COD: Advanced Warfare Lebih Stabil di Xbox One daripada PS4

Reading time:
November 5, 2014

Salah satu game FPS yang paling ditunggu tahun ini, Call of Duty: Advanced Warfare, telah dirilis ke pasaran. Sambutannya pun cukup positif walaupun tak sedikit gamer yang memiliki ekpektasi lebih tinggi dari yang disajikan oleh Sledgehammer Games.

Seperti pada beberapa game lainnya yang baru diluncurkan, COD: Advanced Warfare pun tentunya tak luput dari kekurangan. Khusus untuk versi PS4, gamer mengeluhkan frame rate dari game ini yang sering tidak stabil, alias naik-turun.

Yang menarik, ternyata versi Xbox One dari Advanced Warfare justru berjalan jauh lebih mulus dibanding PS4. Padahal seperti diketahui, hardware yang dimiliki Xbox One tidak lebih kuat dari konsol garapan Sony itu.

Lalu, apa yang membuatnya mampu menjalan Advanced Warfare dengan lebih baik? Satu kata: Resolusi. Tak dapat dipungkiri versi PS4 memang lebih unggul jika bicara tentang resolusi. 1080p secara konstan bisa dinikmati oleh gamer.

COD: AW versi Xbox One ternyata berjalan dengan framerate lebih stabil dibandingkan versi PS 4. Semuanya berkat dynamic resolution yang ia usung.
COD: AW versi Xbox One ternyata berjalan dengan framerate lebih stabil dibandingkan versi PS 4. Semuanya berkat dynamic resolution yang ia usung.

Namun untuk versi Xbox One, Sledgehammer menggunakan metode yang berbeda. Bukannya konstan menyajikan game dalam resolusi 1080p, Advanced Warfare di Xbox One secara dinamis mengubah resolusi antara 1920×1080 dan upscalling 1360×1080, tergantung kebutuhan.

Hasilnya, frame rate yang didapatkan oleh gamer Xbox One cenderung lebih stabil di 60fps. Dan perbedaan resolusi yang sedikit lebih kecil tersebut akan sulit terlihat perbedaannya jika tidak diperhatikan secara rinci.

Untuk membuktikan hal ini, Digital Foundry telah mengunggah video komparasi antara Advanced Warfare versi PS4 dan versi Xbox One. Bagaimana dengan Anda sendiri? Pilih resolusi yang lebih tinggi atau frame rate yang stabil?

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…