Uncovered: Final Fantasy XV – Semua Hal yang Harus Anda Ketahui!

Reading time:
March 31, 2016
uncovered ffxv

Hype memang sesuatu yang dibutuhkan Square Enix saat ini untuk memastikan perhatian yang lebih kuat ke proyek paling ambisius mereka – Final Fantasy XV. Sesuatu yang sangat bisa dimengerti karena bisa disimpulkan bahwa tak sedikit gamer yang mulai skeptis dan lelah untuk bisa mencicipi versi final game ini setelah proses pengembangan yang memakan waktu begitu lama. Jika dihitung sejak ia diperkenalkan kepada publik ketika masih menyandang nama “Final Fantasy Versus XIII” di E3 2006 yang lalu, game ini sudah memasuki tahun ke-10-nya! Waktu yang tentu saja, terhitung sangat lama untuk proses pengembangan sebuah game.

Selama 10 tahun tersebut, ada begitu banyak hal yang terjadi. Sikap diam seribu bahasa dengan beberapa trailer yang tiba-tiba muncul ke permukaan dan kemudian kembali tenggelam tanpa alasan yang jelas, Final Fantasy Versus XIII di kala itu bahkan sempat telah menjadi proyek mati. Square Enix sempat dirumorkan tak lagi tertarik untuk memastikannya hadir sebagai sebuah game rilis. Dan memang benar, Versus XIII  resmi “mati”.

Namun bukan untuk menghilang selamanya, seperti sebuah summon Phoenix dengan teriakan yang menggema di angkasa, ia dibangkitkan kembali menjadi sebuah proyek yang berbeda. Sebuah seri baru yang kini berhak menyandang nama “Final Fantasy XV”. Tak hanya sekedar nama, pergantian kepemimpinan dari Tetsuya Nomura ke Hajime Tabata juga dilakukan. Dalam 2-3 tahun terakhir, progressnya terlihat menjanjikan, bahkan dengan sebuah demo bernama “Eps. Duscae” yang dilepas ke pasaran. Tabata juga membawa pendekatan yang lebih komunikatif, dimana ia terus melemparkan progress pengembangan FF XV via acara kecil bernama “Active Time Report” secara berkala dan terus mengumpulkan beragam feedback dari para fans.

Puncaknya adalah event Uncovered: Final Fantasy XV yang baru saja selesai diselenggarakan. Sebuah panggung khusus yang dibangun Square Enix untuk menghidupkan kembali antisipasi gamer terhadap seri terbaru ini, sekaligus melemparkan begitu banyak detail baru yang berakhir cukup mengejutkan. Apa saja yang menarik dari acara ini? Berikut adalah rangkumannya:

Trailer Baru!

Menggabungkan sedikit elemen gameplay dan cerita, Square Enix memperlihatkan banyak hal baru di trailer teranyar Final Fantasy XV yang mereka sebut sebagai “Reclaim Your Throne” ini. Musuh mekanikal baru, pertarungan boss yang terlihat fantastis, summon, dunia yang ia tawarkan, sedikit elemen cerita penuh emosi di dalamnya, trailer ini cukup untuk membuat Anda tak sabar lagi menjajalnya.

Summon

Leviathan
Leviathan
Ramuh
Ramuh
Titan
Titan

Setelah Ramuh, ada dua buah summon yang terlihat di sepanjang acara ini. Leviathan yang tampaknya berkaitan dengan cerita Lunafreya terlihat di sana, walaupun tak jelas apakah bisa digunakan dalam gameplay atau tidak nantinya. Satu yang pasti, Titan – salah satu summon raksasa yang di trailer-trailer sebelumnya “hanya” muncul sebagai sesuatu yang harus ditaklukkan Noctis dipastikan akan jadi salah satu summon yang bisa digunakan selain Ramuh.

“Stand by Me” sebagai Theme Song

Ini mungkin salah satu pilihan yang cukup mengundang rasa penasaran kami, jika tak ingin dibilang absurd. Square Enix memilih lagu klasik dari Ben E. King “Stand By Me” yang tentu sudah sangat familiar di telinga sebagian besar dari kita sebagai theme song untuK Final Fantasy XV. Versi theme song ini sendiri dinyanyikan oleh Florence + the Machine.

Brotherhood: Final Fantasy XV – Adaptasi Anime!

Terlihat usaha keras Square Enix untuk memulai Final Fantasy XV sebagai sebuah semesta luas yang bisa dieksploitasi untuk beragam media yang ada, di luar video game itu sendiri seperti yang sempat mereka lakukan dengan Final Fantasy VII di masa lalu. Mereka bahkan mempersiapkan sebuah anime dengan 5 episode bernama Final Fantasy XV: Brotherhood yang didesain untuk mengeksplorasi persahabatan antara empat sekawan: Noctis, Ignis, Prompto, dan Gladiolus.

Kingsglaive: Final Fantasy XV – Sebuah Film CGI!

Tak hanya berhenti sampai di anime saja, Square Enix juga secara resmi memperkenalkan Kingsglaive: Final Fantasy XV – sebuah film berbasis CGI hasil kerjasama dengan Sony Pictures Home Entertainment. Berbeda dengan seri game dan animenya yang berfokus pada sosok Noctis, Kingsglaive menjadikan dua karakter – King Regis, ayah Noctis dan Lunafreya – tokoh protagonis wanita FF XV sebagai fokus utama cerita. Timeline ceritanya berjalan beriringan dengan event di versi game FF XV, dimana pertempuran yang terjadi di Kingsglaive berlangsung ketika Noctis sedang dalam perjalanan. Kerennya lagi? Square Enix berhasil menggandeng aktor/aktris Hollywood ternama seperti Sean Bean (King Regis), Lena Headey (Luna) dan Aaron Paul (Nyx) sebagai pengisi suara. Kingsglaive akan tersedia secara cuma-cuma untuk diunduh dan ditonton secara online ketika FF XV dirilis nantinya.

