Dengan minta pasar luas seperti ini, tidak mengherankan jika banyak developer dan publisher yang berusaha masuk ke pasar ini.

DOTA 2 dan League of Legends adalah dua pemain besar yang menguasai hampir sebagian besar scene MOBA di seluruh dunia. Walaupun demikian, hal ini tidak menghalangi para developer dan publisher untuk menjajal pasar yang sama, tentu saja dengan produk yang memberikan cita rasa yang berbeda. Hi-Rez Studio, misalnya, mengembangkan SMITE – sebuah game MOBA dari kacamata orang ketiga. Atau Blizzard yang hingga kini masih menggondok Heroes of the Storm – MOBA yang diintegrasikan dengan elemen RPG yang lebih kental. Proses serupa juga tengah dijalani Warner Bros dan Turbine lewat sebuah proyek ambisius – Infinite Crisis.

Setelah mendaftar sebagai salah satu partisipan versi beta dari bulan Mei 2013 yang lalu, kesempatan yang kami nantikan akhirnya datang. Sebuah email yang berisi kode beta untuk Infinite Crisis akhirnya hadir. Sebagai salah satu penggiat genre MOBA sendiri, tentu ada begitu banyak antisipasi terhadap game yang satu ini, apalagi mengingat konsep karakternya yang kesemuanya diadaptasikan dari semesta superhero dan villain dari DC Comics.

Lantas bagaimana kesan yang ia tawarkan di masa beta ini? MOBA seperti apa yang membuatnya berbeda dengan kompetitor yang lain? Kami akan membahasnya lebih dalam di review kali ini.

Kesempatan Menggunakan Variasi Karakter DC

Sebagian dari kita yang tidak terlalu mendalami dunia komik Barat tentu saja akan cukup bingung dengan keputusan EA dan Turbine untuk menjadikan semesta DC sebagai pilihan. Terlepas dari setiap karakter yang ikonik yang tentu saja tidak asing lagi, kuantitas mungkin menjadi masalah karena game tipikal MOBA yang selalu menawarkan puluhan alternatif hero untuk digunakan, tentu saja dengan kelebihan dan kekurangan yang dibangun dari variasi skill yang ada. Superman, Batman, Wonder Woman, Flash, Shazam, Cyborg, Cat Woman, dan Anda mungkin hanya akan menghitung belasan karakter di kepala dan tidak bisa lagi memikirkan nama yang lain. Namun jangan khawatir, Turbine tampaknya sudah berencana dengan sangat matang untuk mengatasi hal tersebut. Infinite Crisis akan menawarkan sebuah semesta DC Comic dengan skala sangat luas.

Infinite Crisis menjadikan semesta DC sebagai nilai jual utama - mempertemukan karakter superhero dan villain ikonik yang tentu saja tidak lagi asing bagi Anda.
Infinite Crisis menjadikan semesta DC sebagai nilai jual utama – mempertemukan karakter superhero dan villain ikonik yang tentu saja tidak lagi asing bagi Anda.
Infinite Crisis tidak akan pernah kehilangan celah untuk memperbanyak roster yang ada. Setiap karakter ikonik yang Anda kenal, dari Batman, Catwoman, Superman, Wonder Woman, akan mendapatkan varian yang masing-masing hadir dengan desain dan skill yang berbeda.
Infinite Crisis tidak akan pernah kehilangan celah untuk memperbanyak roster yang ada. Setiap karakter ikonik yang Anda kenal, dari Batman, Catwoman, Superman, Wonder Woman, akan mendapatkan varian yang masing-masing hadir dengan desain dan skill yang berbeda. Contoh? Mecha Wonder Woman!

Untuk mengatasi hal ini, Turbine memutuskan untuk menawarkan begitu banyak variasi untuk setiap karakter ikonik yang ada, bahkan varian yang mungkin belum pernah ditemui penggila komik DC sebelumnya. Sebagai contoh? Wonder Woman misalnya. Tidak hanya menawarkan satu Wonder Woman seperti yang kita kenal, Infinite Crisis juga mengusung Wonder Woman, Atomic Wonder Woman, dan Mecha Wonder Woman, yang masing-masing hadir dengan desain dan varian skill yang berbeda satu sama lain. Kombinasi varian hero seperti inilah yang akan menjadi penopang kuantitas karakter yang bisa Anda gunakan ketika Infinite Crisis dirilis untuk khalayak yang lebih umum nantinya. Satu yang pasti, semasa menjalani masa beta ini, Turbine secara konsisten memberikan update yang tidak hanya memberikan kestabilan, tetapi juga karakter-karakter DC yang baru secara berkala.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

August 10, 2022 - 0

Review Marvel’s Spider-Man Remastered PC: Siap Kembali Berayun!

Marvel's Spider-Man Remastered akhirnya tersedia di PC. Apa saja yang…
August 2, 2022 - 0

Review Beat Refle: Pijat Refleksi Super Seksi!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Beat Refle ini? Mengapa kami…
July 22, 2022 - 0

Review As Dusk Falls: Ini Baru Game Drama Berkualitas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh As Dusk Falls ini?…
June 28, 2022 - 0

Review My Lovely Wife: Pilih Istri atau Iblis-Iblis Seksi!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Wife ini?…

PlayStation

July 18, 2022 - 0

Review STRAY: Kocheng Oren Mah Bebas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh STRAY? Mengapa kami menyebutnya…
March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…
March 23, 2022 - 0

Review Ghostwire – Tokyo: Berburu Setan Jepang!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghostwire: Tokyo ini? Mengapa…
March 21, 2022 - 0

Review Elden Ring: Cincin Menuntut Nyawa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan Elden Ring? Lantas, mengapa kami menyebutnya…

Nintendo

August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…