JagatPlay: Menjajal Days Gone – 2 Jam Pertama!

Reading time:
March 6, 2019
Days gone jagatplay 9

Beberapa kali ditunda dan kini akhirnya mendekati tanggal rilis pasti, banyak gamer yang tentu saja penasaran dengan apa yang ditawarkan oleh Sony Bend Studio untuk game post-apocalyptic mereka, Days Gone. Sekilas setidaknya dari beragam screenshot dan trailer yang mereka lepas di sepanjang tahun 2018 kemarin, kita punya sedikit gambaran apa yang hendak dicapai. Anda akan berhadapan dengan makhluk setengah hidup yang di dunia Days Gone disebut sebagai “Freakers”, dalam konsep game open-world dengan motor sebagai alat transportasi utama, dan pada akhirnya berusaha membasmi setiap dari mereka dengan menggunakan senjata dan perlengkapan yang Anda miliki. Mengumpulkan resource dan menikmati dunianya yang indah sepertinya menjadi bagian tidak terpisahkan dari pengalaman Days Gone. Beruntungnya, kami berkesempatan untuk menjajalnya lebih awal.

Diundang langsung oleh Sony Interactive Entertainment Singapore untuk berangkat ke Bangkok beberapa minggu yang lalu, kami berkesempatan untuk menikmati Days Gone lebih awal mengikuti rilisnya di bulan April 2019 mendatang. Tidak seperti demo E3 2018 yang langsung memosisikan Anda dalam dua misi terpisah dengan dua tantangan yang berbeda pula, demo yang kami jajal kali ini merupakan versi penuh dari Days Gone itu sendiri. Ini berarti, kami berkesempatan untuk menjajalnya dari awal permainan dan mendapatkan gambaran lebih lengkap soal apa yang hendak ia tawarkan. Kami melewati semua proses yang harusnya dilewati, dari belajar soal tutorial hingga akhirnya mencicipi sepeda motor yang melekat pada sosok sang karakter utama – Deacon.

days gone david lee sony bend
Bertempat di Bangkok, Thailand, event media preview tersebut juga dihadiri David Lee – Community Manager Sony Bend Studio untuk Days Gone.

Lantas, bagaimana impresi kami terkait Days Gone? Apakah ia tampil sebagai sebuah game post-apocalyptic open-world yang menawan dan menarik untuk diantisipasi? Berikut adalah impresi kami:

Sarah

Days Gone
Sarah sepertinya akan memainkan peran super penting dalam cerita Days Gone. Memastikan ia hidup atau tidak sepertinya akan menjadi misi personal Deacon.

Apa sebenarnya inti cerita dari Days Gone? Anda mungkin sempat bertanya demikian, mengingat Sony Bend sendiri tidak pernah angkat bicara terkait aspek yang satu ini. Dari beragam trailer dan screenshot di masa lalu, adalah Deacon – sang karakter utama yang selalu menjadi fokus diskusi. Anda sudah mendengar bagaimana Deacon adalah seorang mantan anggota geng motor yang setelah selamat dari tragedi post-apocalyptic yang misterius, menjadi seorang pemburu bayaran yang mengejar para penjahat di dunia yang sudah begitu kacau ini. Kesemuanya terjadi dalam kurun waktu 2 tahun setelah pandemik global yang telah melahirkan Freakers.

Namun seiring dengan waktu rilis yang kian dekat, kita akhirnya mendapatkan sebuah trailer yang berfokus pada momen membahagiakan Deacon bersama dengan tunangannya – Sarah di dalam sebuah chapel. Anda bisa melihat bagaimana dua karakter yang saling berbeda ini berjuang untuk hidup dan saling membahagiakan satu sama lain. Seperti kata pepatah, tidak ada motivasi yang lebih kuat lagi di dunia ini selain cinta. Sesi dua jam permainan kami sepertinya mengkonfirmasikan bahwa memang Sarah adalah kunci cerita dari Days Gone.

Cerita dibuka dengan kondisi pandemik yang semakin parah hingga berada di titik membahayakan nyawa Deacon, sahabat sejatinya – Boozer, dan tentu saja cinta matinya – Sarah. Mengingat proses evakuasi yang terbatas, Deacon lebih memilih untuk  menemani Boozer untuk memastikan kesempatan bertahan hidup lebih tinggi melawan situasi yang begitu tidak menguntungkan. Sementara Sarah melewati proses evakuasi yang seharusnya. Seperti yang bisa diprediksi, perpisahan ini menjadi yang terakhir. Deacon tidak pernah lagi pernah bisa bertemu dengan Sarah yang nasibnya tidak pernah diketahui. Ia akhirnya berujung menjadi pemburu bayaran dengan Boozer yang tetap setia menemaninya. Ketika Deacon mulai bergerak melanjutkan hidupnya yang sepertinya tidak lagi bermakna, nama Sarah mengemuka kembali.

Setidaknya dari dua jam permainan yang kami jajal, Sarah sepertinya memainkan peran penting untuk menentukan cerita utama dan motivasi terbesar apa yang dimiliki Deacon. Proses eksplorasi yang ia lakukan sepertinya mengindikasikan bahwa plot utama akan bergerak pada usaha untuk mencari informasi terkait keberadaan Sarah dan apakah belahan hatinya tersebut masih hidup atau tidak. Sejauh kami mencicipinya, tidak ada basis plot yang lebih besar di sini. Bahwa Days Gone sepertinya akan menjadi ruang bagi cerita personal Deacon alih-alih memosisikannya sebagai seorang penyelamat yang akan menemukan jawaban misteri terkait para Freakers dan menyembuhkan mereka. Kesan inilah yang kami dapatkan.

Bersama dengan misi utama ini, tentu saja Anda akan mendapatkan rangkaian misi sampingan yang bisa Anda jajal bersama dengan misi pemburu bayaran yang tentu saja esensial untuk memperkuat peran Deacon itu sendiri yang akan kami bahas di sisi selanjutnya.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…
May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…

PlayStation

June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…
May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…