3DM Berhenti dari Dunia Pembajakan Game PC!

Reading time:
February 6, 2016
rottr

Kita semua tahu dengan jelas bahwa pembajakan game PC, terutama mereka yang menjadikan Denuvo sebagai sistem pertahanan memang semakin sulit. Walaupun sempat hampir tewas di pertengahan tahun lalu, Denuvo berhasil bangkit dan melemparkan sistem yang bahkan jauh lebih efektif di beragam proyek game yang ada. Seberapa efektif? Cukup untuk membuat game seperti Just Cause 3, FIFA 16, dan yang terbaru – Rise of the Tomb Raider tak punya versi bajakannya, bahkan hingga saat berita ini ditulis. Efektivitas Denuvo ini memang jadi pukulan tersendiri bagi gamer yang masih mengandalkan game bajakan untuk mencicipi beragam proyek terbaru, apalagi mengingat banyak game raksasa yang dirilis di tahun 2016 diketahui hendak mengaplikasikan sistem yang sama. Namun alih-alih hadir dengan berita bagus, para gamer bajakan justru harus berhadapan dengan berita yang bahkan lebih buruk.

Seperti yang kita tahu, sebagian besar gamer berbasis Denuvo selama satu tahun terakhir ini memang berhasil diretas oleh sebuah tim bernama 3DM yang berbasis di China. Namun melihat Just Cause 3 yang hingga saat ini masih belum bisa dibajak, 3DM secara terbuka mengungkapkan rasa pesimisnya beberapa waktu yang lalu. Ia menyebut bahwa jika tren seperti ini terus berlangsung, bukan tidak mungkin bahwa dalam waktu 2 tahun ke depan, Anda tak akan lagi bertemu dengan game bajakan karena proses peretasan yang semakin sulit. Hal ini juga mulai menumbuhkan usaha untuk mencari alternatif cara untuk “menundukkan” game Denuvo, seperti mengeksploitasi Steam, misalnya. Apakah Denuvo akan berakhir dipecahkan atau tidak? Satu yang pasti, 3DM tak akan bergabung di dalamnya.

Pengumuman mengejutkan. Lewat post sang pemimpin di forum resmi mereka - BIrd Sister, 3DM dipastikan akan berhenti dari scene pembajakan game PC setidaknya hingga satu tahun ke depan!
Pengumuman mengejutkan. Lewat post sang pemimpin di forum resmi mereka – BIrd Sister, 3DM dipastikan akan berhenti dari scene pembajakan game PC setidaknya hingga satu tahun ke depan!

Sebuah berita mengejutkan hadir. Dalam forum resmi mereka sendiri, sang pemimpin grup peretas ini – Bird Sister mengumumkan bahwa 3DM akan berhenti dari aktivitas peretasan game bajakan PC, terhitung mulai dari hari raya Imlek minggu depan! Mereka tidak akan lagi meretas game-game single player dan akan menghapus segala jenis crack dari grup lain yang dikirimkan ke forum mereka. Yang yang paling aneh, mungkin alasannya. 3DM mengaku bahwa langkah ini diambil karena mereka hendak bereksperimen apakah tidak adanya versi bajakan sebuah game memang berkontribusi pada jumlah penjualan game original atau tidak. Ini tentu saja jadi pukulan yang telak bagi scene pembajakan internasional.

Mereka akan rehat untuk setidaknya satu tahun ke depan untuk melihat hasil dari eksperimen tersebut. 3DM saat ini hanya akan bekerja melokalisasi dan menerjemahkan game-game buatan luar untuk gamer di China itu sendiri.

Apakah hengkangnya 3DM ini menjadi bukti keampuhan Denuvo? Ataukah ia justru akan mengundang lebih banyak tim lain yang berusaha membobolnya? Kita tunggu saja. Goodbye, 3DM!

Source: TorrentFreak

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…