Justice Monster Five – Mini Game dalam Game dan Dunia Nyata

Hampir semua seri Final Fantasy selalu memuat mini game di dalamnya. Final Fantasy VIII punya permainan kartu super adiktif dan Final Fantasy X punya Blitzball. Square Enix tentu saja akan memastikan bahwa hal yang sama juga ada di Final Fantasy XV ini. Sebuah mini game bernama Justice Monster Five akan membawa Anda pada sebuah mesin pinball dengan elemen RPG di dalamnya. Kerennya lagi? Tak sekedar tersedia di dalam game, ia juga akan dirilis terpisah secara cuma-cuma untuk perangkat mobile berbasis Android, iOS, dan Windows 10 Anda.

Final Fantasy XV Platinum Demo

Sudah tersedia saat artikel ini ditulis, demo ini berukuran 3.7 GB.
Sudah tersedia saat artikel ini ditulis, demo ini berukuran 3.7 GB.

Mengamini rumor yang sempat beredar kemarin, Square Enix akhirnya mengkonfirmasikan  bahwa mereka memang akan merilis sebuah demo baru untuk gamer yang tertarik menjajal Final Fantasy XV. Disebut sebagai “Platinum Demo”, ia tampil berbeda jika dibandingkan Eps.Duscae tempo hari. Platinum Demo ini akan memungkinkan Anda untuk bermain sebagai seorang Noctis muda, dengan konten yang tak akan ada di versi final nanti. Anda bisa menikmati lingkungan sekaligus sistem pertarungan baru yang sudah diadaptasikan Square Enix, sekaligus berjuang untuk mendapatkan item unlockable yang bisa Anda bawa ke versi penuh FF XV – si binatang unik Carbuncle yang akan menemani Noctis di demo ini. Anda bisa mengunduh demo ini sekarang, tanpa syarat apapun.

Untuk Para Kolektor!

Langsung membuka proses pre-order untuk gamer yang tak sabar lagi mencicipinya, Square Enix memperkenalkan tiga buah bundle special untuk dicicipi gamer, termasuk mereka yang memang mencari nilai koleksi yang pantas:

Day One Edition (USD 59.99): Game, Masamune Weapon, Dynamic Theme untuk PS4

Deluxe Edition
Deluxe Edition

Deluxe Edition (USD 89.99): Game, Steelbook, Kingsglaive: FF XV dalam bentuk disc blu-ray, Bonus content (baju “Royal Raiment”, senjata “Masamune”, warna mobil “Platinum Leviathan”)

ff xv ultimate collector edition

Ultimate Collector’s Edition (USD 269.99): Game, Steelbook, Kingsglaive: FF XV dalam blu-ray, Brotherhood: FF XV dalam blu-ray, special soundtrack, exclusive Play Arts Kai Noctis, Art book 192 halaman dengan hard cover, Bonus Content (baju “Royal Raiment”, senjata “Masamune”, warna mobil “Platinum Leviathan”) dan In-game Item Packs (Travel Pack, Camera Kit, Angler Set, Gourmand Set).

Pesawat!

Pesawat dari mobil yang bertransformasi!
Pesawat dari mobil yang bertransformasi!

Setelah sempat mengkonfirmasikan bahwa akan menghadirkan pesawat di Final Fantasy XV mengikuti permintaan banyak fans, Square Enix akhirnya memperlihatkan bentuk pertamanya. Bukan pesawat yang mungkin Anda bayangkan dari sebuah seri FF selama ini, ia ternyata berasal dari transformasi sang mobil yang kini memiliki sayap dan bisa mengudara!

Release Date

release date

Final Fantasy XV akan dirilis pada 30 September 2016 mendatang untuk Playstation 4 dan Xbox One.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Berapa banyak dari Anda yang tak sabar lagi hendak menjajal aksi Noctis di Final Fantasy XV ini?

 

Load Comments

PC Games

August 2, 2022 - 0

Review Beat Refle: Pijat Refleksi Super Seksi!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Beat Refle ini? Mengapa kami…
July 22, 2022 - 0

Review As Dusk Falls: Ini Baru Game Drama Berkualitas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh As Dusk Falls ini?…
June 28, 2022 - 0

Review My Lovely Wife: Pilih Istri atau Iblis-Iblis Seksi!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Wife ini?…
May 23, 2022 - 0

Review Trek to Yomi: Estetika Sinema Masa Lampau!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Trek to Yomi ini? Mengapa…

PlayStation

July 18, 2022 - 0

Review STRAY: Kocheng Oren Mah Bebas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh STRAY? Mengapa kami menyebutnya…
March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…
March 23, 2022 - 0

Review Ghostwire – Tokyo: Berburu Setan Jepang!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghostwire: Tokyo ini? Mengapa…
March 21, 2022 - 0

Review Elden Ring: Cincin Menuntut Nyawa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan Elden Ring? Lantas, mengapa kami menyebutnya…

Nintendo

August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…