15 Hal yang Harus Diketahui Fans Pendatang Baru Final Fantasy!

Reading time:
November 28, 2016
  1. Kumpulkan Semua Summon!

Jika ada satu saran yang bisa kami tawarkan sebagai “veteran” seri Final Fantasy untuk Anda yang baru hendak masuk ke franchise ini lewat seri XV, adalah menikmati semua Summon yang akan dihadirkan ke hadapan Anda saat ini. Mereka adalah makhluk-makhluk raksasa dengan efek serangan fantastis yang tak pernah gagal memanjakan mata. Namun terlepas dari fungsi mereka di pertempuran yang selalu menghasilkan damage besar atau sekedar efek status tertentu, mereka adalah monster-monster yang sudah hidup “setua” franchise Final Fantasy itu sendiri. Dan yang menarik? Square Enix jarang melemparkan semua summon yang bisa Anda dapatkan begitu saja. Banyak summon di luar sana, dari setiap seri yang ada, yang butuh usaha ekstra untuk bisa dimiliki dan pastinya, berakhir jadi sebuah penghargaan yang terasa memuaskan.

  1. Klasik Setelah Siap

ff6

Final Fantasy XV mungkin akan jadi pintu gerbang yang membuat banyak gamer pendatang baru mulai tertarik untuk mengeksplorasi franchise Final Fantasy itu sendiri. Bahwa ada usaha untuk memahami lebih jauh daya tarik masa lampau yang ada, dan mengerti mengapa ia begitu dicintai. Bagi banyak gamer “veteran” Final Fantasy, seri Final Fantasy VI adalah yang terbaik. Namun kami sendiri, tak akan merekomendasikan para pendatang baru untuk langsung lompat ke sana. Mengapa? Karena keterbatasan teknologi dan sistem permainan di kala itu justru bisa meninggalkan kesan membosankan, apalagi jika XV jadi satu-satunya patokan. Jika Anda sudah siap untuk mundur ke belakang, cara terbaik adalah memulainya satu seri per waktu untuk mencegah rasa terkejut karena usangnya beberapa seri klasik tersebut. Mulailah dari XV, kemudian ke XII, X, IX, VIII, VII, dan akhirnya – VI, dan bukan sebaliknya.

  1. Cerita Terpisah

yoshitaka-amano-ffxv

“Jadi gua mesti main yang mana dulu sebelum bisa lompat ke XV?”, ini adalah salah satu pertanyaan yang sering dilemparkan oleh gamer Final Fantasy pendatang baru. Jika Anda termasuk salah satunya, perlu kami tekankan, bahwa terlepas dari angka seri yang terus bertambah, mereka tak berhubungan satu dengan yang lainnya! Setiap seri Final Fantasy memuat cerita, karakter, dunia, hingga sistem yang berdiri sendiri dan tak terikat ke seri yang lain. Ini berarti, Anda TAK PERLU memainkan Final Fantasy VII lebih dulu untuk memahami Final Fantasy VIII. Lantas, bukankah ada seri yang diposisikan sebagai sekuel?  Satu-satunya seri yang punya hubungan satu sama lain hanyalah seri-seri dengan angka ekstra di belakang angka seri tersebut. Sebagai contoh? Final Fantasy X-2 merupakan kelanjutan dari Final Fantasy X. Jadi, Anda bisa melompat masuk ke seri Final Fantasy XV begitu saja, tanpa masalah. Walaupun kami merekomendasikan Anda menonton Kingsglaive: FFXV lebih dahulu untuk basis cerita lebih jelas.

Di atas adalah 15 hal yang menurut kami harus diketahui dan dimengerti oleh para gamer pendatang baru Final Fantasy yang baru akan menikmati magisnya dunia yang ditawarkan Square Enix lewat seri XV yang akan meluncur dalam waktu dekat ini. Bahwa franchise yang sudah berusia puluhan tahun ini punya sejarah panjang dengan identitas unik dan kualitas yang begitu fantastis di era keemasan Playstation dan Playstation 2, yang membuatnya begitu dicintai dan bahkan dinobatkan sebagai salah satu seri JRPG terbaik yang pernah diracik.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Saran dan pengetahuan apa yang bisa Anda berikan pada gamer yang baru akan mengenal Final Fantasy lewat seri XV ini? Feel free to comment and expand the list!

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

April 20, 2021 - 0

Review Outriders: Loot-Shooter Memuaskan!

Tidak mudah dikembangkan, jarang memuaskan, dan akan ikut tewas bersama…
April 7, 2021 - 0

Preview Outriders: Ternyata Lumayan Seru!

Ada banyak kasus dimana versi demo yang dikeluarkan oleh developer…
April 6, 2021 - 0

Preview NieR Replicant™ ver.1.22474487139… : Masa Lalu yang Baru!

Datang karena desain karakter yang sensual dan bertahan karena daya…
April 5, 2021 - 0

Review It Takes Two: Butuh Dua untuk Mencinta!

Berapa banyak dari Anda yang sempat mendengar nama Josef Fares…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…