Review Far Cry New Dawn: Dunia Lama yang Baru!

Reading time:
March 9, 2019
Far Cry New Dawn jagatplay part 1 1

Sebuah seri spin-off, hampir sebagian besar gamer pencinta game open-world milik Ubisoft – Far Cry sepertinya tidak asing lagi dengan konsep yang satu ini. Bahwa atas nama memberikan sedikit “napas” bagi seri utama, baik untuk menyempurnakan proses pengembangan atau memastikan ia tidak terasa membosankan di mata gamer, sebuah seri spin-off selalu diperkenalkan di sela-sela rilis seri utama dengan angka di belakangnya. Konsep yang dimulai dari Far Cry 3 ini melahirkan judul seperti Blood Dragon dan Primal yang masing-masing mengusung pendekatan yang unik dan tema ekstrim. Primal misalnya membawa Anda ke masa pra-sejarah dimana panah masih menjadi teknologi senjata paling mutakhir, di luar tombak dan kemampuan untuk memanfaatkan binatang-binatang buas yang berada di puncak rantai makanan. Konsep serupa yang akhirnya mereka bawa kembali ke seri terbaru – Far Cry New Dawn.

Anda yang sudah membaca artikel preview kami sebelumnya sepertinya sudah mendapatkan gambaran lebih jelas apa yang ditawarkan oleh Far Cry New Dawn, sebuah game yang secara mengejutkan tampil “berbeda” dengan seri-seri sela Far Cry sebelumnya. Mengapa? Karena terlepas dari tema unik yang tetap ia pertahankan, ia ternyata tidak bisa dihitung sebagai sebuah seri “spin-off”. Untuk pertama kalinya, Ubisoft memosisikan seri sela ini sebagai seri yang ceritanya merupakan sekuel dari kisah sebelumnya. Sebuah seri yang memang diracik untuk meneruskan kisah dari Far Cry 5, memberikannya sebuah kesimpulan yang seharusnya, dan tentu saja dengan karakter-karakter familiar yang kembali. Sebuah langkah baru yang tentu saja terhitung beresiko.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Far Cry New Dawn ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai sebuah game yang menawarkan dunia lama dalam bentuk baru? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Plot

Far Cry New Dawn jagatplay part 1 3
Far Cry New Dawn berperan sebagai sekuel langsung dari Far Cry 5 dengan beda waktu 17 tahun setelahnya.

Seperti yang kami bahas sebelumnya, Far Cry New Dawn diposisikan sebagai sebuah seri sekuel langsung dari Far Cry 5. Untuk Anda yang tidak terlalu familiar, Joseph Seed – pemimpin sekte New Eden super menyeramkan yang menjadi tokoh antagonis berhasil memprediksi hadirnya perang nuklir yang pada akhirnya, menghancurkan sebagian besar peradaban dunia. Far Cry New Dawn mengambil setting 17 tahun setelah kejadian mengejutkan tersebut.

Namun bukan post-apocalyptic, Far Cry New Dawn lebih pantas disebut sebagai game post post-apocalyptic. Karena bukan bercerita soal bagaimana manusia bertahan hidup di lingkungan yang tidak lagi bersahabat dan bisa dihuni, Far Cry New Dawn berfokus pada usaha manusia untuk melanjutkan hidup dan peradaban, mengulang segala sesuatunya dari awal ketika permukaan tanah ternyata sudah bisa dihuni belasan tahun setelah hantaman nuklir tersebut. Binatang liar dan beragam tumbuhan menemukan tempatnya kembali di dalam ekosistem Hope County yang kembali menjadi setting utama. Tentu aja, Anda bisa melihat beberapa kasus mutasi di sana-sini yang untungnya, langka.

Far Cry New Dawn jagatplay part 1 2
Anda akan berperan sebagai karakter baru dengan sebutan “Cap..”
Far Cry New Dawn jagatplay part 1 12
Kehidupan damai Hope County diusik dengan invasi dari para Highwaymen- kelompok bandit pimpinan Mickey dan Lou.

Anda berperan sebagai karakter yang dipanggil sebagai “Cap”, seorang penjaga keamanan yang bergerak dari satu camp ke camp lainnya untuk menjaga keamanan komunitas yang mulai berusaha membangun kembali peradaban. Namun seperti yang bisa diprediksi, ancaman baru pun tiba. Sebuah kelompok bandit militan dengan logistik kuat – Highwaymen menjadikan Hope County yang mulai aman ini sebagai target. Bergerak tak ubahnya perompak yang mencuri dan merebut resource dari satu lokasi ke lokasi yang lain, Highwaymen dipimpin oleh duo kembar – Mickey and Lou yang brutal. Camp utama yang dijaga oleh Cap – Prosperity pun kini menghadapi ancaman terbesarnya. Kondisi yang membuat mereka mau tidak mau, harus melawan balik.

Cap dan para ujung tombak Prosperity mengerti bahwa dengan hanya mengandalkan jumlah dan logistik yang mereka miliki, mereka tidak mungkin mengalahkan para Highwaymen begitu saja. Proses mencari intel akhirnya membuka informasi terkait sebuah kelompok agama fanatik di utara yang kabarnya memiliki solusi untuk hal tersebut.

Far Cry New Dawn jagatplay part 2 7
Kebutuhan untuk mencari bala bantuan mengarah ke sosok yang tidak pernah dipikirkan sebelumnya..
Far Cry New Dawn jagatplay part 2 39
Dengan jumlah dan persenjataan lebih banyak, pertempuran melawan Highwaymen ini memang terdengar mustahil.

Sebuah makanan yang kabarnya bisa meningkatkan fisik manusia ke skala yang menyeramkan, membuat mereka lebih kuat dan tahan banting, dan tentu saja lebih efektif berperan sebagai mesin pembunuh. Mengingat kelompok fanatik ini juga punya camp mereka sendiri, membangun kolaborasi atas nama menghancurkan Highwaymen dilihat sebagai solusi yang rasional. Seperti yang bisa diprediksi, ini juga merupakan pertemuan dengan sosok yang sepertinya tidak akan asing lagi untuk Anda yang sempat memainkan Far Cry 5 sebelumnya.

Lantas, tantangan seperti apa yang harus dilalui Cap? Mampukah ia melawan para Highwaymen dan menghancurkan Mickey & Lou? Kira-kira apa peran kelompok fanatik agama utara ini di keseluruhan cerita? Anda tentu saja harus memainkan Far Cry New Dawn ini untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…