Kojima: Saya Ingin Buat Game Sampai Saya Mati!

Reading time:
February 3, 2017
hideo-kojima

Gamer mana yang belum pernah mendengar nama Hideo Kojima saat ini. Anda yang tak familiar dengan sepak terjangnya di masa lalu atau alasan mengapa ia begitu dipuja-puji, setidaknya sudah pernah  mendengar namanya dari kasus kontroversi dengan Konami yang sempat jadi buah bibir hangat di tahun 2015-2016 kemarin. Dengan proyek terbaru – Death Stranding yang tengah ia kerjakan bersama dengan studio independennya, Kojima Productions, tentu menarik untuk melihat apa yang ada di benak Hideo Kojima saat ini. Berbicara dengan Glixel, Kojima kembali menegaskan komitmennya untuk industri yang membesarkan namanya ini.

Ditanya apakah ia pernah berencana untuk pensiun dan beristirahat, Kojima menegaskan bahwa ia akan terus berkecimpung di industri game hingga ia mati. Ia menyebut tak ingin menghabiskan sisa hidupnya dengan sekedar memancing misalnya, dan lebih tertarik untuk terus berkarya di garis depan bersama dengan generasi-generasi muda developer game yang ada. Kojima sendiri mengaku bahwa hal yang serupa sempat direkomendasikan oleh keluarganya, namun pada akhirnya, permintaan teman-temannya lah yang membawanya untuk terus bergerak maju. Ia kini punya tanggung jawab untuk memenuhi harapan para fans yang terus menunggu proyek gamenya selanjutnya.

Kojima menyebut dirinya ingin terus berkarya di video game hingga ia mati.
Kojima menyebut dirinya ingin terus berkarya di video game hingga ia mati.

Teman-temannya ini pernah menasehati Kojima bahwa hidupnya kini bukan lagi sekedar miliknya sendiri. Bahwa porsinya kini juga menjadi milik para fans dari seluruh dunia, sehingga ia harus memenuhi panggilan tersebut. Kojima mengaku nasihat memang sempat ia terjemahkan dengan usaha untuk melirik media kreatif yang lain, seperti membuat  film pendek, menulis novel, atau sekedar menjadi sutradara untuk sebuah iklan video. Namun pada akhirnya, ia selalu berakhir dengan menciptakan sebuah video game yang baru.

Berbicara soal Death Stranding, Kojima juga menegaskan bahwa game yang tengah ia kerjakan ini adlaah sebuah ide yang benar-benar baru. Ia bukanlah sebuah game yang sudah dipikirkan oleh Kojima sejak dirinya masih berkarir di Konami. Kojima menyebut bahwa Death Stranding “lahir” dari begitu banyak ide yang lahir di benaknya tiap hari dan kemudian saling menganulir satu sama lain, hingga akhirnya ia berakhir memilih satu di antaranya, yang ia anggap paling terbaik untuk pasar gamer itu sendiri sekaligus yang paling memancing ketertarikannya.

Anda bisa membaca lebih jauh soal wawancara lengkap Hideo Kojima tersebut lewat tautan berikut ini. Keep on fighting, Kojima-san!

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…