15 Game Terbaik Konami!

Reading time:
May 6, 2015

3. Silent Hill 2

silent hill 2

Bukan perkara mudah untuk bersaing dengan Resident Evil, yang di saat itu, bisa disebut sebagai “raja” dari game Survival Horror. Namun Silent Hill membawa atmosfer yang lebih mencekam lewat setting kota berkabut dengan segala misteri dan monster yang tidak pernah Anda prediksi sebelumnya. Lalu Playstation 2 lahir, menawarkan lompatan performa yang begitu mengagumkan. Tidak ada keputusan lagi yang lebih tepat dari semua kebijakan yang pernah diambil Konami selain melemparkan Silent Hills 2 ke konsol “terbaru” Sony tersebut. Hasilnya? Tidak hanya ia berhasil menangkap atmosfer menakutkan seri pertamanya, ia bahkan melipatgandakannya dengan kekuatan cerita dan desain musuh yang siap untuk membuat bulu kuduk Anda merinding. Namun yang paling memorable dari Silent Hill 2? Kualitas visualnya yang begitu fantastis di masa lalu. Anda seperti tengah menikmati sebuah horror dunia nyata. Mungkin terdengar sedikit hiperbola, namun gamer masa lalu tentu mengerti apa yang kami bicarakan.

2. Metal Gear Solid

mgs twin snakes

Bersembunyi, mencari momen yang tepat untuk menundukkan musuh, dan bergerak ke area selanjutnya hanyalah sebuah “pengenalan”. Pelan tapi pasti, Anda akan mulai mengerti, mengapa banyak orang yang jatuh hati pada seri pertama Metal Gear Solid di Playstation pertama dahulu. Grafisnya mungkin masih terlihat kotak dan tidak menggoda, namun kemampuan Kojima meracik cerita, karakter, dan sudut pandang sinematik dalam cut-scene yang selalu berisikan konten kompleks lah yang membuat banyak gamer bertekuk lutut. Di tengah perjuangan Anda menyelamatkan negara, Anda bertemu dengan seorang robot ninja yang mampu menangkis peluru dengan pedangnya, Psycho Mantis yang bisa membaca “pikiran”, hingga seorang sniper sensual yang hidup bersama dengan rombongan serigala. Semua ide kreatif, lelucon, dan suntikan gameplay yang ada membuat Metal Gear Solid tampil sebagai masterpiece yang tidak tergantikan.

1. Suikoden 2

riou suikoden 2

Dan tidak ada kesedihan yang lebih mendalam bagi kami dan mungkin bagi banyak gamer di seluruh dunia lainnya, selain menemukan fakta, bahwa game terbaik di sepanjang sejarah Konami yang kami pilih juga menjadi franchise yang kian kecil kemungkinannya untuk dihidupkan di masa depan. Suikoden 2 adalah JRPG terbaik yang pernah diciptakan, tidak ada keraguan soal itu. Ia tidak klise, bukan soal cerita bagaimana Anda adalah pahlawan terpilih yang diberikan kekuatan untuk menyelamatkan dunia. Suikoden 2 adalah soal bagaimana 108 orang dan banyak karakter lainnya berusaha mencapai tujuan bersama untuk sebuah dunia yang lebih baik, di tengah konflik politik, kepentingan, perang, dan kematian. Interaksi yang  unik di tiap karakter, sistem pertarungan tiada duanya, kesempatan membangun kastil Anda sendiri dengan efek yang berpengaruh besar pada permainan, hingga jalinan cerita yang emosional, Suikoden 2 adalah JRPG yang luar biasa. Tidak ada JRPG yang bisa membuat Anda merasa lebih heroik daripada game yang satu ini.

Lantas, dengan kondisi Konami saat ini, yang kabarnya akan berfokus untuk terus menjual mesin judi mereka di pasar Jepang, apakah ada kemungkinan untuk melihat game-game terbaik menurut versi JagatPlay di atas untuk menemukan momentumnya kembali, hidup dan terus bersinar? Terlepas dari besarnya harapan yang kami miliki dan mungkin Anda juga, fakta berkata sebaliknya. Dengan konflik melawan Kojima dan dimatikannya Silent Hills, Konami kini berada di posisi yang begitu buruk. Mereka seperti tidak lagi mengenal gamer yang notabene seharusnya menjadi basis konsumen utama mereka. Ikatan tersebut seperti terputus begitu saja, tanpa ada usaha dari Konami untuk menyambungkannya kembali. Jika mereka berniat untuk terus melanjutkan Metal Gear Solid dan Silent Hills tanpa Kojima, maka kita mengantisipasi kehadiran seri terbaru yang tidak lagi berfokus pada kualitas, namun sekedar menjual nama besar saja.

Kami sendiri sangat berharap, bahwa apapun yang tengah terjadi di Konami saat ini, perusahaan ini cukup berbesar hati untuk “menjual” hak guna franchise mereka ke developer atau publisher lain yang lebih peduli. Menjual Suikoden ke Nintendo? Atau membiarkan Kojima  mengembangkan Zone of Enders baru lewat Kickstarter?

Bagaimana dengan Anda sendiri? Dari semua game Konami yang pernah Anda cicipi sebelumnya, game mana yang menurut Anda, pantas dikategorikan sebagai yang terbaik? Feel free to comment and expand the list!

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…
November 24, 2020 - 0

Review Call of Duty – Black Ops Cold War: Eksekusi Campaign Fantastis!

Industri game dan akhir tahun berarti membicarakan soal rilis game-game…
November 18, 2020 - 0

Preview Call of Duty – Black Ops Cold War: Konspirasi Tidak Basi!

Akhir tahun di industri game berarti menikmati kembali seri terbaru…
October 23, 2020 - 0

Menjajal DEMO Little Nightmares II: Jaminan Merinding!

Jika Anda secara aktif mengikuti JagatPlay, maka ada satu elemen…

PlayStation

December 28, 2020 - 0

Review Cyberpunk 2077: Terjebak Ilusi Korporasi!

Game dengan hype terbesar di tahun 2020 ini, tidak ada…
December 15, 2020 - 0

Preview Cyberpunk 2077: Berandal Masa Depan!

Menyebutnya sebagai game dengan hype terbesar di tahun 2020 ini…
December 4, 2020 - 0

Review Assassin’s Creed Valhalla: Saga Sang Penjarah!

Tidak lagi mengusung sistem rilis tahunan dan memberikan sedikit ruang…
December 3, 2020 - 0

Preview Immortals Fenyx Rising: Dewa dan Monster!

Perhatian untuk proyek yang satu ini memang terhitung besar ketika…

Nintendo

July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…
June 5, 2020 - 0

Preview Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Format Terbaik!

Nintendo Wii adalah sebuah fenomena yang unik di industri game.
April 15, 2020 - 0

Review Animal Crossing – New Horizons: Sesungguhnya Game Super Hardcore!

Tumbuh menjadi sensasi internet dalam waktu singkat, banyak gamer yang…