10 Game Paling Diimpikan di E3 2018!

Reading time:
May 28, 2018
feat iamge

Ada alasan yang kuat mengapa E3 selalu menjadi event yang paling diantisipasi gamer setiap tahunnya. Tidak sekedar menjadi ajang presentasi para developer dan publisher untuk melemparkan informasi terbaru untuk game yang sudah mereka perkenalkan sebelumnya saja, tetapi juga mengumumkan proyek game teranyar yang memang disimpan untuk menjadi kejutan. Mengingat banyak di antara game tersebut tidak akan dirilis di tahun yang sama, ini juga menjadi cara terbaik untuk mendapatkan gambaran kira-kira apa yang pantas kita tunggu dari industri game selama beberapa tahun ke depan. Maka seperti yang kita temui di tahun-tahun sebelumnya, kualitas event yang setara juga akan kita temukan di E3 tahun ini. Seperti sesuatu yang tidak bisa lagi dihindari, ia juga jadi sumber mimpi dan spekulasi.

Sejak beberapa minggu sebelum rilis, developer dan publisher memang sudah membangun antisipasi. Mereka sudah memperkenalkan game teranyar mereka dengan janji untuk membuka lebih banyak detail di E3 2018 kali ini. Beberapa game yang sudah diperkenalkan sejak beberapa tahun lalu juga sepertinya sudah masuk ke proses pengembangan yang cukup untuk memperlihatkan gameplay untuk pertama kali. Sony misalnya, sudah berbicara soal Death Stranding, Ghost of Tsushima, Days Gone, The Last of Us Part II, dan tentu saja – Spider-Man. Publisher raksasa seperti Bethesda sudah memperkenalkan RAGE 2, atau 4A Games dengan Metro Exodus, atau Square Enix dengan Kingdom Hearts 3 dan CD Projekt Red dengan Cyberpunk 2077 misalnya. Kita tidak akan berbicara soal game-game yang sepertinya punya kemungkinan besar untuk tampil di sana, panggung besar ataupun langsung di tempat pameran.

Yang kita bahas ini adalah game-game yang kita inginkan muncul sebagai kejutan. Game-game yang belum diperlihatkan ke publik, game yang sudah sempat dibicarakan namun eksistensinya tidak pernah mendapatkan detail lanjutan, game yang sudah bahkan sempat di-teaser namun tiba-tiba tenggelam begitu saja. Kita tidak akan memasukkan daftar-daftar game yang sudah pasti hadir karena pengumuman yang sudah mengemuka sebelumnya, dengan judul dan detail jelas.

Lantas, dari semua game-game yang paling kami impikan akan muncul di E3 2018 kali ini, terutama yang sempat muncul dalam rumor dan spekulasi, game apakah yang paling diharapkan? Inilah versi JagatPlay:

  1. Deep Down

deep down1 600x337

Salah satu proyek teraneh Capcom yang diperkenalkan di setidaknya dua tahun pertama eksistensi Playstation 4 dan kemudian tenggelam dan mati tanpa kabar, tidak akan mengherankan jika banyak dari Anda yang mungkin sudah melupakan apa itu Deep Down. Untuk Anda yang butuh pengingat, ia merupakan game dengan tema medieval yang memperlihatkan bagaimana banyak player dalam 1 tim berusaha menundukkan dungeon tertentu, yang juga diakhir dengan pertarungan melawan naga. Hadir dengan engine baru di kala itu – Panta Rhei, ia terlihat memesona. Setelah ia sempat tenggelam selama tiga tahun, kami sepertinya berharap bahwa tahun 2018 akan menjadi tahun kembalinya Deep Down. Ia mungkin berubah bentuk, berubah format, namun tetap memanfaatkan Panta Rhei sebagai basis. Melihatnya kembali akan menjadi sesuatu yang fantastis.

  1. Bloodborne 2 / Tenchu / Shadow Tower (?)

from software new game

Tiga nama dalam satu angka? Apa yang terjadi dengan kami? Karena pada dasarnya, tidak ada yang tahu kemana sebenarnya teaser game terbaru From Software akan mengarah. Tulisan “Shadow Die Twice” memberikan sinyal bahwa ini merupakan remake dari game klasik From Software – Shadow Tower. Tulisan Jepang dan suara yang ia hadirkan bisa mengarah ke seri terbaru Tenchu yang juga notabene, merupakan game racikan From Software. Sementara gamer yang lebih memilih untuk melihat darah sebagai elemen utama lebih yakin bahwa teaser ini adalah Bloodborne 2 – game tipe Souls eksklusif untuk Playstation 4. Semoga saja kita punya informasi lebih jelas di E3 2018 ini, jika From Software menyadari bahwa banyak fans mereka yang berasal dari pasar Barat dan bukan Jepang saja. Tetapi selalu ada kesempatan pula bahwa mereka akan memanfaatkan ajang TGS atau Paris Games Week untuk melakukannya.

  1. Crash Team Racing Remaster

ctr 600x338 1

Apakah Activision akan mengumumkan proyek tidak terelakkan ini di tahun 2018 ini juga? Bisa iya, bisa tidak. Tidak jika mereka ingin memanfatkan momen ini untuk lebih banyak memperkenalkan dan “menjual” trilogi remake Spyro yang dalam waktu dekat akan tersedia di hampir semua platform gaming yang ada. Iya, jika memang mengikuti tren distribusi demo Spyro dan Crash Bandicoot di masa lampau, dimana demo pertama Crash Team Racing tersimpan di dalam keping Spyro 2. Apakah Activision akan “menyuntikkan” demo versi remaster ini sebagai kejutan di Spyro 2 Remaster? Kita tunggu saja. Menjadikan Crash Team Racing sebagai proyek Remaster selanjutnya tentu saja rasional, mengingat permintaan gamer, potensi keuntungan yang bisa dicapai dengan fitur online misalnya, dan popularitas game ini sebagai produk nostalgia sebelumnya.

  1. Watch Dogs 3

Watch Dogs 2 PART 1 jagatplay 96 600x338 1

Ubisoft memang sudah mengumumkan daftar game yang akan mereka pertontonkan di ajang E3 2018 mendatang. Namun seperti yang bisa diprediksi, daftar seperti ini tidak akan membuka detail terkait game-game kejutan yang diracik untuk membangun hype. The Division 2 sudah diumumkan dan tahun ini sepertinya bukan tahun untuk Assassin’s Creed. Jika kita merujuk pada informasi yang sudah beredar, dari cara mereka menangani April Mop hingga konfirmasi dari aplikasi Android pembantu game Ubisoft “SAM” yang juga memastikannya. Jika mengarah pada apa yang sudah dilakukan Ubisoft selama 6 bulan terakhir ini, seperti mengantisipasi kehadiran Watch Dogs 3 di panggung utama E3 2018 adalah sesuatu yang rasional.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 27, 2021 - 0

Review House of Ashes: Selangkah Lebih Baik!

Ambisius adalah kata yang tepat untuk menjelaskan apa yang tengah…
October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…