15 Istilah Gamer Paling Membingungkan untuk Orang Awam!

Reading time:
July 28, 2015
  1. HP

omega weapon

Satu kata, dua pengertian yang berbeda. Jika Anda bertanya “HP Kamu Berapa?” untuk orang yang awam, Anda akan mendapatkan jawaban “0856xxxx” yang mengindikasikan izin terbuka bagi Anda untuk menghubungi mereka secara langsung via perangkat telekomunikasi mobile mereka. Namun jika Anda menanyakan hal yang sama untuk gamer yang tengah mencicipi game RPG atau MMO favorit mereka, hasilnya akan berbeda. Anda bertanya “HP Kamu Berapa?”, maka besar kemungkinan Anda akan mendapatkan format jawaban seperti, “Sekitar 4.000, Level 30, main tanker gua”. HP atau Hit Points di industri game lebih diasosiasikan pada angka yang juga merepresentasikan kondisi health Anda dalam pertarungan. Menyentuh angka 0, maka Anda harus bertemu dengan kematian di RPG, walaupun bukan berarti akhir dari segalanya.

  1. GGWP

ggwp

Hampir sebagian besar singkatan slang yang kita gunakan di industri game juga mengakar pada budaya chat di masa lalu, seperti LOL atau AFK, misalnya. Mereka yang non-gamer tampaknya tidak akan kesulitan untuk menangkap apa yang hendak kita bicarakan via singkatan seperti ini, karena kesan familiar yang ada. Namun ketika Anda meluncurkan “GGWP” di depan mereka, maka bersiaplah berhadapan dengan muka kebingungan yang berusaha mencerna dan mencari kemungkinan singkatan seperti apa yang bisa meluncur dari kombinasi huruf yang aneh ini. “Go Gay We Party”, “Go Go Wower Pangers”, “Gaya Gua Wuenak Parah”, dan sejenisnya. Hingga Anda menjelaskan bahwa GGWP = adalah “Good Game, Well Played”, sebuah ucapan yang meluncur tiap kali pertandingan game kompetitif selesai, sebagai bentuk apresiasi untuk usaha yang sudah tim musuh atau Anda unjukkan.

  1. Imba

Ini mungkin satu kata yang sering meluncur dari mulut para gamer kompetitif, yang kemudian mulai diadaptasikan menjadi “bahasa sehari-hari”, terlepas dari fakta ia terdengar aneh, tidak berarti apapun, dan tidak pernah muncul di Kamus Besar Bahasa Indonesia versi orang awam. Anda akan sering membaca atau mendengar gamer menyebut kata “Imba” untuk memberikan pujian untuk sesuatu yang ia senangi, terlepas apapun konteks cerita yang ada. Imba sendiri mengakar dari kata “Imbalance” , yang berarti berat sebelah, mewakili kemampuan sebuah tim, karakter, skill, atau fungsi apapun di dalam game yang tanpa tanding. Imba menjadi sejenis pujian sebagai ganti kata “Tanpa Tanding” untuk setiap kondisi yang ada di dunia nyata. Bagi orang awam, ia mungkin terdengar seperti saudara jauh singa Lion King yang tidak pernah muncul dalam cerita.

“Gimana masakan nyokap gua?”
“Imba” = yang berarti sangat enak, tanpa tanding.

Di atas 15 istilah gamer yang menurut kami, akan sangat membingungkan di mata mereka yang awam atau non-gamer. Fakta bahwa kita sebagai gamer, terus berhadapan dengan istilah-istilah ini, mengerti, dan terbiasa dengannya untuk mengekspresikan produk atau kondisi tertentu membuat mereka jadi bagian dari “bahasa” yang kita gunakan sehari-hari. Permasalahannya muncul ketika kita mulai tanpa berpikir panjang, menggunakannya secara luas di tempat umum, dan berharap mereka yang tidak senang bermain game langsung mengerti apa yang harus kita sampaikan. Situasi yang canggung, aneh, namun lucu di saat yang sama mungkin terjadi.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Istilah gamer apa yang menurut Anda paling berpotensi membingungkan untuk kalangan awam atau non-gamer? Feel free to comment and expand the list!

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…
November 24, 2020 - 0

Review Call of Duty – Black Ops Cold War: Eksekusi Campaign Fantastis!

Industri game dan akhir tahun berarti membicarakan soal rilis game-game…

PlayStation

April 7, 2021 - 0

Preview Outriders: Ternyata Lumayan Seru!

Ada banyak kasus dimana versi demo yang dikeluarkan oleh developer…
April 6, 2021 - 0

Preview NieR Replicant™ ver.1.22474487139… : Masa Lalu yang Baru!

Datang karena desain karakter yang sensual dan bertahan karena daya…
April 5, 2021 - 0

Review It Takes Two: Butuh Dua untuk Mencinta!

Berapa banyak dari Anda yang sempat mendengar nama Josef Fares…
March 9, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Housemarque (RETURNAL)!

Housemarque dan rilis konsol terbaru Playstation memang jadi kombinasi tidak…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…