Final Fantasy XV Rilis Demo Gameplay Berdurasi 40 Menit!

Reading time:
February 23, 2015

Kehadiran Final Fantasy Type-0 HD yang rencananya meluncur bulan depan memang menjadi salah satu proyek yang begitu diantisipasi. Bukan hanya karena kesempatan untuk mencicipi seri ini di visual yang lebih baik dan tentu saja – dalam bahasa yang bisa kita mengerti, namun fakta bahwa ia akan memuat demo Final Fantasy XV  – Episode Duscae di dalamnya. Benar sekali, penantian selama 8 tahun terakhir tanpa ada kejelasan akhirnya sedikit terbayarkan juga! Di bawah tangan Hajime Tabata, proyek yang sempat menyandang nama “Final Fantasy XIII Versus” ini memang kian memperlihatkan progress yang menjanjikan. Lantas konten demo seperti apa yang bisa Anda antisipasi bulan depan? Square Enix berbagi begitu banyak detail baru.

Tidak main-main, lewat sebuah event live streaming, Square Enix memperlihatkan 40 menit gameplay demo FF XV ini, sekaligus berbagi detail lebih banyak, dari sekedar mekanisme kontrol, menu dan aksi yang bisa Anda lakukan, hingga musuh seperti apa yang bisa Anda hadapi di sana. Tentu saja, demo akan berbeda dengan versi final. Square Enix berjanji bahwa beberapa hal yang Anda temukan di versi demo ini akan disempurnakan ketika FF XV dirilis nanti, walaupun masih tanpa tanggal rilis yang pasti. Lantas, detail apa saja yang pantas untuk diperhatikan?

ff xv menu3 ff xv menu2 ff xv menu1 ff xv menu
  • Demo ini akan punya ending sendiri dan bisa dicapai dalam 3 jam permainan.
  • Misi utamanya adalah meminta Noctis untuk mencari uang demi perbaikan mobil di bengkel milik Cid. Karena hal ini pulalah, Anda tidak akan bisa mengendarai mobil di versi demo ini dan hanya berjalan kaki.
  • Ada sistem Guard – menghindari serangan musuh biasa tanpa damage. Berbasis timing dan akan memakan sedikit jumlah MP Anda.
  • Pertempuran akan diikuti dengan background music-nya sendiri. BGM ini juga menjadi indikator apakah Anda masih berada dalam situasi genting atau sudah keluar dari momen bertarung (ketika berusaha lari dari kejaran musuh, misalnya).
  • Setiap musuh akan punya sifatnya sendiri-sendiri. Musuh seperti “Totetsu” akan terus mengejar Noctis ketika berada dalam jarak yang dekat, sementara “Garula” hanya berbahaya jika diprovokasi.
  • Beberapa serangan musuh akan  tampil bersinar, sebuah sinyal bagi Anda untuk menekan tombol parry secara tepat dan memicu serangan balik.
  • Equipment akan punya 5 fungsi utama: Break, Rush, Slash, Counter, dan Raid. Break digunakan untuk menghancurkan stance musuh, Rush untuk kombinasi serangan cepat dan beruntun, Slash digunakan untuk menghasilkan damage besar namun lambat, Counter untuk serangan balik, dan Raid yang menghasilkan animasi serangan dengan melompat.
  • Kelima sistem senjata ini menciptakan elemen strategi dimana Anda harus beradaptasi dengan kelemahan dan kekuatan unik tiap musuh yang ada.
  • Anda bisa membuka peta di luar pertempuran. Di dalam peta akan ada beberapa indikator, termasuk hal yang bisa Anda kumpulkan untuk mendapatkan ekstra Gil (uang).
  • Ketika berada dalam camp, Anda bisa meminta Ignis memasak. Masakan yang ia hasilkan akan memunculkan buff tertentu. Bahan bisa dikumpulkan dari eksplorasi atau mengalahkan musuh tertentu.
  • Anda hanya bisa melakukan level up di camp.
  • Jika Anda berhasil mengalahkan Behemoth bernama “Smoke Eye” di demo ini, Anda akan mendapatkan reward yang pantas.
  • Malam hari menjadi momen yang sangat berbahaya. Musuh seperti Goblin tidak hanya bisa sekedar menyerang, tetapi juga mencuri item dan menyuntikkan status Poison ke party Anda.
  • HP jatuh ke angka 0 tidak otomatis menjadi game over di FF XV ini. Jika HP Noctis kosong, ia akan jatuh ke dalam status “Critical Condition”, yang hanya akan berlangsung dalam waktu yang terbatas. Selama kondisi ini, Noctis bisa menggunakan item untuk heal atau menunggu teman yang lain menolongnya. Jika HP nya naik dari angka 0, Noctis akan baik-baik saja. Namun jika tetap 0 hingga waktu selesai, otomatis Game Over.
  • Tabata tidak yakin demo akan berjalan di 1080p – 30fps, namun menjanjikan resolusi dan framerate tersebut di versi final nantinya.
  • Demo tidak memuat sistem cuaca yang dapat berubah. Namun Square Enix menjanjikan sistem ini di versi final nanti.
  • Akan ada sebuah senjata khusus bernama “Phantom Sword” yang kepingannya harus Anda kumpulkan lewat eksplorasi.
  • Hanya akan ada satu serangan Co-Op di versi demo nanti. Di versi final nanti, serangan berkekuatan besar ini bisa dipicu seiring dengan perkembangan hubungan Noctis dan anggota party yang lain. Hubungan dekat bisa dipicu lewat percakapan di camp.
  • Anda akan bertemu dengan Adamantoise di versi demo ini, namun tidak akan bisa bertarung dengannya. Adamantoise akan menjadi bagian cerita di versi final nanti.
  • Kapal terbang masih jadi bahan pertimbangan. Tabata masih memikirkan opsi ini.
  • Ending dari versi demo ini akan memberikan sedikit gambaran soal cerita di versi retail.
  • Tabata mengungkapkan bahwa proses pengembangan Final Fantasy XV kini sudah mencapai 60%.

