Review Shadow of War: Ternodai End-Game Sampah!

Reading time:
October 20, 2017
Shadow of War jagatplay PART 1 (1)

Inovatif, keren, dengan visualisasi yang memesona, tidak heran jika banyak gamer yang jatuh hati dengan apa yang berhasil dilakukan Monolith dengan Shadow of Mordor beberapa tahun yang lalu. Bahwa tidak jatuh pada sebuah “klon” Assassin’s Creed dengan semesta Lord of the Rings yang tentu saja, merupakan kombinasi formula yang sudah pasti sukses, mereka mengimplementasikan sebuah fitur fantastis revolusioner bernama Nemesis System di atasnya. Lewat mekanisme kompleks yang satu ini, pertemuan Anda bersama dengan para orc musuh punya potensi untuk berkembang menjadi cabang cerita kecil yang personal. Bahwa aksi Anda terhadap mereka ataupun sebaliknya, kini punya konsekuensi yang harus dihadapi. Sesuatu yang juga mereka pertahankan di seri sekuel – Shadow of War.

Anda yang sudah membaca artikel preview kami sebelumnya tentu saja sudah punya sedikit gambaran soal apa yang ditawarkan oleh Shadow of War ini. Kami menyebutnya sebagai penyempurnaan pengalaman Shadow of Mordor, namun kini dihadapkan tidak hanya pada mekanik gameplay baru saja, tetapi juga dunia yang lebih luas. Bahwa tugas Talion kini tidak lagi sekedar menimbulkan kepanikan di Mordor, tetapi meracik pasukan untuk membuatnya setara dan mampu berhadapan dengan Sauron secara seimbang. Nemesis System disempurnakan untuk tidak hanya berlaku pada sosok Talion saja, tetapi juga orc-orc yang ia kuasai.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Shadow of War ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai sebuah game yang tercederai oleh end-gamenya? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Plot

Shadow of War merupakan kelanjutan langsung dari Shadow or Mordor.
Shadow of War merupakan kelanjutan langsung dari Shadow or Mordor.

Seperti nama yang ia usung, Shadow of War merupakan seri sekuel langsung dari Shadow of Mordor. Talion yang berada dalam misi balas dendamnya tetap dirasuki oleh Celebrimbor – seorang Elf yang ternyata berkontribusi langsung pada terciptanya Ring of Powers yang dimiliki oleh para pemimpin Middle-earth yang kini bertekuk lutut di bawah kendali Sauron. Untuk memastikan mereka punya kesempatan melawan balik, Talion dan Celebrimbor memutuskan untuk menempa sebuah Ring of Power baru yang setara dengan milik Sauron, namun bebas dari pengaruh Dark Lord tersebut.

Namun di tengah proses tersebut, Celebrimbor tiba-tiba diculik oleh Shelob, seorang karakter wanita yang mampu berubah menjadi laba-laba raksasa. Memperlihatkan kekuatannya yang fenomenal, Shelob berhasil memeras Talion untuk menyerahkan Ring of Power baru tersebut untuk ditukarkan dengan “nyawa” Celebrimbor. Tuntutan yang diamini oleh Talion begitu saja. Dengan kekuatan baru tersebut, Shelob yang juga berseberangan dengan Sauron, menggunakannya untuk melihat ke masa depan. Melihat apa yang tengah direncanakan oleh Sauron, melihat takdir Talion yang sebenarnya, hingga mencegah skenario terburuk yang bisa terjadi pada manusia-manusia yang bertahan dari gempuran orc di Minas Ithil. Bagi Talion, penglihatan Shelob adalah “kunci” untuk mengalahkan Sauron.

Untuk mengimbangi Sauron, Talion dan Celebrimbor menempa Ring of Power yang baru.
Untuk mengimbangi Sauron, Talion dan Celebrimbor menempa Ring of Power yang baru.
Persinggungannya dengan si
Persinggungannya dengan si “gadis laba-laba” – Shelob memberikan Talion kemampuan untuk melihat masa depan.

Perjuangan untuk memastikan Sauron tak kembali mendapatkan kekuatannya tentu bukan pekerjaan yang mudah. Untuk memastikan diri berada dalam posisi yang seimbang, Talion juga mulai menggunakan kekuatan barunya untuk membangun pasukan Orc untuk melawan kembali Sauron. Dengan pengaruh Celebrimbor yang kini menyebut dirinya sebagai Bright Lord – lawan dari Dark Lord aka Sauron, perjalanan ini tentu tidak mudah. Karena tidak hanya Sauron, ada begitu banyak ancaman lain, baik dari para orc “pembangkang” yang bahkan berani membangunkan Balrog untuk mengkhianati Sauron hingga usaha untuk menyelamatkan pasukan-pasukan Gondor yang berakhir tertangkap.

Ancaman apa yang harus dihadapi Talion sebagai
Ancaman apa yang harus dihadapi Talion sebagai “Bright Lord”?
Holy..
Holy..

Lantas, seperti apa perjalanan Talion kali ini sebagai Bright Lord? Mampukah Ring of Power baru yang mereka tempa membuat mereka berhasil mengalahkan Sauron? Ancaman seperti apa saja yang harus ia hadapi? Semua jawaban dari pertanyaan tersebut tentu saja bisa Anda dapatkan dengan memainkan Shadow of War ini secara langsung.

Pages: 1 2 3 4 5
Load Comments

PC Games

June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…

PlayStation

July 28, 2021 - 0

Review Scarlet Nexus: Gila Bercampur Seru!

Selama bukan sesuatu yang mereka adaptasikan dari anime populer misalnya,…
June 29, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yoko Taro (NieR Series)!

Menyebutnya sebagai salah satu developer paling eksentrik di industri game…
June 24, 2021 - 0

Preview Scarlet Nexus: Bak Menikmati Anime Aksi Berkualitas!

Komitmen Bandai Namco untuk menawarkan game-game dengan cita rasa anime…
June 21, 2021 - 0

Review Guilty Gear Strive: Wangi Kemenangan!

Sepak terjang Arc System Works di genre game fighting memang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…