Review Final Fantasy XIV – ARR: Pantas Usung Langganan Bulanan!

Reading time:
May 5, 2014

Terkadang, Langganan Lebih Baik

Keputusan untuk bertahan dengan sistem langganan bulanan terbukti efektif untuk FF XIV: ARR.
Keputusan untuk bertahan dengan sistem langganan bulanan terbukti efektif untuk FF XIV: ARR.

Ini mungkin menjadi opini yang tidak terlalu populer, namun harus diakui, ada saatnya sebuah sistem langganan bulanan menjadi format yang paling tepat untuk menjamin kualitas sebuah game MMORPG, alih-alih bertahan dengan sistem free to play. FF XIV: ARR menjadi bukti yang paling valid.

Anda memang harus membayar dana ekstra untuk setiap bulannya, namun pengorbanan ini terasa jauh lebih nikmat daripada harus berhadapan dengan sebuah game MMO free to play yang mengusung sistem item mall dan mengeksploitasinya secara brutal. FF XIV: ARR menyediakan kepastian pengalaman yang super maksimal, tanpa bug signifikan, dan sistem item mall yang mungkin berpengaruh signifikan pada balancing permainan. Setidaknya progress permainan Anda yang sudah setengah mati dibangun selama beberapa bulan terakhir ini tidak akan tercederai oleh fakta bahwa gamer lain bisa saja sekedar membayar lebih mahal untuk mendapatkan level dan equipment lebih keren secara instan, sesuatu yang seringkali ditemukan di game F2P.

Kesimpulan

FF XIV ARR Part 2 (14)
FF XIV: ARR terhitung sangat berhasil membuktikan diri sebagai sebuah game MMORPG yang pantas untuk ditawarkan dengan sistem langganan bulanan. Mengikuti standar “ada harga, ada kualitas”, FF XIV: ARR menawarkan sebuah kualitas game MMO yang pantas untuk diacungi jempol.

Sebuah penantian yang manis, sebuah penebusan yang luar biasa dari Square Enix, dan sebuah pengalaman MMORPG yang kuat dan berkualitas, tiga kalimat ini tampaknya sudah cukup untuk mengekspresikan sensasi yang ditawarkan Square Enix di FF XIV: ARR ini. Ada begitu banyak hal yang bisa Anda lakukan, dari sekedar memilih job, menyelesaikan sidequest, bergabung dalam guild, atau hanya sekedar memenuhi log yang tersedia di dalam permainan untuk extra experience points. Atau Anda termasuk gamer yang lebih suka menyelesaikan garis cerita utama, yang dibangun FF XIV: ARR dengan sangat baik lewat desain karakter, dunia, dan plot yang baik. Fakta bahwa ia mengusung begitu banyak identitas franchise Final Fantasy selama ini juga tidak bisa dipandang sebelah mata, menjadikannya sebagai sebuah seri yang akan memuaskan hasrat para pencinta franchise JRPG fenomenal ini, terutama bagi mereka yang kecewa dengan seri Final Fantasy XIII.

Walaupun demikian, ada satu kekurangan cukup fatal yang kami rasakan ketika menjajal FF XIV: ARR selama dua minggu terakhir ini. Salah satu yang paling menyebalkan adalah fakta bahwa semakin tinggi level Anda, semakin tidak efektif pula sistem match-making untuk mencarikan Anda sebuah tim secara otomatis. Penantian bisa memakan waktu berpuluh-puluh menit, bahkan hitungan jam, tanpa hasil yang signifikan. Kekurangan yang lain juga dirasakan pada beberapa fungsi yang masih sulit diakomodasi oleh kontroler konvensional seperti DualShock 4, terutama ketika Anda berperan sebagai seorang healer. Bolak balik memilih target teman untuk heal dan musuh untuk membantu melontarkan damage menjadi sesuatu yang membingungkan, apalagi ketika kondisi pertarungan sangat hectic di FATE. Bencana besar.

Namun terlepas dari semua kekurangan tersebut, FF XIV: ARR terhitung sangat berhasil membuktikan diri sebagai sebuah game MMORPG yang pantas untuk ditawarkan dengan sistem langganan bulanan. Mengikuti standar “ada harga, ada kualitas”, FF XIV: ARR menawarkan sebuah kualitas game MMO yang pantas untuk diacungi jempol. Kebebasan eksplorasi, segudang aktivitas yang bisa dilakukan, dunia dan kesibukan yang hampir tanpa batas, dan desain “kosmetik” yang memanjakan mata, FF XIV: ARR adalah sebuah bukti, bahwa terlepas dari gerak free to play yang kini berubah menjadi gelombang mainstream, sebuah game MMO berbasis langganan bulanan masih menjadi sesuatu yang sangat relevan. Apalagi jika ia menawarkan pengalaman yang luar biasa!

Kelebihan

Kehadiran elemen-elemen identik Final Fantasy yang dipertahankan menghasilkan pengalaman nostalgia dan baru di saat yang sama.
Kehadiran elemen-elemen identik Final Fantasy yang dipertahankan menghasilkan pengalaman nostalgia dan baru di saat yang sama.
  • Desain karakter dan dunia yang luar biasa
  • Progress karakter berbasis job
  • Segudang side quest dan aktivitas yang bisa Anda lakukan
  • Duty Finder untuk mengakomodasi player solo
  • Sistem ekonomi yang seimbang
  • Minim bug
  • Identitas franchise Final Fantasy yang tetap dipertahankan

Kekurangan

Dengan kondisi pertarungan se-hectic ini, sulit untuk menjalankan peran seabgai healer jika hanya bermodalkan DualShock 4.
Dengan kondisi pertarungan se-hectic ini, sulit untuk menjalankan peran seabgai healer jika hanya bermodalkan DualShock 4.
  • Antrian Duty Finder yang terkadang terlalu lama
  • Beberapa fungsi permainan yang sulit diakomodasi DualShock 4

Cocok untuk gamer: pencinta seri Final Fantasy lawas, yang menginginkan pengalaman MMORPG berkualitas

Tidak cocok untuk gamer: dengan kondisi keuangan yang tidak memungkinkan pengeluaran USD 15/bulan, tidak memiliki koneksi internet yang stabil

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

January 20, 2023 - 0

Review A Space for the Unbound: Standar Tertinggi Game Indonesia Saat Ini!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh A Space for the Unbound?…
October 18, 2022 - 0

Review Uncharted Legacy of Thieves (PC): Drake Pindah Rumah!

Seperti apa performa dan fitur yang ditawarkan oleh Uncharted Legacy…
September 23, 2022 - 0

Review IMMORTALITY: Misteri Dalam Misteri Dalam Misteri!

Apa yang sebenarnya  ditawarkan oleh IMMORTALITY? Mengapa kami menyebutnya game…
August 19, 2022 - 0

Review Cult of the Lamb: Menyembah Setan Sambil Bertani!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Cult of the Lamb ini?…

PlayStation

January 30, 2023 - 0

Review Dead Space Remake: Isak Tangis di Luar Angkasa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dead Space Remake ini? Apa…
December 22, 2022 - 0

Review Crisis Core – Final Fantasy VII Reunion: Reunian dengan Muka Baru!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Crisis Core – Final Fantasy…
December 8, 2022 - 0

Review Star Ocean – The Divine Force: Bukan Melesat, Malah Meleset!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Star Ocean: The Divine Force?…
December 7, 2022 - 0

Review The Callisto Protocol: Permulaan yang Menjanjikan!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh The Callisto Protocol ini? Mengapa…

Nintendo

November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…