15 Monster Final Fantasy Paling Keren!

Reading time:
November 14, 2016
feat-image

Ada banyak hal dalam desain video game yang terlihat tak begitu penting di permukaan, namun ternyata berkontribusi besar ketika Anda sadari. Untuk game-game JRPG seperti Final Fantasy dari Square Enix yang sebentar lagi akan memasuki seri utama kelimabelasnya, cerita dan karakter protagonis memang selalu digadang sebagai elemen yang paling utama. Bahwa cerita tak hanya sekedar harus menarik, namun desain karakter protagonis dan antagonis yang diusung juga harus memanjakan mata. Padahal, ada beberapa elemen seperti desain dunia dan musik yang juga berkontribusi besar di dalamnya. Salah satu yang menarik dari Final Fantasy? Ia juga punya segudang monster yang pelan tapi pasti, mulai berubah menjadi identitas franchise itu sendiri.

Bagi Anda yang tak terlalu familiar, setiap seri Final Fantasy yang dirilis dengan angka utama di belakangnya memang tidak berhubungan satu dengan yang lain. Setiap darinya merupakan seri terpisah dengan karakter dan cerita yang berbeda-beda. Namun demikian, ada beberapa konten yang selalu muncul dan tumbuh menjadi identitas franchise itu sendiri. Dari sekedar summon seperti Ifrit dan Shiva yang hampir selalu ada di setiap seri yang ada terlepas dari nama sistem yang berbeda-beda, hingga kehadiran karakter seperti Cid, Chocobo, hingga ragam nama item yang serupa satu sama lain. Satu lagi yang istimewa? Monster yang akan Anda hadapi.

Percaya atau tidak, dari semua elemen yang selalu muncul di setiap seri Final Fantasy, monster juga menjadi salah satu yang paling konsisten. Walaupun tak bisa dibilang “eksklusif” karena nama dan bentuk yang sebagian besar terinspirasi dari satu mitologi tertentu atau bahkan, franchise RPG yang lain, kehadiran mereka sering berakhir jadi sejenis pengukuhan bahwa yang Anda mainkan memang sebuah seri Final Fantasy terlepas dari betapa berbedanya cita rasa gameplay yang ditawarkan. Kerennya lagi? Monster-monster ini juga terhitung ikonik lewat desainnya yang keren, yang beberapa di antaranya bahkan, hadir dengan tantangan dan moveset sama yang siap membuat gamer Final Fantasy paranoid ketika bertemu dengan mereka untuk pertama kalinya di setiap seri.

Lantas, dari semua monster yang muncul berulang kali di franchise Final Fantasy, monster mana saja yang menurut kami paling keren? Berikut adalah 15 di antaranya menurut versi JagatPlay:

  1. Flan

flan

Hampir semua game JRPG selalu punya setidaknya satu jenis monster seperti ini – sebuah monster jelly dengan bentuk absurd yang siap untuk menerima serangan fisik Anda tanpa masalah. Di Final Fantasy, peran tersebut diisi oleh varian monster bernama Flan yang sempat muncul di beberapa seri. Ia selalu hadir dengan wajah yang memenuhi semua tubuh jelly-nya, lengkap dengan warna yang ada. Di beberapa seri Final Fantasy, warna ini biasanya merepresentasikan elemen serangan magic seperti apa yang ia miliki sekaligus memberikan pengetahuan kira-kira kelemahan elemen seperti apa yang bisa Anda eksploitasi. Bentuknya mungkin tak terlihat menarik, namun Final Fantasy bukanlah Final Fantasy tanpa kehadiran Flan. Itu yang pasti.

  1. Ahriman

ahrimman

Hampir sebagian besar gamer Final Fantasy tampaknya akan mengenal monster yang satu ini, namun tak pernah sempat menyibukkan diri mereka untuk mengingat siapa namanya. Ahriman? Lupakan sementara namanya dan cobalah mengingat seekor monster berbentuk bola mata raksasa dengan sayap kecil di kedua sisinya, lengkap dengan serangan utama dari mata yang juga berpotensi menghasilkan status effect tertentu? Benar sekali, itu adalah Ahriman. Walaupun tak pernah berakhir jadi sebuah monster yang signifikan, namun desain Ahriman memang meninggalkankesan tersendiri dan sulit untuk dilupakan begitu saja. Terlepas apakah Anda ingat namanya atau tidak.

  1. Basilisk

basilisk

Ini mungkin salah satu monster non-original Final Fantasy yang sudah seringkali Anda dengar di begitu banyak mitologi dan legenda. Namun Basilisk termasuk salah satu monster yang secara konsisten muncul di Final Fantasy, bahkan sejak seri pertama. Ketika ia pertama kali diperkenalkan di seri-seri awal, ia hadir dengan bentuk mirip kadal dengan mata besar dan proporsi bentuk yang aneh. Kekuatannya tetap sama, membuat musuh menjadi batu dan menghancurkanya tanpa ampun. Namun pelan tapi pasti, setidaknya di seri-seri modern, bentuknya mulai berevolusi menjadi monster berbentuk ular yang jauh lebih besar dan menakutkan. Basilisk juga merupakan salah satu monster yang sering Anda temui di produk Square Enix di masa lalu, termasuk Vagrant Story sekalipun.

  1. Ruby Dragon

ruby-dragon

Anda yang sempat mencicipi seri Final Fantasy untuk setidaknya 15 tahun terakhir ini sepertinya sudah mengerti betapa epik, magis, dan menyeramkannya monster yang satu ini, apalagi jika Anda bertemu dengannya di kondisi level party yang masih rendah. Seperti namanya, Ruby Dragon mengambil bentuk seekor naga raksasa dengan desain naga dari peradaban barat yang memiliki warna merah dominan. Serangan berbasis elemen api yang mampu menyerang party dengan damage besar sekaligus serangan fisik yang tak bisa dianggap remeh adalah identitas utama musuh yang sudah muncul di begitu banyak seri Final Fantasy. Bentuknya yang agung dan serangannya yang mematikan untuk Anda yang lengah membuatnya pantas untuk dihormati.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

April 25, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Kim Hyung-Tae dan Lee Dong-Gi (Stellar Blade)!

Kami berkesempatan ngobrol dengan dua pentolan Stellar Blade - Kim…
April 24, 2024 - 0

Review Stellar Blade: Tak Hanya Soal Bokong dan Dada!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stellar Blade ini? Mengapa kami…
April 22, 2024 - 0

Review Eiyuden Chronicle – Hundred Heroes: Rasa Rindu yang Terobati!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes ini?…
April 11, 2024 - 0

Review Dragon’s Dogma 2: RPG Tiada Dua!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dragon’s Dogma 2? Mengapa kami…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…