Review Assassin’s Creed Odyssey: Epos Heroik Cantik!

Reading time:
October 10, 2018
Assassins Creed Odyssey jagatplay PART 1 82 1

Gamer mana yang belum pernah mendengar nama Assassin’s Creed sebelumnya. Tangan dingin dan keputusan fantastis Ubisoft berhasil membuat game open-world potensial di seri pertama dengan banyak kekurangan ini menjadi sebuah judul raksasa yang seri terbarunya selalu pantas untuk diantisipasi. Sepak terjangnya sendiri tidak bisa dibilang mulus dengan beberapa seri yang terlihat bingung dengan identitasnya sendiri, apalagi selepas saga cerita Desmond berakhir di seri ketiga. Namun kembali memukau dengan Origins via mekanik action RPG yang kini ditonjolkan, Ubisoft kini kembali dengan Assassin’s Creed Odyssey yang menjadikan setting Yunani Kuno sebagai “taman bermain” Anda. Rasa pesimis muncul ketika ia pertama kali diperkenalkan kepada publik.

Salah satunya karena pengelolaan user-interface dan gameplay di permukaan yang terasa seperti sekedar proses “reskin” dari apa yang ia tawarkan di Origins. Apalagi semua fitur yang terus didengungkan kepada publik, terasa seperti sebuah slogan gimmick yang juga seringkali dilakukan oleh game lain dan berujung mengecewakan. Namun ketika menjajalnya untuk pertama kali? Kami sendiri cukup terkejut. Anda yang sudah membaca artikel preview kami sebelumnya tentu saja sudah punya sedikit gambaran apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Assassin’s Creed Odyssey ini dan mengapa kami jatuh cinta pada pandangan pertama. Salah satu yang diimplementasikan dengan cukup baik adalah sistem aksi dan konsekuensi yang sepertinya tidak akan sulit untuk Anda bandingkan dengan game action RPG berkualitas lainnya – The Witcher 3: Wild Hunt.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Assassin’s Creed Odyssey ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai sebuah epos heroik cantik? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Plot

Assassins Creed Odyssey jagatplay part 2 103
Odyssey merupakan sekuel untuk perjalanan Layla Hassan, tetapi prekuel untuk timeline Origins.

Sebelum kita berbicara lebih jauh soal cerita yang diusung, kita tentu harus membahas timeline Assassin’s Creed Odyssey itu sendiri. Seri ini berfungsi sebagai prekuel dan sekuel sekaligus. Prekuel karena cerita Odyssey sendiri mengakar di era Yunani Kuno yang terjadi sebelum Origins itu sendiri. Jadi kita memasuki dunia dimana belum ada orde Assassins ataupun Templar. Sementara sekuel mengakar dari fakta bahwa kisahnya melanjutkan petualangan karakter protagonis masa kini yang baru – Layla Hassan. Setelah memerankan Bayek di seri sebelumnya, Layla Hassan melanjutkan pencarian artifak untuk mendukung aksi Assassin dengan menyelami kisah Yunani Kuno itu sendiri. Jadi, ini adalah prekuel dan sekuel di saat yang sama.

Di setting Yunani Kuno-nya, Anda berkesempatan untuk memilih satu di antara kakak beradik: Alexios ataupun Kassandra. Siapapun yang Anda pilih, Anda akan berperan sebagai seorang mercenary yang menemukan takdirnya ternyata jauh lebih penting daripada sekedar membunuh dan membantu siapapun atas nama uang. Karakter manapun yang Anda pilih tidak akan memengaruhi cerita yang didapat. Perbedaan cerita akan dibangun dari konsep pemilihan opsi dan konsekuensi yang akan kita bahas nantinya.

Assassins Creed Odyssey jagatplay PART 1 10 1
Anda bisa memilih memainkan cerita sebagai Alexios ataupun Kassandra. Keduanya berbagi konten cerita sama.

Baik Alexios dan Kassandra lahir dari sebuah keluarga Sparta terhormat yang merupakan garis keturunan prajurit Sparta terbaik sepanjang masa, Leonidas. Namun ramalan di kala itu membuat keluarga Alexios dan Kassandra pecah. Kassandra / Alexios yang sempat dikira tewas karena sebuah kecelakaan fatal ternyata masih hidup dan tumbuh dewasa sebagai seorang prajurit bayaran di sebuah pulau kecil. Misi demi misi yang ia jalani untuk bertahan hidup dan mendapatkan sedikit ekstra uang membuatnya jatuh ke dalam sebuah takdir yang jauh lebih besar. Ia menemukan sang ayah – Nikolaus yang ia anggap bersalah atas terpecahnya keluarganya mereka. Dari Nikolaus, Kassandra / Alexios menemukan bahwa ibu mereka ternyata masih hidup.

Assassins Creed Odyssey jagatplay PART 1 206 1
Kassandra dan Alexios sendiri merupakan garis keturunan dari pejuang legendaris Sparta – Leonidas.
Assassins Creed Odyssey jagatplay PART 1 80
Tragedi membuat keluarga ini terpecah. Alexios / Kassandra ingin menyatukan keluarga mereka kembali.

Misi utama Kassandra / Alexios adalah keluarga. Bahwa anak yang tumbuh keras di jalanan dan tanpa orang tua tersebut berambisi untuk menyatukan kembali keluarga mereka. Namun perjalanan untuk menemukan sang ibu ternyata membuka sebuah “rahasia” besar bahwa Yunani yang kini tengah dilanda perang besar antara dua faksi – Sparta dan Athenians ternyata tidak sebebas yang mereka kira. Sebuah organisasi terselubung tumbuh di belakang layar, yang juga diperkuat dengan sebuah teknologi misterius yang kabarnya bisa memperlihatkan masa lalu dan masa depan. Organisasi ini disebut sebagai Cult of Kosmos.

Assassins Creed Odyssey jagatplay PART 1 185
Pelan tapi pasti, perjalanan tersebut membuka mata sang karakter protagonis akan eksistensi organisasi belakang layar – Cult of Kosmos.
Assassins Creed Odyssey jagatplay part 2 130
Sekte misterius ini juga dipersenjatai dengan artifak yang diklaim, bisa memperlihatkan masa lalu dan masa depan.

Maka perjalanan Kassandra / Alexios melintasi Yunani pun bersinggungan dengan kepentingan Cult of Kosmos ini. Apalagi mengingat untuk sebuah alasan yang misterius, Cult of Kosmos sepertinya tertarik dengan garis darah keluarga Kassandra / Alexios dan melihatnya sebagai “jawaban” yang selama ini mereka cari. Di tengah perjuangan ini pula, Kassandra / Alexios menemukan beberapa artifak dan peninggalan teknologi yang terlalu maju untuk standar peradaban mereka di kala itu. Benang-benang merah ini saling terikat dan tersambung kuat dalam usaha mereka untuk mencari sosok ibu yang mereka cintai ini.

Lantas, siapa pemimpin Cult of Kosmos itu sendiri? Mampukah Kassandra / Alexios menemukan ibu mereka? Teknologi First Civilization dengan ras bernama Isu seperti apa yang mereka temukan? Bagaimana kisah cerita ini akan berakhir? Semua jawaban dari pertanyaan ini bisa Anda dapatkan, tentu saja dengan memainkan Assassin’s Creed Odyssey ini.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…