Final Fantasy XV Demo – Episode Duscae ini akan dirilis sebagai konten digital untuk gamer yang membeli Day One Edition untuk Final Fantasy Type-0 HD yang di 17 Maret 2015 mendatang. Ia akan dirilis untuk Playstation 4 dan Xbox One. One more month!!

Source: Gematsu

Load Comments

PC Games

October 18, 2022 - 0

Review Uncharted Legacy of Thieves (PC): Drake Pindah Rumah!

Seperti apa performa dan fitur yang ditawarkan oleh Uncharted Legacy…
September 23, 2022 - 0

Review IMMORTALITY: Misteri Dalam Misteri Dalam Misteri!

Apa yang sebenarnya  ditawarkan oleh IMMORTALITY? Mengapa kami menyebutnya game…
August 19, 2022 - 0

Review Cult of the Lamb: Menyembah Setan Sambil Bertani!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Cult of the Lamb ini?…
August 10, 2022 - 0

Review Marvel’s Spider-Man Remastered PC: Siap Kembali Berayun!

Marvel's Spider-Man Remastered akhirnya tersedia di PC. Apa saja yang…

PlayStation

November 11, 2022 - 0

Review Sonic Frontiers: Gaya Baru, Lumayan Seru!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Sonic Frontiers ini? Mengapa kami…
November 10, 2022 - 0

Review Call of Duty – Modern Warfare II (Multiplayer): Seru yang Serupa!

Apa yang ditawarkan oleh mode multiplayer Call of Duty: Modern…
November 8, 2022 - 0

Wawancara dengan Eric Williams (God of War Ragnarok)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan Game Director God of War Ragnarok…
November 3, 2022 - 0

Review God of War Ragnarok: Mitologi Penuh Aksi, Mitologi Penuh Hati!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh God of War Ragnarok ini?…

Nintendo

November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…